Filsafat Umum / General Philosophy (2 SKS) 1 KELAS B Dr. H. Hasan Sarip, M.Si, Sabtu, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Filsafat Umum / General Philosophy (2 SKS) 1 KELAS B Dr. H. Hasan Sarip, M.Si, Sabtu, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah xypiaud3
Nama Matakuliah Filsafat Umum / General Philosophy
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. H. Hasan Sarip, M.Si
Peserta Perkuliahan 23S1BKPI0027 - YANI,
23S1MPI0032 - SANIA PUTRI MAHMUDAH,
23S1PAI0022 - SITI AMINAH,
23S1PIAUD0001 - NURHAYATI,
23S1PIAUD0003 - SUISTI WAHYUNI,
23S1PIAUD0009 - DEWI HANDAYANI,
23S1PIAUD0010 - AYUNDA FITRIA,
23S1PIAUD0011 - JASMIN KHALISH GHALIYAH,
23S1PIAUD0012 - HAERIYAH,
23S1PIAUD0015 - SITI SALAMAH TUNISAH,
23S1PIAUD0016 - ATHENA SAPTA RANDITA PUTRI YAHYA,
23S1PIAUD0017 - ASIFAH LAILA SHOFA,
23S1PIAUD0024 - INEZ FATIATUZ ZAHWA,
23S1PIAUD0025 - WIDA MULYANI,
23S1PIAUD0048 - YULIANAH,
23S1PIAUD0049 - CARSITI,
23S1PIAUD0052 - ZULFA LAILIYAH,
23S1PIAUD0056 - USWATUN KHASANAH,
23S1PIAUD0057 - DINDA FIJRIYAH ASSHOFIYAH,
23S1PIAUD0062 - FENA FATHNIANA,
23S1PIAUD0064 - NAYLA IZZATUL HIMMAH,
23S1PIAUD0068 - OOM KOMARIYAH,
23S1PIAUD0069 - ANDINI AMUMPUNI,
23S1PIAUD0070 - DESI INDAH SARI,
23S1PIAUD0072 - FARAHDIANTI AYDA,
23S1PIAUD0076 - SITI NURKHOLISAH,
23S1PIAUD0077 - FISA PRIDAYATI,
23S1PIAUD0078 - RATNA ARUMBUDI SUWONO,
23S1PIAUD0080 - JUWITA ANGGRAENI,
23S1PIAUD0085 - INTAN MELIANA NURZAMAN,
23S1PIAUD0103 - DEWI NUR OCTAVIA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah filsafat umum adalah kursus akademik yang membahas konsep-konsep, teori-teori, dan pandangan-pandangan mendasar dalam bidang filsafat. Filsafat umum memberikan gambaran menyeluruh tentang berbagai aspek filsafat, termasuk epistemologi (teori pengetahuan), metafisika (hakikat realitas), etika (moralitas), estetika (keindahan), dan logika (pemikiran rasional).

3. Capaian / Kompetensi

Sub-CPMK-1 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar.
Sub-CPMK-2 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hakikat filsafat
Sub-CPMK-3 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)
Sub-CPMK-4 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama
Sub-CPMK-5 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Sejarah Perkembangan Filsafat
Sub-CPMK-6 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme
Sub-CPMK-7 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme
Sub-CPMK-8 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali
Sub-CPMK-9 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich
Sub-CPMK-10 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Paulo Freire
Sub-CPMK-11 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara
Sub-CPMK-12 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Sub-CPMK-13 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Penalaran dan Logika

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar. Mahasiswa mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar. RPS dan Kontrak Belajar. Ceramah, Diskusi, Sharing Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
2 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hakikat filsafat Mahasiswa mampu menganalisis hakikat filsafat Hakikat Filsafat Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) Mahasiswa mampu menganalisis Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
4 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama Mahasiswa mampu menganalisis Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Sejarah Perkembangan Filsafat Mahasiswa mampu menganalisis Sejarah Perkembangan Filsafat Sejarah Perkembangan Filsafat Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme Mahasiswa mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
7 Penilaian Tengah Semester Mahasiswa mampu Mengerjakan soal PTS dengan baik Soal PTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Pertemuan 1-6
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme Mahasiswa mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
9 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
10 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
11 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Paulo Freire Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Paulo Freire Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Paulo Freire Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
12 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
13 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Mahasiswa mampu menganalisis Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
14 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Penalaran dan Logika Mahasiswa mampu menganalisis Penalaran dan Logika Penalaran dan Logika Diskusi Kelompok Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40.
Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95.
Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138.
Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69.
Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52.

Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
15 Penilaian Akhir Semester Mahasiswa mampu Mengerjakan soal PAS dengan benar Soal PAS Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Keseluruhan pertemuan filsafat umum
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: xypiaud3-Filsafat Umum / General Philosophy (2 SKS), Semester: 1 KELAS B, Dosen : Dr. H. Hasan Sarip, M.Si, Hari: Sabtu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS