| Fakultas | Pascasarjana |
| Jurusan | Manajemen Pendidikan Islam (S2) |
| Kode Matakuliah | MPI102 |
| Nama Matakuliah | Educational Quality Management |
| Semester | 1 |
| SKS | 3 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. Dian Widiantari, M.Ag. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.8.1.7.0494 - SOID, 2023.8.1.8.0001 - MUHAMMAD FATIH, 2023.8.1.8.0011 - HAMDAN, 2023.8.1.8.0012 - AGUS SUTISNA, 2023.8.1.8.0013 - SAEFUL MUSLIM, 2023.8.1.8.0014 - JUHARTONO, 2023.8.1.8.0015 - CASYUDI FIRDAUS, 2023.8.1.8.0030 - TYAS NOVI ANDHIKA, 2023.8.1.8.0031 - MOHAMAD IRFANUL FIRDAUS, 2023.8.1.8.0035 - HANA ZAKIYYATUL MUNA, 2023.8.1.8.0046 - RODIYAH, 2023.8.1.8.0049 - INDAH RAHMAWATI, 2023.8.1.8.0050 - HERIYANTO, 2023.8.1.8.0051 - SETYO ABDUL JAFAR, 2023.8.1.8.0053 - RIZAL RIYANTO, 2023.8.1.8.0054 - ALFIAN HABIBI NURULLAH, 2023.8.1.8.0055 - FAUZIYAH HAYATI FAZRIN, 2023.8.1.8.0057 - ELA ROSILAWATI, 2023.8.1.8.0058 - YIYIN BAYINAH, 2023.8.1.8.0059 - SARIMAH, 2023.8.1.8.0061 - HUSNURIJAL, 2023.8.1.8.0062 - LIA ELIANA, 2023.8.1.8.0066 - NANANG FAUZI, 2023.8.1.8.0067 - MOCH RAHMAN SALEH, 2023.8.1.8.0070 - MIRANTI NURLELA AJI, 2023.8.1.8.0073 - DENDI SUPARMAN, 2023.8.1.8.0076 - MAYA ELIANA, S.PD, 2023.8.1.8.0077 - OLGA OKIALGIE, 2023.8.1.8.0085 - AGIS ABDUL GOPAR ISMAIL, 2023.8.1.8.0086 - ALI SODIKIN, 2023.8.2.8.0036 - ASTIA APRINA, 2023.8.2.8.0037 - NANA SUDIANA, 2023.8.2.8.0039 - SILMI ADHA, 23-MPI0002 - MUHANDIS MUH. QUSAIRY, 23-MPI0014 - ARIS SABTHAZI, 23-MPI0030 - DWI HASTUTI, 23-MPI0041 - EVA FARIHAH MEGAWATY, 23-MPI0044 - LINTANG MULYADI, 23-MPI0055 - USTADI, 23-MPI0082 - NUR IMAN, 23-MPI0083 - ALI MUNIB CHASAN, 23-MPI0085 - AAH KHORIAH, 23-MPI0096 - UUM UMAMAH, 23-MPI0097 - MAMAN RACHMAN, 23-MPI0103 - DEDE NURSAMSY, 23-MPI0104 - NURUL PUTRI, 23-MPI0110 - MUCHYIDIN BHREWIRA DARTA, 23-MPI0124 - M. SHALAHUDIN, 23-MPI0128 - ADIEB ABDURRAHMAN, 23-MPI0129 - MUHAMMAD BAKTI SETIA GUSTI, 23-MPI0139 - LILI ALLVIANI. N, 23-MPI0146 - CICI SITI SOLIHAH, 23-MPI0149 - RATNA SAIDAH, 23-MPI0150 - KAMIM |
Mata kuliah ini merupakan matakuliah Pokok bahasan dalam mata kuliah ini akan memberikan pemahaman menyeluruh tentang penjaminan mutu dan proses akreditasi pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari konsep, kerangka Kerja Penjaminan Mutu Pendidikan, Standar dan Kriteria Akreditasi, Proses Akreditasi, Pengembangan Kebijakan Penjaminan Mutu Pendidikan, Evaluasi dan Pemantauan Mutu Pendidikan, Manajemen Perubahan dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Akuntabilitas dan Transparansi dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Inovasi dan Tren Terkini dalam Penjaminan Mutu Pendidikan, Studi Kasus dan Analisis Praktik Terbaik. Adapun produk dari mata kuliah ini menyusun buku Penjaminan Mutu dan Akreditasi Pendidikan. Pelaksanaan tatap muka menggunakan perpaduan ekspositori dan SCL yang dilengkapi dengan materi berbasis IT karena sudah ada di ecampus dan blog dosen pengampu. Tahap penguasaan mata kuliah melalui tugas individu, terstruktur, UTS dan UAS
1. Sikap
a) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
b) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
c) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
d) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
e) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
f) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
g) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
h) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
i) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan sesuai bidang keahliannya secara mandiri;
j) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
2. Pengetahuan
a) Menguasai dan menerapkan filsafat pendidikan dan teori manajemen pada lembaga pendidikan untuk menemukan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin sebagai landasan untuk melaksanakan penelitian.
b) Membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni baru dalam bidang manajemen pendidikan untuk menemukan karya kreatif, inovatif, original, dan teruji melalui penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
c) Mengembangkan literasi data, teknologi, dan manusia berbasis budaya sebagai kompetensi dasar untuk bersaing pada era revolusi industri 4.0.
3. Keterampilan Umum
a) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan memublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah terakreditasi tingkat nasional dan mendapatkan pengakuan internasional berbentuk presentasi ilmiah atau yang setara;
b) Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
c) Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
d) Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
e) Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
f) Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
g) Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
h) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
4. Keterampilan Khusus
a) Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni di bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidispliner
b) Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional.
c) Mampu menganalisis desain tata kelola lembaga pendidikan Islam untuk diterapkan di lembaga pendidikan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman;
d) Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara efektif dan berdaya guna untuk pelaksanaan tugas pengelola lembaga pendidikan;
e) Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pengelolaan lembaga pendidikan baik dengan teman sejawat maupun dengan masyarakat umum
f) Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi pengelolaan pendidikan secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan;
g) Mampu melakukan tindakan reflektif dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan lembaga pendidikan yang sesuai dengan baku mutu yang telah ditetapkan;
h) Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri dan kolektif melalui pengembangan diri dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kerangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan yang sejati
i) Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan;
j) Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;
k) Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan, yaitu: bidang kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan;
l) Mampu menulis karya ilmiah berupa buku, makalah, artikel dan opini dalam bidang pendidikan dan manajemen pendidikan yang memenuhi standar dan layak diterbitkan.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :16 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mengimplementasikan Standar dan Kriteria Akreditasi di lembaga pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | a. Pemahaman tentang standar akreditasi yang berlaku. b. Kriteria dan indikator penilaian dalam proses akreditasi c. Hubungan antara standar dan peningkatan mutu pendidikan. |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Anjelita, D., & Aliyyah, R. R. (2021). Akreditasi Sebagai Penjamin Mutu Pendidikan di Kota Palembang. July. waludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 12–21. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156 | |
| Catatan Ujian Diskusi :11 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :9 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :10 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: MPI102-Educational Quality Management (3 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Dr. Dian Widiantari, M.Ag., Ruang: Ruang Dosen, Hari: Jum'at, 14.00 s.d 16.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon