| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai9 |
| Nama Matakuliah | Metodologi Riset / Research Metholodogy |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | M. SAUKI, MA., M.Ag. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.02946 - ABDUL AJID, 2021.1.24.1.02954 - AINU ROFIK, 2021.1.24.1.02955 - AISAH, 2021.1.24.1.02958 - AMINAH, 2021.1.24.1.02968 - DINA ASTRIYANI, 2021.1.24.1.02969 - ELVERDA EULALIA ULIMA ARAMINTA, 2021.1.24.1.02977 - HASAN BASRI BOYRATAN, 2021.1.24.1.02984 - JIHAN FAURIDAH, 2021.1.24.1.02993 - LUCYANA SITI JULIAH, 2021.1.24.1.02995 - M.ALFADLULLAH, 2021.1.24.1.02996 - MAMLU'ATUL HIKMAH, 2021.1.24.1.02999 - MOH. HUSENDI, 2021.1.24.1.03004 - MUHAMAD RISA NUGRAHA, 2021.1.24.1.03005 - MUHAMMAD BALDAN ALMUSAWA, 2021.1.24.1.03006 - MUHAMMAD BASIT, 2021.1.24.1.03012 - NABILA PUTRI AULIA, 2021.1.24.1.03016 - NIHAYATUN NAFISA, 2021.1.24.1.03018 - NISRINA ADHIYA, 2021.1.24.1.03019 - NOVI YANTI, 2021.1.24.1.03023 - QURROTUL 'AEN, 2021.1.24.1.03025 - RINI PUSPA, 2021.1.24.1.03029 - SALLYMAH FITRIYAH SUGANDI, 2021.1.24.1.03030 - SHOLICHAH, 2021.1.24.1.03035 - SITI SALAMAH, 2021.1.24.1.03037 - SRI AGUSTIN, 2021.1.24.1.03040 - SULIS KOMALA SARI, 2021.1.24.1.03045 - TETI RUKMANA, 2021.1.24.1.03049 - UUM KHUMAEROH, 2021.1.24.1.03051 - WINDAH |
Oreintasi dari matakuliah metodologi penelitian ini yaitu; ditekankan pada kemampuan mahasiswa untuk memahami Pengertian, paradigma dan ciri penelitian dengan pendekatan kualitatif, pendekatan kuantitatif, dan ; Proses penelitian dengan menjabarkan langkah-langkah penelitian, teknik pengumpulan data hingga latihan-latihan membuat pedoman observasi dan wawancara; Cara melakukan analisis data, pemaknaaan atau intepretasi hingga pada latihan menyusun sebuah laporan penelitian sebagai bekal dalam menyusun sebuah proposal untuk tugas akhir skripsinya.
1. Mahasiswa mampu menangkap fenomena sosial secara umum dalam kehidupan sehari-hari dengan perspektif ilmiah,
2. Mahasiswa mampu menganalisa dan membedakan perspektif riset kuantitatif-kualitatif.
3. Mahasiswa mampu merancang desain penelitian
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | memahami sistem perkuliahan, sistem penilaian, dan tata tertib kuliah di era Digital 2. Mengetahui maksud dan tujuan perkuliahan di era Digital |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pengertian, asal-usul, macam-macam, unsur, tujuan dan fungsi Metodeologi penelitian | Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta. | v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | K• Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta. |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | memahami Pola berpikir ilmiah / non ilmiah, Hakikat, tujuan dan fungsi penelitian, Penelitian dan ilmu pengetahuan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikanMahasiswa mampu Ciri-ciri penelitian ilmiah, hakekat, tujuan dan fungsi penelitian dan Ilmu pengetahuan | Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. | v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | memahami Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian | Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. | v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teori, konsep, variabel, paradigma, dan pedekatan dalam penelitian | Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. | v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Macam-macam penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Macam-macam penelitian | Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications. Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc. |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications. Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Metode penelitian Kualitatif | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Metode penelitian Kualitatif | Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications. Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc. |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications. Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc. |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Metode penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Nash Al Qur’an dan Hadits | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Metode penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Nash Al Qur’an dan Hadits | Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications. Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Creswell, John W., (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition., London: Sage Publications. Creswell, John W., (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, New Jersey: Pearson Education, Inc |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Struktur dan Sistematika penelitian Ilmiah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Struktur dan Sistematika penelitian Ilmiah | erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 9 | Perumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Perumusan Masalah, Tujuan dan Kegunaan Penelitian | Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | menyusun Kerangka pikir dan hipotesis Kajian Literatur dan Studi Pustaka |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan menyusun Kerangka pikir dan hipotesis Kajian Literatur dan Studi Pustaka |
erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
erlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 12 | Teknik Pengumpulan data Penentuan Populasi dan Sampel Pengolahan dan Analisis Data |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Teknik Pengumpulan data Penentuan Populasi dan Sampel Pengolahan dan Analisis Data |
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan Online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 13 | Penarikan Kesimpulan Salan dan Rekomendasi Penelitian Teknik Penulisan, Pengutipan dan Pembuatan Laporan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Penarikan Kesimpulan Salan dan Rekomendasi Penelitian Teknik Penulisan, Pengutipan dan Pembuatan Laporan |
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
v Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka dan Online) v Menganalisis materi dalam forum/group diskusi kemudian mengerjakan tugas kelompok |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | • Presentasi dan diskusi (Sinkron Tatap muka) • Menyimak dan merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi. • Quis |
Kerlinger, F N. 1986 Foundation of Behavioural Research. Holt Rinehart and Winston. (Ker). Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bina Aksara, Jakarta, 1995. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta. Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara. Soehartono, Irawan, Metode Penelitian Sosial, Remaja Rosdakarya, Bandung, 1998. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Prektek Pembuatan Proposal Skripsi I | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Pembuatan Proposal Penelitian | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | pembuatan proposal skripsi | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Prektek Pembuatan Proposal Skripsi II | Mahasiswa mampu menjelaskan pembuatan Proposal Skripsi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Prektek Pembuatan Proposal Skripsi IV | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pembuatan Proposal Skripsi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Prektek Pembuatan Proposal Skripsi V | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pembuatan Proposal Skripsi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Prektek Pembuatan Proposal Skripsi VI | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pembuatan Proposal Skripsi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai9-Metodologi Riset / Research Metholodogy (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : M. SAUKI, MA., M.Ag., Hari: Sabtu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon