| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud9 |
| Nama Matakuliah | Pendidikan Agama dan Moral AUD / Religious and Moral Education in Early Childhood Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Fitri Meliani, S.Psi., M.Si |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01467 - AINUN ZAHWA, 2022.4.10.1.01468 - AKTUALIKA PARADIGMA MUHAMMAD, 2022.4.10.1.01472 - ANI SUPRATINI, 2022.4.10.1.01473 - ANNISA NUR BADRIAH, 2022.4.10.1.01474 - ARIEF MULYANA, 2022.4.10.1.01477 - AYU MIFTAHUL JANAH, 2022.4.10.1.01478 - BAYINAH, 2022.4.10.1.01480 - BHULAN PHUSVITA, 2022.4.10.1.01484 - DEWI SANGGANI AMBARWATI, 2022.4.10.1.01485 - DEWI AYU MAHMUDA, 2022.4.10.1.01488 - ENDANG SUPRIYATIN, 2022.4.10.1.01489 - ENI NURAENI, 2022.4.10.1.01493 - GITA MELINA, 2022.4.10.1.01495 - HALIMATUSSA'DIYAH, 2022.4.10.1.01496 - HILDA NUR AULIA, 2022.4.10.1.01498 - IDA ROYANI, 2022.4.10.1.01507 - KORIAH, 2022.4.10.1.01510 - LILI AMALIAH, 2022.4.10.1.01511 - LILIS INDRIANI, 2022.4.10.1.01515 - MUALIFAH, 2022.4.10.1.01517 - NANDITA SALMA AWWALIN, 2022.4.10.1.01518 - NIA KURNIA NINGSIH, 2022.4.10.1.01519 - NIKA AMALIA, 2022.4.10.1.01520 - NOVIYANTI, 2022.4.10.1.01523 - NUR SOBAH, 2022.4.10.1.01526 - NURMAYA SARI, 2022.4.10.1.01527 - NURSYFA PUTRI AZ ZAHRA, 2022.4.10.1.01528 - PARHATU SOLIHAH, 2022.4.10.1.01529 - RATNAWATI, 2022.4.10.1.01530 - RIANITA, 2022.4.10.1.01531 - RIFA DWI AYUNI AZZAHRA, 2022.4.10.1.01532 - RINA WAHYU CAHYA NINGSIH, 2022.4.10.1.01534 - ROHMATUL FATIMAH, 2022.4.10.1.01539 - SINTA DEWI ARDIYANI, 2022.4.10.1.01547 - SRI KOMALASARI, 2022.4.10.1.01551 - SYMA DUTA FAUZIAH, 2022.4.10.1.01555 - YUYUN YUNENGSIH, 2022.4.10.1.01556 - ZAKIYAH, 2022.4.10.1.01557 - ZUSLINA CANDRA PUTRI, 2022.4.10.1.01559 - NURAENI |
This syllabus describes the intended learning and assessment for Religious and Moral Education (RME) in education frame. As a subject, Religious and Moral Education,is within the spiritual and ethical areas of learning in the curriculum, but has thematic links to other subjects across the curriculum. The spiritual area of learning covers the way people celebrate, reflect and ask questions about the meaning and value of life. It involves enquiry into and appreciation of the spiritual dimension of humankind and a serious consideration of religious and other views which guide people.Moral and ethical development is not only an area which is dealt with in various subjects, but is also dependent on the social atmosphere of the school. Learners have to cope with moral and ethical issues involving principles such as tolerance, responsibility, honesty,justice and fairness. Learning about moral and ethical problems helps learners to develop moral convictions and attitudes. The school should foster respect for the feelings and views of others, and show that problems can and should be solved in a rationaland empathetic manner. The school system should foster a culture of tolerance where the rights of others are respected and promoted.
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang konsep pengembangan agama, nilai-nilai sosial, kecerdasan moral, moral knowing, moral feeling, moral doing, kesadaran beragama, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral dan nilai,model-model pembelajaran moral, pengembangan disiplin pada anak usia dini (AUD) dan cara-cara pengembangannya,
Dalam perkuliahan ini dibahas tentang konsep pengembangan agama, nilai-nilai sosial, kecerdasan moral, moral knowing, moral feeling, moral doing, kesadaran beragama, faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan moral dan nilai,model-model pembelajaran moral, pengembangan disiplin pada anak usia dini (AUD) dan cara-cara pengembangannya,.
CPL [S]
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; dan
6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
CPL [KU]
1. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
2. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi.
3. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; dan
4. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
CPL [P]
1. Menguasai konsep teoritis pendidikan anak usia dini yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal secara mendalam;
2. Menguasai konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas dengan anak usia dini secara mendalam, dengan memperhatikan konsep hubungan keluarga dan komunitas dalam perspektif islam, budaya kedaerahan, serta kemajuan teknologi;
3. Menguasai konsep teoritis asesmen dalam pendidikan anak usia dini secara mendalam;
CPL [KK]
1. Mampu mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal dalam konsep teoritis pendidikan anak usia dini;
2. Mampu mengkaji karakteristik, pengasuhan, serta keterlibatan keluarga dalam pendidikan dan perkembangan anak dalam konsep teoritis hubungan keluarga dan komunitas;
3. Mampu mendesain asesmen anak usia dini sesuai tahapan perkembangan melalui metode dan teknik penilaian secara tepat;
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
CPMK 1 Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar keagamaan dan moral pada AUD (KU1)
CPMK 2 Mahasiswa mampu menganalisis keterampilan mengembangkan keagamaan dan moral AUD (KU8)
CPMK 3 Mahasiswa mampu mengimplementasikan mengembangkan keagamaan dan moral AUD di kelas (KU5, KK3)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud9-Pendidikan Agama dan Moral AUD / Religious and Moral Education in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Fitri Meliani, S.Psi., M.Si, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon