| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x3pai3 |
| Nama Matakuliah | Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. H. Moh. Soleh, S.Ag.,M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.1.25.1.03082 - AA FATURROHMAN, 2022.1.25.1.03085 - ABDUL HANAN, 2022.1.25.1.03087 - ABDUL MUHYI, 2022.1.25.1.03089 - ACHMAD ABDURROUF, 2022.1.25.1.03090 - ADE IRWANTO, 2022.1.25.1.03091 - AFIF MAULANA, 2022.1.25.1.03092 - AHMAD ALI, 2022.1.25.1.03093 - AHMAD ZUHAIR SYAFIQ, 2022.1.25.1.03099 - AMIN LUTHFI MARDHOTILLAH, 2022.1.25.1.03103 - ARUM RUMANATIS SA'ADAH, 2022.1.25.1.03112 - DINDA SYIFA DAHLIA, 2022.1.25.1.03116 - FAIDA KORIMAH, 2022.1.25.1.03121 - IBNU HAJAR, 2022.1.25.1.03123 - IIN MARYANAH, 2022.1.25.1.03128 - INDI MAULIDINA, 2022.1.25.1.03129 - INDRIYANI SAMBA PURWANTI, 2022.1.25.1.03133 - LUKMAN NURHAKIM, 2022.1.25.1.03134 - M.HAIKAL QOWI, 2022.1.25.1.03137 - MUH ARYAN RAJAB, 2022.1.25.1.03140 - MUHAMMAD AKILUN, 2022.1.25.1.03143 - MUHAMMAD FAIZAR KHADAFI, 2022.1.25.1.03148 - MUKHLISIN, 2022.1.25.1.03150 - NENTI AGUSTIN, 2022.1.25.1.03155 - NURUS SOBAH, 2022.1.25.1.03160 - REJA SANJAYA, 2022.1.25.1.03161 - RIFKI ARBI HANAFI, 2022.1.25.1.03170 - SITI NUR'AZIZAH, 2022.1.25.1.03172 - SITI ROFIATUDDAROJAH, 2022.1.25.1.03179 - VIKA AVNI VANIA SUHERMAN, 2022.1.25.1.03180 - VIKRIA, 2022.1.25.1.03183 - WILDAN MUBAROK, 2022.1.25.1.03186 - YUSTIASIH, 2022.1.25.1.03197 - FIRMANSYAH KHUMAEDY, 23S1PAI0083 - ALI MURTADLO |
Mata kuliah Pemimpin Perubahan Pendidikan adalah mata kuliah yang membahas teori-teori serta praktik kepemimpinan dalam pendidikan. Menganalisis penelitian dan temuan-temuan penelitian tentang pemimpin sekolah yang sukses dan pemimpin sekolah pada konteks yang menantang.
1. Mahasiswa PAI dapat memahami konsep dan definisi kepemimpinan
2. Mahasiswa PAI mampu mengembangkan dan membentuk kepribadian sebagai seorang pemimpin dalam konteks Indonesia yang multikultural
3. Mahasiswa PAI mampu menganalisis beberapa penelitian tentang best practice seorang pemimpin pendidikan
4. Mahasiswa mengetahui konsep dan karakteristik kepemimpinan pendidikan
5. Mahasiswa mampu membedakan konsep kepemimpinan dan manajemen
6. Mahasiswa memahami konsep pemimpin pendidikan yang sukses dan dapat meningkatkan mutu sekolah
7. Mahasiswa mampu mendiskripsikan kepemimpinan pada konteks yang multikultural dan menantang
5. Mahasiswa mampu mengambil pengetahuan dari analisis terhadap riset-riset tentang kepemimpinan pendidikan
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa dapat memahami Konsep dan definisi kepemimpinan | Mahasiswa dapat menjelaskan: 1. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin pemimpin | 1) konsep dasar Kepemimpinan | ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas -Zoom -Google meet |
Mahasiswa dapat menjelaskan: 1. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Evaluasi Proses: Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kualitas hasil Diskusi |
. Raihani, 2010. Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang. 2. Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Kepemimpinan Kenabian [Prophetic Kepemimpinan], (Yogyakarta: Al-Manar, 2009) 3. Ahmad Rodli, Imam Machali, ZainalArifin, “The Educational Ideology of Indonesian and Malaysian Pesantrens: A Study of al-Munawir and PasirTumboh” MEDIA JurnalPendidikan Islam (JPI) UIN Bandung, 2 (1), December 2015 M/1437 H, TerakreditasiNasional (B) No.040/P/2014. ISSN: 2355-4339. DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jpi.v2i1.7033. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :13 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa dapat memahami Konsep dan definisi kepemimpinan | Mahasiswa dapat menjelaskan: 1. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin pemimpin | 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin |
Ceramah dan tanya jawab | Mahasiswa dapat menjelaskan: 1. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Evaluasi Proses: Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kualitas hasil Diskusi | Raihani, 2010. Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang. 2. Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Kepemimpinan Kenabian [Prophetic Kepemimpinan], (Yogyakarta: Al-Manar, 2009) 3. Ahmad Rodli, Imam Machali, ZainalArifin, “The Educational Ideology of Indonesian and Malaysian Pesantrens: A Study of al-Munawir and PasirTumboh” MEDIA JurnalPendidikan Islam (JPI) UIN Bandung, 2 (1), December 2015 M/1437 H, TerakreditasiNasional (B) No.040/P/2014. ISSN: 2355-4339. DOI: http://dx.doi.o |
| Catatan Ujian Diskusi :25 Materi :10 Resume materi perkuliahan hari... Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa dapat memahami Syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan | Mahasiswa dapat mendiskripsikan: 1.Unsusr-unsur yang menentukan tingkah laku kepemimpinan 2. Syarat-syarat menjadi pemimpin yang baik 3. Prinsip-prinsip kepemimpinan .. |
Kajian Pemimpin Perubahan Pendidikan | Diskusi dan Tanya jawab | Mahasiswa dapat menjelaskan: 1. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Evaluasi Proses: Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kualitas hasil Diskusi | 1. Raihani, 2010. Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKiS Printing Cemerlang. 2. Hamdani Bakran Adz-Dzakiey, Kepemimpinan Kenabian [Prophetic Kepemimpinan], (Yogyakarta: Al-Manar, 2009) 3. Ahmad Rodli, Imam Machali, ZainalArifin, “The Educational Ideology of Indonesian and Malaysian Pesantrens: A Study of al-Munawir and PasirTumboh” MEDIA JurnalPendidikan Islam (JPI) UIN Bandung, 2 (1), December 2015 M/1437 H, TerakreditasiNasional (B) No.040/P/2014. ISSN: 2355-4339. DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jpi.v2i1.7033. |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :25 Materi :5 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 3 Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa dapat memahami Syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan | Mahasiswa dapat mendiskripsikan: 1.Unsusr-unsur yang menentukan tingkah laku kepemimpinan 2. Syarat-syarat menjadi pemimpin yang baik 3. Prinsip-prinsip kepemimpinan |
Kajian pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya Jawab | Mahasiswa dapat menjelaskan: 1. Pengertian pemimpin dan kepemimpinan 2. Tujuan dan fungsi kepemimpinan 3. Teori munculnya seorang pemimpin | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Evaluasi Proses: Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kualitas hasil Diskusi | Ada di ecampus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :32 Materi :4 Resume materi perkuliahan hari... Tugas individu pertemuan ke 4 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan gender dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa dapat mendiskripsikan: 1. kepemimpinan dalam organisasi 2. gender dalam organisasi pendidikan |
Kajian pemimpin perubahan pendidikan | Diskusi dan tanya jawab serta penjelasan materi yg dibahas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Mahasiswa dapat mendiskripsikan: 1. kepemimpinan dalam organisasi 2. gender dalam organisasi pendidikan |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :26 Materi :6 Resume materi perkuliaha hari ... Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan gender dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa dapat mendiskripsikan: 1. kepemimpinan dalam organisasi 2. gender dalam organisasi pendidikan |
Kajian pemimpin perubahan pendidikan | Penjelasan materi dan diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Mahasiswa dapat mendiskripsikan: 1. kepemimpinan dalam organisasi 2. gender dalam organisasi pendidikan | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Evaluasi Proses: Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kualitas hasil Diskusi | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :27 Materi :5 Resume materi perkuliahan hari... Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa dapat memahami makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Pemimpin perubahan Pendidikan | Diskusi, tanya jawab dan penjelasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya - Evaluasi Proses: Keaktifan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan kualitas hasil Diskusi | ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :24 Materi :7 Resume materi perkuliahan hari... Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa dapat memahami makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | Pemimpin perubahan pendidikan | Diskusi tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang makna Kepemimpinan sekolah yang sukses dalam peningkatan mutu pendidikan. | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :24 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa dapat memahami Otoritas Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan Syarat dan fungsi leader/ principal dalam organisasi pendidikan formal | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Otoritas Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan Syarat dan fungsi leader/ principal dalam organisasi pendidikan formal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang Otoritas Kepemimpinan dalam organisasi pendidikan Syarat dan fungsi leader/ principal dalam organisasi pendidikan formal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | PTS (Penilaian Tengah semester) | Mahasiswa mampu menjawab soal-soal PTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, dan Menjawab soal dengan teliti | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan dan memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal serta Mahasiswa dapat memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | 2 x 50 menit | Ketepatan memahami Kepimpinan pendidikan pada konteks yang multikultural dan Type kepemimpinan spiritual dalam organisasi pendidikan | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa dapat memahami Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa dapat memahami Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Konsep pendidikan kenabian (prophetic kepemiminan) persfektif Islam dan memahami makna Kepemimpinan dan inovasi dalam organisasi pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan pengembangan mutu dalam organisasi pendidikan dan Role model kepemimpinan di Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa dapat memahami Kepemimpinan dan pengembangan mutu dalam organisasi pendidikan dan Role model kepemimpinan di Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa dapat memahami Role model kepemimpinan. | pondok pesantren,. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang role model kepemimpinan di pondok pesantren. | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa dapat memahami Role model kepemimpinan | di lembaga pendidikan umum | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang role model kepemimpinan di lembaga pendidikan umum. | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa dapat memahami Role model kepemimpinan di pondok pesantren, Role model kepemimpinan di madrasah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pondok pesantren, Role model kepemimpinan di madrasah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang role model tentang lembaga pendidikan madrasah | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pai3-Pemimpin Perubahan Pendidikan / Educational Change Leader (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Dr. H. Moh. Soleh, S.Ag.,M.Pd, Hari: Sabtu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon