"EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HURUF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIBARU TENGAH TANI CIREBON"

Publikasi Unusia

"EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HURUF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIBARU TENGAH TANI CIREBON"

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HURUF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIBARU TENGAH TANI CIREBON"
Penulis: APONG SULAEHA
Abstrak: ABSTRAK APONG SULAEHA. NIM. 20143200126 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HURUF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DESA KALIBARU TENGAHTANI CIREBON Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal bahasa anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tengahtani Cirebon tahun pelajaran 2017/2018 relatif rendah. Dari 20 anak 9 anak bernilai rendah, 7 anak bernilai sedang dan 4 anak bernilai baik. Media yang digunakan kurang menarik, karena hanya berupa tulisan dengan alat peraga buku lancar membaca. Anak mengalami kesulitan dalam mengenal huruf, tidak diberi kesempatan belajar sambil bermain (learning by playing). Media puzzle huruf adalah alat untuk menarik minat anak belajar bahasa khususnya mengenal keaksaraan (Madyawati, 2016). Dengan menggunakan media puzzle huruf diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan bahasa anak, sehingga anak mampu terasah keterampilan berbahasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media puzzle huruf dalam meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tengahtani Cirebon tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode tes untuk mendapatkan data tentang kecerdasan bahasa anak sebelum mempergunakan media puzzle huruf dan setelah mempergunakan media puzzle huruf. Sampelnya sama dengan jumlah populasinya yaitu sebanyak 20 orang, disebut dengan sampel jenuh. Setelah diadakan uji normalitas data, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan teknik analisis uji t (komparasi) diperoleh t hitung 7,1608 sedangkan t tabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh 2,021. Berhubung t hitung lebih besar daripada t tabel, maka hipotesis kerja yang diterima yaitu terdapat perbedaan kecerdasan bahasa antara sebelum dengan sesudah mempergunakan media puzzle huruf. Kata kunci: Media puzzle huruf, Kecerdasan Bahasa, Anak Usia Dini
Deskripsi: Kata Kunci : Media puzzle huruf, Kecerdasan Bahasa, Anak Usia Dini Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQNZeggMTmmxueNJS6vkavxBZWqX7YcVPCHBFx3KMNDD3crVNZM0mhSUH%2FdIwrH3%2BneDaQiwYcfIiWnN5BsNBSCpDjaNvSUf%2FEHTRWS669sAVvyiAyzNKDuyGi8puSJdYqaE79sDLa3WCQ%2FRiiEN4PP%2FJFm6MUqfh5g%3D
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273913975_SKRIPSI.pdf 1.537Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis
1652273914926_0001.jpg 357.3Kb image/jpeg Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis "EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE HURUF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIBARU TENGAH TANI CIREBON"

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya