| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud8 |
| Nama Matakuliah | Desain Pembelajaran AUD / Design of Learning in Early Childhood Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Eti Juhaeti, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01561 - RENIJAH, 2022.4.10.1.01562 - SRI RIZKI YULIATI, 2022.4.10.1.01563 - SOLEHA, 2022.4.10.1.01564 - DESY DWI LESTARI, 2022.4.10.1.01565 - ZULI SUGIARTI, 2022.4.10.1.01566 - LIANAWATI, 2022.4.10.1.01568 - RINA INDRIANI, 2022.4.10.1.01569 - ISAH, 2022.4.10.1.01570 - ROKANAH, 2022.4.10.1.01572 - ETI SETIAWATI, 2022.4.10.1.01573 - NURAENI, 2022.4.10.1.01574 - ROHAYATI, 2022.4.10.1.01575 - KAPSAH WINANDAH, 2022.4.10.1.01576 - SATINA, 2022.4.10.1.01577 - NYI RADEN MARIA KOSASIH, 2022.4.10.1.01578 - FAT ANIK WINARSIH, 2022.4.10.1.01579 - PUJAWATI, 2022.4.10.1.01582 - SISTIYANI, 2022.4.10.1.01583 - RENI SETIANINGSIH |
Mata kuliah desain pembelajaran memberikan keterampilan kepada mahasiswa mampu mendesain program pengajaran dengan menggunakan pendekatan teori pembelajaran, serta media dan model pembelajaran PAUD, baik yang manual maupun yang berbasis Teknologi.
Kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa setelah mempelajari mata kuliah DESAIN PEMBELAJARAN PAUD adalah mahasiswa mampu : 1. Menguasai Konsep Dasar PAUD 2. Terampil mendesain dan mengimplementasikan pembelajaran PAUD dengan menggunakan metode, model dan media pembelajaran PAUD 3. Terampil dalam merencanakan, mendesain, mengimplementasikan dan mengevalusi pembelajaran PAUD berbasis teknologi 4. Mahasiswa terampil menyusun Modul Ajar atau RPP, Pemilihan metode dan media, serta instrument penilaian untuk PAUD
Untuk Rincian setiap pertemuannya antara lain sebagai berikut:
MATERI AJAR DESAIN PEMBELAJARAN PAUD:
Untuk Pertemuan ke 1 sampai pertemuan ke 16:
1. Orientasi perkuliahan/Kontrak Mata Kuliah Desain Pembelajaran PAUD
2. Konsep Dasar AUD
a. Pengertian AUD
b. Pertumbuhan AUD
c. Perkembangan AUD
d. Karakteristik AUD
3. Metode Pembelajaran AUD
a. Metode Ceramah
b. Metode Tanya Jawab
c. Metode Pembiasaan
d. Metode Bercerita
e. Metode Bernyanyi
f. Metode Unjuk Kerja
g. Metode Karyawisata
h. Metode Bermain Peran
i. Metode Bermain
j. Metode Pemecahan Masalah
4. Model Pembelajaran
a. Model Pembelajaran Sentra
b. Model Pembelajaran Sudut
c. Model Pembelajaran Area
d. Model Pembelajaran Kelompok
5. Media Pembelajaran
a. Pengertian, tujuan dan manfaat Media pembelajaran
b. Prinsip penggunaan media pembelajaran
c. Macam-macam media pembelajaran AUD
6. Penilaian Pembelajaran AUD Kurikulum merdeka
a. Defenisi Penilaian AUD
b. Tujuan, manfaat dan Fungsi penilaian AUD
c. Prinsip penilaian AUD
d. Bentuk penilaian AUD
e. Pelaporan Hasil Penilaian AUD
f. Tindak Lanjuat hasil penilaian AUD
7. Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD
a. Mengenal Karakteristik Capaian Pembelajaran (CP)
b. Mengenal Elemen Capaian Pembelajaran (CP)
c. Menerjemahkan Capaian Pembelajaran ke dalam Kurikulum Operasional Sekolah
d. Contoh Rencana Perencanaan Pembelajaran (RPP)
8. PTS (penilaian tengah semester)
9. Praktek mendesain atau membuat media Pembelajaran AUD
a. Identitas (nama) media Pembelajaran AUD yang di buat
b. Alat dan Bahan dari media yang di gunakan
c. Langkah-langkah membuat media pembelajaran
d. Cara menggunakan media pembelajaran untuk AUD atau pelaksanaan penggunaan media di video kan
10. Praktek mendesain atau membuat penilaian untuk AUD
a. Penilaian ceklis
b. Penilaian hasil karya
c. Penilaian anekdot
d. Penilaian poto berseri
e. Pelaporan hasil penilaian (Membuat Rapor AUD mengacu pada kurmker)
11. Praktek membuat RPP atau modul ajar untuk AUD mengacu pada kurikulum merdeka.
12. Praktek mendesain Model Pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Sentra (praktek mengajar proses pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran sentra)
13. Praktek mendesain Model Pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Area (praktek mengajar proses pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Area)
14. Praktek mendesain Model Pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Sudut (praktek mengajar proses pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Sudut)
15. Praktek mendesain Model Pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Kelompok (praktek mengajar proses pembelajaran di PAUD dengan menggunakan model pembelajaran Kelompok)
16. PAS (penilaian akhir semester)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Memahami kontrak mata kuliah desain pembelajaran PAUD semester3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Kontrak mata kuliah dengan baik | Desain Pembelajaran PAUD | Ceramah, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Kontrak mata kuliah | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya. terkait kontrak mata kuliah desain pembelajaran PAUD | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa memahami konsep dasar PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan konsep dasar PAUD | Konsep dasar PAUD | ceramah, tanya jawab dan kuiz | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal konsep dasar PAUD | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan konserp dasar PAUD, Ketepatan menyebutkan konsep dasar PAUD, dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio :2 Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasisiwa memahami metode pembelajaran di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan metode pembelajaran di PAUD | metode pembelajaran di PAUD | ceramah, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal metode pembelajaran di PAUD | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan metode, pembelajaran di PAUDKetepatan menyebutkan metode pembelajaran di PAUD, dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 4 | Mahasisiwa memahami model pembelajaran di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan model pembelajaran di PAUD | model pembelajaran di PAUD | ceramah, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal model pembelajaran di PAUD | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan model pembelajaran di PAUD dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :4 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu memhami media pembelajaran di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan media pembelajaran di PAUD | media pembelajaran di PAUD | Ceramah, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal media pembelajaran di PAUD | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan media pembelajaran di PAUD, Ketepatan menyebutkan media pembelajaran di PAUD, dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu memahami penilaian pembelajaran di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan penilaian pembelajaran di PAUD | penilaian pembelajaran di PAUD | Ceramah, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal penilaian pembelajaran di PAUD | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan penilaian pembelajaran di PAUD, Ketepatan menyebutkan penilaian pembelajaran di PAUD, dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mamapu memahami rancangan Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD | Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD | Ceramah, tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD Mendiskusikan, dan Menjawab soal Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Merancang Pembelajaran Berdasarkan, Elemen Capaian Pembelajaran PAUD menyebutkan Merancang Pembelajaran Berdasarkan Elemen Capaian Pembelajaran PAUD dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa menyelesaikan tugas praktek membuat RPP atau modul ajar mengacu pada kurikulum merdeka | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan praktek membuat RPP atau modul ajar mengacu pada kurikulum merdeka | praktek membuat RPP atau modul ajar mengacu pada kurikulum merdeka | praktek langsung membuat RPP atau modul ajar | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal praktek membuat RPP atau modul ajar mengacu pada kurikulum merdeka | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan praktek membuat RPP atau modul ajar mengacu pada kurikulum merdeka dan lain sebagainya | Nilawati Tadjuddin. 2013, Desain pembelajaran pendidikan Anaka Usia Dini. Bandar Lampung. Aura Printing Publishing |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 PRAKTEK MEMBUAT RPP ATAU MODUL... Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud8-Desain Pembelajaran AUD / Design of Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS D, Dosen : Eti Juhaeti, M.Pd., Hari: Jum'at, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon