| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | xypiaud3 |
| Nama Matakuliah | Filsafat Umum / General Philosophy |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. H. Hasan Sarip, M.Si |
| Peserta Perkuliahan | 23S1BKPI0027 - YANI, 23S1MPI0032 - SANIA PUTRI MAHMUDAH, 23S1PAI0022 - SITI AMINAH, 23S1PIAUD0001 - NURHAYATI, 23S1PIAUD0003 - SUISTI WAHYUNI, 23S1PIAUD0009 - DEWI HANDAYANI, 23S1PIAUD0010 - AYUNDA FITRIA, 23S1PIAUD0011 - JASMIN KHALISH GHALIYAH, 23S1PIAUD0012 - HAERIYAH, 23S1PIAUD0015 - SITI SALAMAH TUNISAH, 23S1PIAUD0016 - ATHENA SAPTA RANDITA PUTRI YAHYA, 23S1PIAUD0017 - ASIFAH LAILA SHOFA, 23S1PIAUD0024 - INEZ FATIATUZ ZAHWA, 23S1PIAUD0025 - WIDA MULYANI, 23S1PIAUD0048 - YULIANAH, 23S1PIAUD0049 - CARSITI, 23S1PIAUD0052 - ZULFA LAILIYAH, 23S1PIAUD0056 - USWATUN KHASANAH, 23S1PIAUD0057 - DINDA FIJRIYAH ASSHOFIYAH, 23S1PIAUD0062 - FENA FATHNIANA, 23S1PIAUD0064 - NAYLA IZZATUL HIMMAH, 23S1PIAUD0068 - OOM KOMARIYAH, 23S1PIAUD0069 - ANDINI AMUMPUNI, 23S1PIAUD0070 - DESI INDAH SARI, 23S1PIAUD0072 - FARAHDIANTI AYDA, 23S1PIAUD0076 - SITI NURKHOLISAH, 23S1PIAUD0077 - FISA PRIDAYATI, 23S1PIAUD0078 - RATNA ARUMBUDI SUWONO, 23S1PIAUD0080 - JUWITA ANGGRAENI, 23S1PIAUD0085 - INTAN MELIANA NURZAMAN, 23S1PIAUD0103 - DEWI NUR OCTAVIA |
Mata kuliah filsafat umum adalah kursus akademik yang membahas konsep-konsep, teori-teori, dan pandangan-pandangan mendasar dalam bidang filsafat. Filsafat umum memberikan gambaran menyeluruh tentang berbagai aspek filsafat, termasuk epistemologi (teori pengetahuan), metafisika (hakikat realitas), etika (moralitas), estetika (keindahan), dan logika (pemikiran rasional).
Sub-CPMK-1 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar.
Sub-CPMK-2 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hakikat filsafat
Sub-CPMK-3 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi)
Sub-CPMK-4 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama
Sub-CPMK-5 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Sejarah Perkembangan Filsafat
Sub-CPMK-6 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme
Sub-CPMK-7 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme
Sub-CPMK-8 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali
Sub-CPMK-9 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich
Sub-CPMK-10 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Paulo Freire
Sub-CPMK-11 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara
Sub-CPMK-12 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah
Sub-CPMK-13 Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Penalaran dan Logika
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar. | Mahasiswa mampu memahami isi RPS dan menyetujui kontrak belajar. | RPS dan Kontrak Belajar. | Ceramah, Diskusi, Sharing | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis hakikat filsafat | Mahasiswa mampu menganalisis hakikat filsafat | Hakikat Filsafat | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) | Mahasiswa mampu menganalisis Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) | Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi) | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama | Mahasiswa mampu menganalisis Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama | Keterkaitan antara Filsafat, Ilmu Pengetahuan, dan Agama | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Sejarah Perkembangan Filsafat | Mahasiswa mampu menganalisis Sejarah Perkembangan Filsafat | Sejarah Perkembangan Filsafat | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme | Mahasiswa mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme | Aliran filsafat modern: Idealisme, Realisme, Rasionalisme,dan Kritisisme | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Penilaian Tengah Semester | Mahasiswa mampu Mengerjakan soal PTS dengan baik | Soal PTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Pertemuan 1-6 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme | Mahasiswa mampu menganalisis Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme | Aliran filsafat modern: Empirisme, Positivisme,Pragmatisme | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali | Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali | Filsafat Islam: Pemikiran Filsafat al Ghazali | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich | Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich | Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Ivan Illich | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Paulo Freire | Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Barat: Pemikiran Paulo Freire | Filsafat Barat: Pemikiran Filsafat Paulo Freire | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara | Mahasiswa mampu menganalisis Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara | Filsafat Nusantara: Pemikiran Filsafat Ki Hadjar Dewantara | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah | Mahasiswa mampu menganalisis Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah | Hakikat Guru dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Setelah menyelesaikan sub capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu menganalisis Penalaran dan Logika | Mahasiswa mampu menganalisis Penalaran dan Logika | Penalaran dan Logika | Diskusi Kelompok | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hakim, A. A., & Saebani, B. A. (2008). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka Setia. Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34-40. Hardanti, B. W. (2020). Landasan ontologis, aksiologis, epitesmologis aliran filsafat esensialisme dan pandanganya terhadap pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. Rachlan, E. R. (2019). Filsafat Dalam Manajemen Pendidikan. Media Nusantara, 16(1), 123-138. Anwar, S. (2022). Evaluasi Pendidikan Menuju Insan Kamil Perspektif Filsafat Islam. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 62-76. Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(2), 60-69. Sari, D., & Rohman, K. (2020). Kedudukan Epistemologi Dalam Filsafat Barat. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 5(1), 35-52. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Penilaian Akhir Semester | Mahasiswa mampu Mengerjakan soal PAS dengan benar | Soal PAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Keseluruhan pertemuan filsafat umum |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypiaud3-Filsafat Umum / General Philosophy (2 SKS), Semester: 1 KELAS B, Dosen : Dr. H. Hasan Sarip, M.Si, Hari: Sabtu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon