| Fakultas | Pascasarjana |
| Jurusan | Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
| Kode Matakuliah | PPs101 |
| Nama Matakuliah | Philosophy of Educational Management |
| Semester | 1 |
| SKS | 3 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. Amirudin, M.M. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.8.1.7.0494 - SOID, 2023.8.1.8.0001 - MUHAMMAD FATIH, 2023.8.1.8.0011 - HAMDAN, 2023.8.1.8.0012 - AGUS SUTISNA, 2023.8.1.8.0013 - SAEFUL MUSLIM, 2023.8.1.8.0014 - JUHARTONO, 2023.8.1.8.0015 - CASYUDI FIRDAUS, 2023.8.1.8.0030 - TYAS NOVI ANDHIKA, 2023.8.1.8.0031 - MOHAMAD IRFANUL FIRDAUS, 2023.8.1.8.0035 - HANA ZAKIYYATUL MUNA, 2023.8.1.8.0046 - RODIYAH, 2023.8.1.8.0049 - INDAH RAHMAWATI, 2023.8.1.8.0050 - HERIYANTO, 2023.8.1.8.0051 - SETYO ABDUL JAFAR, 2023.8.1.8.0053 - RIZAL RIYANTO, 2023.8.1.8.0054 - ALFIAN HABIBI NURULLAH, 2023.8.1.8.0055 - FAUZIYAH HAYATI FAZRIN, 2023.8.1.8.0057 - ELA ROSILAWATI, 2023.8.1.8.0058 - YIYIN BAYINAH, 2023.8.1.8.0059 - SARIMAH, 2023.8.1.8.0061 - HUSNURIJAL, 2023.8.1.8.0062 - LIA ELIANA, 2023.8.1.8.0066 - NANANG FAUZI, 2023.8.1.8.0067 - MOCH RAHMAN SALEH, 2023.8.1.8.0070 - MIRANTI NURLELA AJI, 2023.8.1.8.0073 - DENDI SUPARMAN, 2023.8.1.8.0076 - MAYA ELIANA, S.PD, 2023.8.1.8.0077 - OLGA OKIALGIE, 2023.8.1.8.0085 - AGIS ABDUL GOPAR ISMAIL, 2023.8.1.8.0086 - ALI SODIKIN, 2023.8.2.8.0036 - ASTIA APRINA, 2023.8.2.8.0037 - NANA SUDIANA, 2023.8.2.8.0039 - SILMI ADHA, 23-MPI0002 - MUHANDIS MUH. QUSAIRY, 23-MPI0014 - ARIS SABTHAZI, 23-MPI0030 - DWI HASTUTI, 23-MPI0041 - EVA FARIHAH MEGAWATY, 23-MPI0044 - LINTANG MULYADI, 23-MPI0055 - USTADI, 23-MPI0082 - NUR IMAN, 23-MPI0083 - ALI MUNIB CHASAN, 23-MPI0085 - AAH KHORIAH, 23-MPI0096 - UUM UMAMAH, 23-MPI0097 - MAMAN RACHMAN, 23-MPI0103 - DEDE NURSAMSY, 23-MPI0104 - NURUL PUTRI, 23-MPI0110 - MUCHYIDIN BHREWIRA DARTA, 23-MPI0124 - M. SHALAHUDIN, 23-MPI0128 - ADIEB ABDURRAHMAN, 23-MPI0139 - LILI ALLVIANI. N, 23-MPI0146 - CICI SITI SOLIHAH, 23-MPI0149 - RATNA SAIDAH, 23-MPI0150 - KAMIM |
Mata kuliah Filsafat Manajemen Pendidikan merupakan mata kuliah dasar program studi dan sifatnya wajib ditempuh bagi mahasiswa Pascasarjana (S2) Manajemen Pendidikan dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas hakikat pengetahuan, hakikat ilmu, hakikat filsafat, dan hakikat filsafaat ilmu, dan filsafat manajemen pendidikan. Mata kuliah ini juga membahas bidang kajian filsafat manajemen pendidikan, hakikat manajemen/administrasi dan objek formal dan material filsafat manajemen pendidikan. Selain itu juga membahas perkembangan teori manajemen pendidikan, model dan alat dalam menejemen pendidikan serta akuntabilitas manajemen pendidikan.
1. Mampu mengusai dan memahami Hubungan antara filsafat dan ilmu pengetahuan
2. Mampu mengusai dan memahami Sistematika filsafat (dasar); ontologi epistemologi dan aksiologi
3. Mampu mengusai dan memahami Karakteristik dan langkah berfikir ilmiah.
4. Mampu mengusai dan memahami Paradigma revolusi ilmu/pengetahuan
5. Mampu mengusai dan memahami Asumsi, hipotesi, konsep dan teori
6. Mampu mengusai dan memahami Falsifikasi dan verifikasi teori ilmiah.
7. Mampu mengusai dan memahami Fakta empirik dan realitas ilmu pengetahuan.
8. Mampu mengusai dan memahami Positivisme, konstruktivisme dan fenomenologi dalam filsafat ilmu.
9. Mampu mengusai dan memahami Metode penalaran Ilmiah; deduktif, induktif dan silogisme
10. Mampu mengusai dan memahami Sistematika (ontologi, epistemologi dan axiologi) Manajemen Pendidikan.
11. Mampu mengusai dan memahami Filosofi dan teori manajemen pendidikan: perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengawasan dan evaluasi.
12. Mampu mengusai dan memahami Filosofi pembinaan & pengambilan kebijakan dalam manajemen pendidikan
13. Mampu mengusai dan memahami Paradigma menajemen pendidikan
14. Mampu mengusai dan memahami Teori dan konsep yuridis, administratif dan koordinatif manajemen pendidikan
15. Mampu mengusai dan memahami Filosofi komunikasi dalam manajemen
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak Perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :12 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Sistematika filsafat (dasar); ontologi epistemologi dan aksiologi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :11 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video | ||||||||
| 3 | Karakteristik dan langkah berfikir ilmiah. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video | ||||||||
| 4 | Paradigma revolusi ilmu/pengetahuan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :1 Tugas Mandiri Mahasiswa Audio Video | ||||||||
| 5 | Asumsi, hipotesi, konsep dan teori | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Falsifikasi dan verifikasi teori ilmiah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Fakta empirik dan realitas ilmu pengetahuan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Positivisme, konstruktivisme dan fenomenologi dalam filsafat ilmu. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Metode penalaran Ilmiah; deduktif, induktif dan silogisme | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Sistematika (ontologi, epistemologi dan axiologi) Manajemen Pendidikan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Filosofi dan teori manajemen pendidikan: perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, pengawasan dan evaluasi. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Filosofi pembinaan & pengambilan kebijakan dalam manajemen pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Paradigma menajemen pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Teori dan konsep yuridis, administratif dan koordinatif manajemen pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: PPs101-Philosophy of Educational Management (3 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Dr. Amirudin, M.M., Hari: Jum'at, 16.45 s.d 19.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon