| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x5piaud7 |
| Nama Matakuliah | Bermain dan Permainan AUD / Play and Games in Early Childhood Education |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hj. Omah Rochmah, M.MPd |
| Peserta Perkuliahan | 2021.4.9.1.01396 - AAN PATMAWATI, 2021.4.9.1.01397 - ADE SUSANA, 2021.4.9.1.01398 - ANI ROHANI, 2021.4.9.1.01399 - ASTIKAH, 2021.4.9.1.01400 - ASTUTI, 2021.4.9.1.01401 - NUR AZIZAH, 2021.4.9.1.01402 - BHAYU INDAH LESTARI, 2021.4.9.1.01403 - CARSINI, 2021.4.9.1.01404 - CUNIASIH, 2021.4.9.1.01405 - DAIMAH, 2021.4.9.1.01406 - DESI RACHMAWATI, 2021.4.9.1.01407 - DEWI, 2021.4.9.1.01410 - ELI PUJI RAHAYU, 2021.4.9.1.01411 - ERVINA AGHNEI ALLIS, 2021.4.9.1.01412 - FAZRIYAH, 2021.4.9.1.01414 - IDA FARIDA, 2021.4.9.1.01415 - IDAH SAADAH, 2021.4.9.1.01416 - IIM FATIMAH, 2021.4.9.1.01417 - IIS SITI UMI HALIMATUSSYADIYAH, 2021.4.9.1.01418 - IPAH, 2021.4.9.1.01419 - LAELATUL MUNAWAROH, 2021.4.9.1.01420 - LINNA ROSSALINA, 2021.4.9.1.01422 - MAHBUBAH, 2021.4.9.1.01424 - MARIANI ERNAWATI, 2021.4.9.1.01425 - MUNIAH, 2021.4.9.1.01426 - NAMI, 2021.4.9.1.01428 - NANI SUWARNI, 2021.4.9.1.01429 - NINA SAKINAH, 2021.4.9.1.01430 - NOVITA DWI FRIDAYANTI, 2021.4.9.1.01433 - RAHMA DHINI, 2021.4.9.1.01434 - RATNA SUMNAR, 2021.4.9.1.01436 - RITA SUGIHARTI, 2021.4.9.1.01437 - RIZKA FAWZIYAH, 2021.4.9.1.01438 - ROHAYATI, 2021.4.9.1.01439 - SABILA KUSUMANINGRUM, 2021.4.9.1.01440 - SINTA LIYANA, 2021.4.9.1.01441 - SITI HERMAWATI, 2021.4.9.1.01443 - SITI MARHAMAH, 2021.4.9.1.01444 - SITI MARIA ULFA, 2021.4.9.1.01447 - SOLEHAH, 2021.4.9.1.01448 - SRI ASIH, 2021.4.9.1.01449 - SRI SUSILAWATI, 2021.4.9.1.01450 - SRI UTAMI DEWI, 2021.4.9.1.01451 - SURATMI, 2021.4.9.1.01452 - THOIFAH FAUZIYAH, 2021.4.9.1.01454 - WAWAT JUNIAWATI, 2021.4.9.1.01455 - WINARSIH, 2021.4.9.1.01456 - WININDA, 2021.4.9.1.01457 - YULIYANTI, 2021.4.9.1.01458 - YUNEDA J. JOHARI, 2021.4.9.1.01459 - YUYUN YUNITA SARI |
Pada mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan arti bermain,manfaat bermain,karakteristik,kreativitas gerakan dasar,lingkungan belajar ,merancang sebuah kegiatan pembelajaran menggunakan metode bermain dan permainan sesuai dengan perkembangan anak
1.mampu menjelaskan karakteristik dan manfaat bermain
2.mampu merancang pembelajaran dengan cara bermain
3.mampu menjelaskan aktivitas bermain dan aneka ragam permainan
4.mampu menjelaskan peranan guru dalam kegiatan bermain
5.mampu menerapkan bermain dan permainan dalam pembelajaran di PAUD
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Orientasi perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Membuat kelompok dan materinya... Audio Video | ||||||||
| 2 | Arti dan manfaat bermain | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan arti dan manfaat bermain | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Membahas tentang arti bermain ... Audio Video | ||||||||
| 3 | Karakteristik dan tahapan bermain | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan karakteristik dan tahapan perkembangan bermain | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Membahas tentang karakteristik... Audio Video | ||||||||
| 4 | Kreativitas anak usia dini | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kreativitas dan penerapan dalam berbagai kegiatan seni | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Membahas tentang kreativitas ... Audio Video | ||||||||
| 5 | Gerakan dasar bermain di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan karakteristik perkembangan AUD dalam aspek fismot | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membahas tentang gerakan dasar... Audio Video | ||||||||
| 6 | Lingkungan belajar dan bermai di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan lingkungan belajar,bermain alat peraga di area | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 bacalah materi dan kerjakan tu... Audio Video | ||||||||
| 7 | Pemanfaatan permainan anak sesuai perkembangan anak | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan batasan,prinsip,dan sasaran pengembangan di PAUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membahas pemanfaatan permaina... Audio Video | ||||||||
| 8 | Aktivitas bermain dan ragam permainan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | aktivitas bermain | diskusi dan tugas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | buku bermain dan permainan |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Membahas tentang aktivitas ber... Audio Video | ||||||||
| 9 | Membuat jenis permainan yang sesuai dengan aspek pengembangan anak | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan membuat permainan untuk AUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Aktivias beramaindan aneka permainan | Mahasiswa mampu membuat dan mengaplikasikan aneka ragam permainan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Memanfaatkan bahan sisa dan bahan alam sebagai media bermain | Mahasiswa mampu membuat mainan dari bahan sisa dan bahan alam | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Strategi pembelajaran dengan bermain | Mahasiswa mampu mempraktekan mengajar dengan tehnik bermain | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Metode dan tehnik bermain serta penerapannya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan metode dan tehnik bermain serta mengaplikasikannya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Konsep pembelajaran terpadu dalam bermain | Mahasiswa mampu membuat konsep pembelajaran terpadu | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Peranan guru dalam kegiatan bermain di PAUD | Mahasiswa mampu melakukan riset tentang bermain di PAUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | PAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud7-Bermain dan Permainan AUD / Play and Games in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Hj. Omah Rochmah, M.MPd, Hari: Jum'at, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon