| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud9 |
| Nama Matakuliah | Pendidikan Agama dan Moral AUD / Religious and Moral Education in Early Childhood Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hj. Omah Rochmah, M.MPd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01561 - RENIJAH, 2022.4.10.1.01562 - SRI RIZKI YULIATI, 2022.4.10.1.01563 - SOLEHA, 2022.4.10.1.01564 - DESY DWI LESTARI, 2022.4.10.1.01565 - ZULI SUGIARTI, 2022.4.10.1.01566 - LIANAWATI, 2022.4.10.1.01568 - RINA INDRIANI, 2022.4.10.1.01569 - ISAH, 2022.4.10.1.01570 - ROKANAH, 2022.4.10.1.01572 - ETI SETIAWATI, 2022.4.10.1.01573 - NURAENI, 2022.4.10.1.01574 - ROHAYATI, 2022.4.10.1.01575 - KAPSAH WINANDAH, 2022.4.10.1.01576 - SATINA, 2022.4.10.1.01577 - NYI RADEN MARIA KOSASIH, 2022.4.10.1.01578 - FAT ANIK WINARSIH, 2022.4.10.1.01579 - PUJAWATI, 2022.4.10.1.01582 - SISTIYANI, 2022.4.10.1.01583 - RENI SETIANINGSIH |
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar entang metode pengembangan moral dan nilai-nilai agama serta menjelaskan tentang pola orientasi moral,tahapan ,strategi pembelajaran dll
1.Menganalisis pola orientasi moral untuk AUD
2. Mampu memahami tahap perkembangan moral AUD
3. Mampu mengembangkan kepribadian anak PAUD
4. Mampu menerapkan pendekatan -pendekatan di PAUD
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Orientasi perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membuat kelompok dan tugas mat... Audio Video | ||||||||
| 2 | Orientasi perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Pola orientasi moral dan tahap perkembangan moral AUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pola orientasi moral dan tahap perkembangan moral | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Membahas tentang pola orientas... Audio Video | ||||||||
| 4 | Disonansi moral dan berbagai pendekatan pengembangan moral | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan disonansi dan penyebabnya serta macam-macam pendekatan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Disonansi moral dan berbagai pendekatan pengembangan moral | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan disonansi dan penyebabnya serta macam-macam pendekatan pengembangan moral | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Membahas tentang disonansi mor... Audio Video | ||||||||
| 6 | Strategi penyusunan perencanaan penanaman pengembangan moral | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan strategi perencanaan penanaman dan pengembngan moral | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | pendekatan strategi metode pengembangan NAM untuk anak usia dini | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Membhas tentang ruang lingkup ... Audio Video | ||||||||
| 8 | Ruang lingkup pengmabangan NAM untuk anak usia dini | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mendesain alat peraga dalm pembelajaran NAM dan mengimplementasikan nya | Mahasiswa mampu membuat alat peraga dan mengimplementasikannya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mendesain alat peraga dalam pembelajaran NAM dan mengimplementasikan | Mahasiswa mampu membuat alat peraga dan mengimplementasikannya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mengembangkan proram kegiatan pengembangan NAM | Mahasiswa mampu membuat program kegiatan pengembangan NAM | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mengembangkan program kegiatan pengembangan NAM | Mahasiswa mampu membuat program kegiatan pengembangan NAM | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Melakukan riset tentang pembealajarn NAM di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Melakukan riset tentang pembelajaran NAM di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | PAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud9-Pendidikan Agama dan Moral AUD / Religious and Moral Education in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS D, Dosen : Hj. Omah Rochmah, M.MPd, Hari: Sabtu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon