Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Hewan Aqiqah (Studi Kasus di Aqiqah El-Syifa Cirebon)
Tampilkan catatan item sederhana
dc.contributor.advisor |
H. Ahmad Munajim, MM |
|
dc.contributor.advisor |
H. Tarjono, MM |
|
dc.contributor.author |
KRISNA NINGTYAS |
|
dc.contributor.editor |
KRISNA NINGTYAS |
|
dc.contributor.other |
Jajat Darojat, S.Pd.I.,MSI |
|
dc.contributor.other |
Barnawi, M.S.I |
|
dc.date.accessioned |
2022-05-11T12:58:13Z |
|
dc.date.available |
2022-05-11T12:58:13Z |
|
dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
dc.date.issued |
2019-04-29 |
|
dc.identifier |
2014.1.3.00165 |
|
dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQPdbKZktTUFeGBCdp1FcCahxlMMAmbdczCwE0a%2B%2B7Fn5Yno29xSZnvwJWjL33kTuW%2Fp6EXE6PAbfI8ySSHrvJKAgIWYhoxR%2BCkWHxAMqcf%2FH6kMF7b4AhGmm9%2BPIF3VU0K7Wut2W4v%2Fy3gw0AEgil9uC3q7Wp8f8%2FA%3D |
|
dc.description |
Kata Kunci :
Kata Kunci: Jual Beli Hewan Aqiqah, Implementasi Etika Bisnis Islam
Referensi : |
|
dc.description.abstract |
ABSTRAK KRISNA NINGTYAS. NIM. 2014.1.3.00165 IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM JUAL BELI HEWAN AQIQAH (STUDI KASUS DI AQIQAH EL-SYIFA CIREBON) Masyarakat Islam adalah masyarakat yang dinamis sebagai bagian budaya dan peradaban. Dalam konsep ekonomi dan perdagangan harus dilandasi oleh nilai-nilai dan etika yang bersumber dari nilai-nilai dasar agama yang menjunjung tinggi tentang kejujuran dan keadilan baik menggunakan media sosial ataupun silaturahmi secara langsung. Berdasarkan hal tersebut sebagian besar manusia yang menginginkan hal yang instan dan praktis. Untuk mempertahankan eksistensinya dilakukan beberapa penerapan etika bisnis Islam dalam jual beli hewan Aqiqah tanpa menggurangi nilai ibadah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi etika bisnis dalam jual beli hewan Aqiqah di El-Syifa Cirebon. Selain itu untuk mengetahui bagaimana pemasaran syariah dalam meningkatkan penjualan, mekanisme pemesanan, mekanisme pembayaran dan mekanisme pengiriman, untuk mengetahui hal apa yang menjadi kendala dan bagaimana penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengunpulan data berupa wawancara, observasi langsung serta study pustaka (library reseach) dan metode triangulasi data. Selanjutnya dari hasil penelitian diperoleh bahwa pola etika bisnis Islam yang dilakukan oleh Aqiqah E-Syifa telah berupaya mengimplementasikan etika bisnis Islamnya pada setiap kegiatan yang dilakukan. Sedangkan dalam rangka meningkatkan penjualannya menerapkan beberapa marketing syariah diantaranya menerapkan kejujuran dalam penentuan harga. Silaturahmi menjadi pokok terpenting berlangsungnya usaha yang reigius ini, selain dapat mempererat tali persaudaraan dan terjalinnya kerjasama dalam bidang muamalah. Disini peneliti menemukan beberapa hal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan diantaranya yaitu: produk-produk pelayanan yang di berikan El-Syifa kepada konsumen, amanah yang di percayakan oleh El-Syifa hingga kesolidaritasan para pekerja. Kata Kunci: Jual Beli Hewan Aqiqah, Implementasi Etika Bisnis Islam |
|
dc.publisher |
Ekonomi Syari`ah |
|
dc.subject |
Kata Kunci: Jual Beli Hewan Aqiqah, Implementasi Etika Bisnis Islam |
|
dc.title |
Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Jual Beli Hewan Aqiqah (Studi Kasus di Aqiqah El-Syifa Cirebon) |
|
dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana