| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud7 |
| Nama Matakuliah | Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hj. Mamah R, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01469 - ALISA QOTRUNNADA, 2022.4.10.1.01475 - ASMANINGSIH, 2022.4.10.1.01476 - ASROPI, 2022.4.10.1.01490 - ERNAWATI, 2022.4.10.1.01497 - HINDUN SYARIFAH, 2022.4.10.1.01508 - KOSIA, 2022.4.10.1.01513 - MARIPAH, 2022.4.10.1.01514 - MIMIN MUTHOHAROH, 2022.4.10.1.01516 - MUSPIYAWATI, 2022.4.10.1.01541 - SITI KHOTIJAH, 2022.4.10.1.01542 - SITI MARYAM, 2022.4.10.1.01548 - SRI MAESAROH, 23S1PIAUD0006 - LITA LIANTI |
Mata kuliah Kogntif dan Pembelajaran PAUD ini merupakan matakuliah yang mempelajari salah satu aspek penting dalam perkembangan anak yaitu mengenai Kognitif anak dari usia 0 sampai 8 tahun dan kegiatan pembelajarannya. Dalam matakuliah ini akan dijebarkan teori mengenai perkembangan kognitif yang ditinjau dari berbagai sumber literasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan media, stimulasi dan penilaian yang tepat yang terintegrasi dan menitikberatkan kepada pengembangan kemampuan matematika sains permulaan. Mata kuliah ini diselenggarakan secara Daring dan Luring dengan pendapatan berbasis project-based-learning. Mahasiswa akan mengerjakan sebuah project yang bertujuan mencari gagasan project yang diberikan. Tiap project dirancang untuk mengakomodasi bahan-bahan kajian yang diperlukan untuk mewujudkan capaian-capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Luaran dari matakuliah ini adalah profil perkembangan kognitif anak dan rancangan penelitian perkembangan kogntif anak usia dini
1.Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan kognitif anak usia dini dari berbagai kajian Literatur antara lain Barat, Indonesia, dan Islam secara menyeluruh sesuai tahapan perkembangan anak.
2.Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Kogntif anak sesuai dan tahapan perkembangan anak berdasarkan standar pencapaian perkembangan anak dengan mengintegrasikan pada kajian teori secara tepat
3.Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori perkembangan kognitif anak dari berbagai kajian dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan sains pada anak usia dini degan media, alat penilaian dan program stimulasi yang tepat
4. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif permasalahan khas anak usia dini sesuai karakteristiknya dalam berbagai kajian literatur
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Orientasi perkuliahan. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Maasiswa dapat memahami dana menganalisis Konsep perkembangan kognitif anak | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pengertian, fungsi, manfaat serta faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif AUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis perkembangan kognitif anak berdasarkan literatur Islam. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu memahamai dan menganalisis tahap perkembangan kognitif anak. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Sandar tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak usia dini. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | STTPA Koginitif anak usia 0-6 tahun. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis pembelajaran berbasis STEAM pada AUD. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis tahapan dalam membangun kemampuan literasi pada fase pondasi. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis kemampuan numerasi pada fase pondasi. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Tahapan pengenalan numerasi, lingkup numerasi dan numerasi lintas kurikulum. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu melakukan observasi dan menganalisis program stimulasi dalam mengembangkan kognitif anak. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Perencanaan, penerapan dan evaluasi pengembangan kognitif AUD. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Lakukanlah observasi program s... Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu membuat media berbasis digital dalam mengembangkan kognitif anak. | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud7-Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Hj. Mamah R, M.Pd., Hari: Jum'at, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon