EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MI AL MUHAJIRIN GEGESIK KIDUL KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MI AL MUHAJIRIN GEGESIK KIDUL KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
SITI MAEMANAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK SITI MAEMANAH. NIM. 2015.3.3.1.00241. EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE ESKPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI MI AL MUHAJIRIN GEGESIK KIDUL, GEGESIK KABUPATEN CIREBON Penelitian ini membahas “Efektivitas Penerapan Metode Eskperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di MI Al Muhajirin Gegesik Kidul, Gegesik Kabupaten Cirebon”. Di sekolah ini ketika peneliti melakukan observasi materi pelajaran IPA masih disampaikan dalam bentuk ceramah, sehingga siswa merasa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru karena materi tidak bisa dinalar dengan baik dan juga materi yang disampaikan tidak menarik dan membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Metode Eskperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di MI Al Muhajirin Gegesik Kidul, Gegesik Kabupaten Cirebon. Desain penelitian eksperimen yang gunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design yaitu penelitian eksperimen dimana ada dua kelompok sampel yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas perlakuan yang diteliti hasil belajar IPA kedua kelompok tersebut. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskiptif data dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan hasil belajar IPA. Data hasil penelitian diolah dengan uji beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Hasil dari penghitungan statistik dengan Uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan metode eksperimen. Pada hasil pretest hasil belajar IPA anak hanya 51,47% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Kurang Sekali, pada hasil postest hasil belajar IPA anak hanya 82,35% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Baik. Adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA anak sebelum dan sesudah melakukan Metode Eskperimen yakni dari nilai t yang didapatkan bahwa thitung (8,86) e (2,11) ttabel, maka tolak H0, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas penerapan metode eksperimenterhadaphasil belajar IPA sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat SD/MI untuk menggunakan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Metode eksperimen, hasil belajar IPA, efektivitas.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQN3fVWgS%2BJS4qvGkUzY5cckhR5KRO4pgPHfbMSsJZXizgTvIWOsacq25dO4BESoTxiHI%2FWDcT8hzlD2Ik7pithFZtFhGb83GbR8sCoslbjX4ksNcKUuabifbpPt7n4tYvHWNVLoOAmP5ZjTrpRRdLfMjWiEPAIK0VA%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap