| Fakultas | Pascasarjana |
| Jurusan | Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
| Kode Matakuliah | MPI102 |
| Nama Matakuliah | Educational Quality Management |
| Semester | 1 |
| SKS | 3 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. H. Muaripin, M. Ag. |
| Peserta Perkuliahan | 2023.8.1.8.0016 - IIS ROISAH, 2023.8.1.8.0017 - DAIMAH, 2023.8.1.8.0018 - USWATUN CHASANAH, 2023.8.1.8.0019 - ABDUL MUIS, 2023.8.1.8.0025 - IIS HERLINA MULYATI, 2023.8.1.8.0029 - SITI LAELIYAH, 2023.8.1.8.0030 - TYAS NOVI ANDHIKA, 2023.8.1.8.0031 - MOHAMAD IRFANUL FIRDAUS, 2023.8.1.8.0032 - IIF AMITHA SURUROH, 2023.8.1.8.0046 - RODIYAH, 2023.8.1.8.0070 - MIRANTI NURLELA AJI, 2023.8.1.8.0084 - NUNUNG LESMANASARI, S PD, 2023.8.1.8.0085 - AGIS ABDUL GOPAR ISMAIL, 2023.8.1.8.0086 - ALI SODIKIN, 2023.8.1.8.0093 - MUHAMAD SAYIDIL AYAMIN, 2023.8.2.8.0037 - NANA SUDIANA, 23-MPI0007 - JUBAEDAH, 23-MPI0008 - JUNIAWAN RAMADHAN, 23-MPI0009 - BAGAS TAQWA, 23-MPI0023 - AQIL HAMDANI, 23-MPI0026 - NURFAIZAL HAMZAH, 23-MPI0032 - SUTOPO PRIYANTO, 23-MPI0040 - ASEP SUPRIYADI, S. PD., 23-MPI0045 - EKO PRASETYO, 23-MPI0054 - JAJA MIHARJA, 23-MPI0055 - USTADI, 23-MPI0065 - ROMY SYAHRIAL, 23-MPI0066 - ASBARI, 23-MPI0069 - AKMALI, 23-MPI0094 - SITI IDATUZZAHRO, 23-MPI0129 - MUHAMMAD BAKTI SETIA GUSTI, 23-MPI0130 - MOH FAIRUZ ZABADI, 23-MPI0132 - SYA'RONI, 23-MPI0146 - CICI SITI SOLIHAH, 23-MPI0147 - MUJAHIDIN, 23-MPI0148 - DIAH NURUL HIDAYATI, 23-MPI0150 - KAMIM, 23-MPI0151 - BAMBANG SISWANTO, 23-MPI0152 - RINA KARTIKA, 23-MPI0153 - ALDI FACHRIAN, 23-MPI0154 - IZZUDIN, 23-MPI0155 - NINING SURYANI, 23-MPI0156 - ZAKIATUL FIKRIYAH, 23-MPI0157 - USMAN SA'ID, 23-MPI0158 - ADE ROBI'AH ADAWIYAH, 23-MPI0159 - ABIDURRAHMAN, 23-MPI0160 - UMI QODRIYATI KHASANAH, 23-MPI0161 - ZULFA MAWADAH, 23-MPI0162 - JAMANATUL IMAN |
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis tentang penjaminan mutu pendidikan dan akreditasi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Kajian tentang penjaminan mutu pendidikan dan akreditasi | Diskus, branstorming dan presentasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Adha, M. A., Benyamin, C., Octaviarnis, I., & Thalib, D. (2019). Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 270. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5780 Andriesgo, J., Riadi, H., & K, J. H. (2020). Analisis Problematika Mutu Pendidikan Tingkat Dasar Berdasarkan Hasil Akreditasi Di Kabupaten Kuantan Singingi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 41–52. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1099 Anjelita, D., & Aliyyah, R. R. (2021). Akreditasi Sebagai Penjamin Mutu Pendidikan di Kota Palembang. July. Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156 Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263 Dimmera, B. G., & Purnasari, P. D. (2021). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Pada Sma Yang Terakreditasi a. Sebatik, 25(2), 367–372. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1615 Fitrah, M., Ruslan, ., & Hendra, . (2018). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 76. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.400 Hasri, S., Salim, M., Rahmawati, P., & Sundari, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smpit Al-Andalus Pekanbaru. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies, 2(4), 186–195. http://ejournal.uinsuska. ac.id/index.php/At-tajdid/index Hendra Wahyudin. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Berbasis Akreditasi di SMPN 05 Satap Pulau Maya. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 59–63. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i2.590 Hidayatullah, A. (2021). PENDIDIKAN DI MTS IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL CIMANUK Accreditation Implementation Policy in Improving the Quality of Education at Mts. 1, 1–20. https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.157 Kayyis, R., & Khoiriyah, S. (2021). Pendampingan Peningkatan Mutu Sekolah Sesuai Standar Iasp 2020 Di Sd Negeri 86 Oku. Jurnal Bagimu Negeri, 5(2), 38–48. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v5i2.1575 Nur, M. (2016). Peran Akreditasi Sekolah/Madrasah Dalam Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–13. Putra, S., & Hasri, S. (2022). 4402-Article Text-8667-1-10- 20220703. 6, 13832–13838. Rukiyah, I. (2016). Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Melalui Akreditasi Satuan Pendidikan. Ittihad, 14(25), 46–60. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.863 Rusdarti, & Prajanti, S. D. W. (2017). Akuntabilitas Penjaminan Mutu Terhadap Akreditasi Program Studi di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Educational Management, 6(2), 196–207. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman |
| Catatan Ujian Diskusi :12 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis tentang sistem penjaminan mutu pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | tentang sistem penjaminan mutu pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Adha, M. A., Benyamin, C., Octaviarnis, I., & Thalib, D. (2019). Peran Akreditasi Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 270. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.5780 Andriesgo, J., Riadi, H., & K, J. H. (2020). Analisis Problematika Mutu Pendidikan Tingkat Dasar Berdasarkan Hasil Akreditasi Di Kabupaten Kuantan Singingi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 41–52. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1099 Anjelita, D., & Aliyyah, R. R. (2021). Akreditasi Sebagai Penjamin Mutu Pendidikan di Kota Palembang. July. Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156 Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 69–78. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263 Dimmera, B. G., & Purnasari, P. D. (2021). Analisis Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Pada Sma Yang Terakreditasi a. Sebatik, 25(2), 367–372. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1615 Fitrah, M., Ruslan, ., & Hendra, . (2018). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 76. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.400 Hasri, S., Salim, M., Rahmawati, P., & Sundari, M. (2022). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Smpit Al-Andalus Pekanbaru. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies, 2(4), 186–195. http://ejournal.uinsuska. ac.id/index.php/At-tajdid/index Hendra Wahyudin. (2022). Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Berbasis Akreditasi di SMPN 05 Satap Pulau Maya. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 1(2), 59–63. https://doi.org/10.57251/multiverse.v1i2.590 Hidayatullah, A. (2021). PENDIDIKAN DI MTS IBAD AR RAHMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL CIMANUK Accreditation Implementation Policy in Improving the Quality of Education at Mts. 1, 1–20. https://doi.org/10.59605/abacus.v1i1.157 Kayyis, R., & Khoiriyah, S. (2021). Pendampingan Peningkatan Mutu Sekolah Sesuai Standar Iasp 2020 Di Sd Negeri 86 Oku. Jurnal Bagimu Negeri, 5(2), 38–48. https://doi.org/10.52657/bagimunegeri.v5i2.1575 Nur, M. (2016). Peran Akreditasi Sekolah/Madrasah Dalam Penjaminan Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 1–13. Putra, S., & Hasri, S. (2022). 4402-Article Text-8667-1-10- 20220703. 6, 13832–13838. Rukiyah, I. (2016). Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan Melalui Akreditasi Satuan Pendidikan. Ittihad, 14(25), 46–60. https://doi.org/10.18592/ittihad.v14i25.863 Rusdarti, & Prajanti, S. D. W. (2017). Akuntabilitas Penjaminan Mutu Terhadap Akreditasi Program Studi di Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Educational Management, 6(2), 196–207. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman |
|
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI102-Educational Quality Management (3 SKS), Semester: 1 KELAS C, Dosen : Dr. H. Muaripin, M. Ag., Ruang: Ruang Dosen, Hari: Sabtu, 13.00 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon