Educational Quality Management (3 SKS) 1 KELAS A Dr. Dian Widiantari, M.Ag. Ruang Dosen, Jum'at, 14.00 s.d 16.30

Publikasi Unusia

Educational Quality Management (3 SKS) 1 KELAS A Dr. Dian Widiantari, M.Ag. Ruang Dosen, Jum'at, 14.00 s.d 16.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Pascasarjana
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Kode Matakuliah MPI102
Nama Matakuliah Educational Quality Management
Semester 1
SKS 3 sks
Pengampu Perkuliahan Dr. Dian Widiantari, M.Ag.
Peserta Perkuliahan 2022.8.1.7.0494 - SOID,
2023.8.1.8.0001 - MUHAMMAD FATIH,
2023.8.1.8.0011 - HAMDAN,
2023.8.1.8.0012 - AGUS SUTISNA,
2023.8.1.8.0013 - SAEFUL MUSLIM,
2023.8.1.8.0014 - JUHARTONO,
2023.8.1.8.0015 - CASYUDI FIRDAUS,
2023.8.1.8.0030 - TYAS NOVI ANDHIKA,
2023.8.1.8.0031 - MOHAMAD IRFANUL FIRDAUS,
2023.8.1.8.0035 - HANA ZAKIYYATUL MUNA,
2023.8.1.8.0046 - RODIYAH,
2023.8.1.8.0049 - INDAH RAHMAWATI,
2023.8.1.8.0050 - HERIYANTO,
2023.8.1.8.0051 - SETYO ABDUL JAFAR,
2023.8.1.8.0053 - RIZAL RIYANTO,
2023.8.1.8.0054 - ALFIAN HABIBI NURULLAH,
2023.8.1.8.0055 - FAUZIYAH HAYATI FAZRIN,
2023.8.1.8.0057 - ELA ROSILAWATI,
2023.8.1.8.0058 - YIYIN BAYINAH,
2023.8.1.8.0059 - SARIMAH,
2023.8.1.8.0061 - HUSNURIJAL,
2023.8.1.8.0062 - LIA ELIANA,
2023.8.1.8.0066 - NANANG FAUZI,
2023.8.1.8.0067 - MOCH RAHMAN SALEH,
2023.8.1.8.0070 - MIRANTI NURLELA AJI,
2023.8.1.8.0073 - DENDI SUPARMAN,
2023.8.1.8.0076 - MAYA ELIANA, S.PD,
2023.8.1.8.0077 - OLGA OKIALGIE,
2023.8.1.8.0085 - AGIS ABDUL GOPAR ISMAIL,
2023.8.1.8.0086 - ALI SODIKIN,
2023.8.2.8.0036 - ASTIA APRINA,
2023.8.2.8.0037 - NANA SUDIANA,
2023.8.2.8.0039 - SILMI ADHA,
23-MPI0002 - MUHANDIS MUH. QUSAIRY,
23-MPI0014 - ARIS SABTHAZI,
23-MPI0030 - DWI HASTUTI,
23-MPI0041 - EVA FARIHAH MEGAWATY,
23-MPI0044 - LINTANG MULYADI,
23-MPI0055 - USTADI,
23-MPI0082 - NUR IMAN,
23-MPI0083 - ALI MUNIB CHASAN,
23-MPI0085 - AAH KHORIAH,
23-MPI0096 - UUM UMAMAH,
23-MPI0097 - MAMAN RACHMAN,
23-MPI0103 - DEDE NURSAMSY,
23-MPI0104 - NURUL PUTRI,
23-MPI0110 - MUCHYIDIN BHREWIRA DARTA,
23-MPI0124 - M. SHALAHUDIN,
23-MPI0128 - ADIEB ABDURRAHMAN,
23-MPI0129 - MUHAMMAD BAKTI SETIA GUSTI,
23-MPI0139 - LILI ALLVIANI. N,
23-MPI0146 - CICI SITI SOLIHAH,
23-MPI0149 - RATNA SAIDAH,
23-MPI0150 - KAMIM

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini merupakan matakuliah Pokok bahasan dalam mata kuliah ini akan memberikan pemahaman menyeluruh tentang penjaminan mutu dan proses akreditasi pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari konsep, kerangka Kerja Penjaminan Mutu Pendidikan, Standar dan Kriteria Akreditasi, Proses Akreditasi, Pengembangan Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan, Evaluasi dan Pemantauan Mutu Pendidikan, Manajemen Perubahan dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Akuntabilitas dan Transparansi dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Inovasi dan Tren Terkini dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Studi Kasus dan Analisis Praktik Terbaik. Adapun produk dari mata kuliah ini menyusun buku Penjaminan Mutu dan Akreditasi Pendidikan. Pelaksanaan tatap muka menggunakan perpaduan ekspositori dan SCL yang dilengkapi dengan materi berbasis IT karena sudah ada di ecampus dan blog dosen pengampu. Tahap penguasaan mata kuliah melalui tugas individu, terstruktur, UTS dan UAS

3. Capaian / Kompetensi

1. Sikap
a) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan sesuai bidang keahliannya secara mandiri;
j) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

2. Pengetahuan
a) Menguasai dan menerapkan filsafat pendidikan dan teori manajemen pada lembaga pendidikan untuk menemukan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin sebagai landasan untuk melaksanakan penelitian.
b) Membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni baru dalam bidang manajemen pendidikan untuk menemukan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji melalui penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
c) Mengembangkan literasi data, teknologi, dan manusia berbasis budaya sebagai kompetensi dasar untuk bersaing pada era revolusi industri 4.0.

3. Keterampilan Umum
a) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
b) Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
e) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
f) Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
h) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

4. Keterampilan Khusus

a) Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni di bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidispliner
b) Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
c) Mampu menganalisis desain tata kelola lembaga pendidikan Islam untuk diterapkan di lembaga pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman;
d) Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pelaksanaan tugas pengelola lembaga pendidikan;
e) Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan baik dengan teman sejawat maupun dengan masyarakat umum
f) Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi pengelolaan pendidikan secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan;
g) Mampu melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan;
h) Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan yang sejati
i) Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan;
j) Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;
k) Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan, yaitu: bidang kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan;
l) Mampu menulis karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini dalam bidang pendidikan dan manajemen pendidikan yang memenuhi standar dan layak diterbitkan.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :16 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mengimplementasikan Standar dan Kriteria Akreditasi di lembaga pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... a. Pemahaman tentang standar akreditasi yang berlaku.
b. Kriteria dan indikator penilaian dalam proses akreditasi
c. Hubungan antara standar dan peningkatan mutu pendidikan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Anjelita, D., & Aliyyah, R. R. (2021). Akreditasi Sebagai Penjamin Mutu Pendidikan di Kota Palembang. July. waludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156
Catatan Ujian Diskusi :11 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :9 Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 8 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 3 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Designing & Implementing a Qualitative Research Study: The Vermont Early Hearing Detection & Intervention Example - - -2023
  2. UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH MELALUI OTONOMI SATUAN PENDIDIKAN - - -2023
  3. ANALISIS HUBUNGAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DENGAN MUTU PROSES DAN HASIL BELAJAR - - -2023
  4. IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA DIGITAL: Studi Kasus di Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid - - -2023
  5. Menakar Digital Marketing Pada Lembaga Pendidikan Pariwisata - - -2023
  6. Potret Mutu Pendidikan Indonesia Ditinjau dari Hasil-hasil Studi Internasional - - -2023
  7. PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) : STRATEGI PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA - - -2023
  8. ANALISIS DATA KUALITATIF - - -2023
  9. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN - - -2023
  10. Kejenuhan di Kalangan Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN Provinsi Riau - - -2023
  11. PARTICIPATORY ACTION RESEARCH KONSTRUKSI SOSIAL GENDER DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM DI 5 DESA KAWASAN SUB DAS POHGADING SUNGGEN DAN PANCOR BARONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR - - -2023
  12. MODUL METODE PENELITIAN - - -2023
  13. PENELITIAN ETNOGRAFI TENTANG BUDAYA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR - - -2023
  14. PENGUMPULAN DATA - - -2023
  15. PENELITIAN ETNOGRAFI TENTANG BUDAYA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR - - -2023
  16. INDIKATOR PRODUKTIVITAS KERJA GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN - - -2023
  17. STUDI PRODUKTIVITAS KERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI MALANG RAYA - - -2023
  18. THE INNOVATOR'S DILEMMA - - -2023
  19. Leadership During Crisis: Lessons and Applications from the COVID-19 Pandemic - - -2023
  20. MANAJEMEN PENDIDIKAN : TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS - - -2023
  21. EDUCATIONAL RESEARCH - - -2023
  22. CHANGING ORGANIZATIONAL CULTURE - - -2023
  23. BOOKS IN THE DIGITAL AGE - - -2023
  24. DASAR DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN - - -2023
  25. PEDOMAN PENULISAN TESIS PASCASARJANA 2021 - - -2023
  26. Contemporary Leadership Theories Enhancing the Understanding of the Complexity, Subjectivity and Dynamic of Leadership - - -2023
  27. CREATING A SUCCESSFUL LEADERSHIP STYLE - - -2023
  28. Developing Model of Digital Leadership for a Successful Digital Transformation - - -2023
  29. DEVELOPMENT OF A TRAINING CONCEPT FOR LEADERSHIP 4.0 IN PRODUCTION ENVIRONMENTS - - -2023
  30. DIGITAL TRANSFORMATION : THE FINAL CHAPTER - - -2023
  31. DASAR DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN - - -2023
  32. FINDING YOUR LEADERSHIP STYLE - - -2023
  33. Ithaka’s 2006 Studies of Key Stakeholders in the Digital Transformation in Higher Education - - -2023
  34. LEADERS AND LEADERSHIP IN EDUCATION - - -2023
  35. LEADERSHIP WHAT'S IN IT FOR SCHOOL - - -2023
  36. LEADERSHIP THEORY AND RESEARCH - - -2023
  37. DANIEL GOLEMAN LEADERSHIP - - -2023
  38. MANAJEMEN PENDIDIKAN - - -2023
  39. MANAJEMEN PENDIDIKAN - - -2023
  40. MANAJEMEN PENDIDIKAN APLIKASI, STRATEGI DAN INOVASI - - -2023
  41. MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM KONTEKS INDONESIA - - -2023
  42. MANAJEMEN PENDIDIKAN - - -2023
  43. MANAJEMEN PENDIDIKAN Amiruddin Tumanggor James Ronald Tambunan Pandapotan Simatupang - - -2023
  44. PENILAIAN DAN PEMANTAUAN PEMBELAJARAN - - -2023
  45. SELF-MANAGEMENT AND LEADERSHIP DEVELOPMENT - - -2023
  46. THE ENCYCLOPEDIA OF LEADERSHIP - - -2023






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI102-Educational Quality Management (3 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Dr. Dian Widiantari, M.Ag., Ruang: Ruang Dosen, Hari: Jum'at, 14.00 s.d 16.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam (S2)

Kiriman Terbaru

  • Dr. Dian Widiantari, M.Ag. (2023-09-01)

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS