Innovative leadership in Early Childhood Education (3 SKS) 3 KELAS PILIHAN Dr. Dian Widiantari, M.Ag., Jum'at, 16.45 s.d 19.15

Publikasi Unusia

Innovative leadership in Early Childhood Education (3 SKS) 3 KELAS PILIHAN Dr. Dian Widiantari, M.Ag., Jum'at, 16.45 s.d 19.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Pascasarjana
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Kode Matakuliah 00014S2MPI23
Nama Matakuliah Innovative leadership in Early Childhood Education
Semester 3
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
Peserta Perkuliahan 2022.8.1.7.0358 - ANIPAH,
2022.8.1.7.0372 - CICIH NURAENI,
2022.8.1.7.0373 - CICIH YUNIARSIH,
2022.8.1.7.0384 - DINNI AMALIA SULTHAN,
2022.8.1.7.0393 - ERYANTI,
2022.8.1.7.0396 - FATIMAH,
2022.8.1.7.0397 - FATIMATU JAHRO,
2022.8.1.7.0416 - KHASINATUL LAELI,
2022.8.1.7.0422 - LIA HIMMATUSSOLIHAH,
2022.8.1.7.0424 - LILIS SUGIARTI,
2022.8.1.7.0430 - MAMAH RAHMAH DEWI,
2022.8.1.7.0432 - MARIATUL QIBTIYAH,
2022.8.1.7.0455 - NINING SARINENGSIH,
2022.8.1.7.0459 - NUR FITRIATUL ULWIYYAH,
2022.8.1.7.0462 - NURAENI,
2022.8.1.7.0463 - NUR'AENI,
2022.8.1.7.0464 - NURHAYATI,
2022.8.1.7.0500 - SUFI ISLAMI WIDODO,
2022.8.1.7.0503 - SUSANTI,
2022.8.1.7.0507 - TANIYA,
2022.8.1.7.0510 - TATI NURMALA,
2022.8.1.7.0520 - WIWIN WIDIAWATI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini merupakan matakuliah konsentrasi yang membahas aspek Bahan kajian dalam mata kuliah ini akan membahas konsep, teori, dan keterampilan kepemimpinan inovatif yang relevan untuk pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan mempelajari strategi dan keterampilan kepemimpinan inovatif, Budaya Inovasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Strategi Kepemimpinan Inovatif untuk Pengembangan Kurikulum, Pemimpin Inovatif sebagai Role Model, Pengelolaan Perubahan dalam Pendidikan Anak Usia Dini, dan Menerapkan Teknologi dalam Pendidikan Anak Usia Dini.. Adapun produk dari mata kuliah ini menyusun buku kepemimpinan innovative di PAUD. Pelaksanaan tatap muka menggunakan perpaduan ekspositori dan SCL yang dilengkapi dengan materi berbasis IT karena sudah ada di ecampus dan blog dosen pengampu. Tahap penguasaan mata kuliah melalui tugas individu, terstruktur, UTS dan UAS

3. Capaian / Kompetensi

1. Sikap
a) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan sesuai bidang keahliannya secara mandiri;
j) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2. Pengetahuan
a) Menguasai dan menerapkan filsafat pendidikan dan teori manajemen pada lembaga pendidikan untuk menemukan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin sebagai landasan untuk melaksanakan penelitian.
b) Membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni baru dalam bidang manajemen pendidikan untuk menemukan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji melalui penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
c) Mengembangkan literasi data, teknologi, dan manusia berbasis budaya sebagai kompetensi dasar untuk bersaing pada era revolusi industri 4.0.

3. Keterampilan Umum
a) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
b) Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
e) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
f) Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
h) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

4. Keterampilan Khusus

a) Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni di bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidispliner
b) Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
c) Mampu menganalisis desain tata kelola lembaga pendidikan Islam untuk diterapkan di lembaga pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman;
d) Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pelaksanaan tugas pengelola lembaga pendidikan;
e) Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan baik dengan teman sejawat maupun dengan masyarakat umum
f) Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi pengelolaan pendidikan secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan;
g) Mampu melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan;
h) Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan yang sejati
i) Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan;
j) Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;
k) Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan, yaitu: bidang kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan;
l) Mampu menulis karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini dalam bidang pendidikan dan manajemen pendidikan yang memenuhi standar dan layak diterbitkan.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu merumuskan peluang dan tantangan kepemimpinan inovatif Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... artikel : KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN INOVATIF DALAM
MENGOPTIMALKAN MUTU PENDIDIKAN, Kepemimpinan inovatif dalam pengembangan organisasi dan team, Kepemimpinan Inovatif Walikota Payakumbuh Dalam Membangun
City Branding “Payakumbuh, The City of Randang”.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Putri Fauziatul Fitrah, ALSYS : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan
Volume 1, Nomor 1, November 2021; 168-177
https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/alsys, Jaudi Southeast Asian Journal of Islamic Education Management
Vol. 1 No. 2 (2020),pp 221-235
http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem, Desfitawarni Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, Agustus 2022, Volume 8, Nomor 2
(e-ISSN: 2620-3499|p-ISSN:2442-949X)
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :3 Merancang Program Kerja Kepala... Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa merancang inovasi budaya sekolah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... M EM BANGUN KARAKTER ANAK USIA DINI M ELALUI PEM BIASAAN BUDAYA SEKOLAH DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0Nur Hidayah1 Raudhatul Athfal (RA) Al-Azhar Kota Banjar, Jawa Barat. Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya A U LADA:JurnalPendidikandanPerkem bang anA nake-ISSN:2656-1638, Volume III, (1), 2021
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 UTS Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: 00014S2MPI23-Innovative leadership in Early Childhood Education (3 SKS), Semester: 3 KELAS PILIHAN, Dosen : Dr. Dian Widiantari, M.Ag., Hari: Jum'at, 16.45 s.d 19.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam (S2)

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS