Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS) 3 KELAS D Neni Sumarni, M.MPd., Jum'at, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS) 3 KELAS D Neni Sumarni, M.MPd., Jum'at, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x3piaud7
Nama Matakuliah Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Neni Sumarni, M.MPd.
Peserta Perkuliahan 2022.4.10.1.01561 - RENIJAH,
2022.4.10.1.01562 - SRI RIZKI YULIATI,
2022.4.10.1.01563 - SOLEHA,
2022.4.10.1.01564 - DESY DWI LESTARI,
2022.4.10.1.01565 - ZULI SUGIARTI,
2022.4.10.1.01566 - LIANAWATI,
2022.4.10.1.01568 - RINA INDRIANI,
2022.4.10.1.01569 - ISAH,
2022.4.10.1.01570 - ROKANAH,
2022.4.10.1.01572 - ETI SETIAWATI,
2022.4.10.1.01573 - NURAENI,
2022.4.10.1.01574 - ROHAYATI,
2022.4.10.1.01575 - KAPSAH WINANDAH,
2022.4.10.1.01576 - SATINA,
2022.4.10.1.01577 - NYI RADEN MARIA KOSASIH,
2022.4.10.1.01578 - FAT ANIK WINARSIH,
2022.4.10.1.01579 - PUJAWATI,
2022.4.10.1.01582 - SISTIYANI,
2022.4.10.1.01583 - RENI SETIANINGSIH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata Kuliah Kognitid dan Pembelajaran PAUD merupakan mata kuliah yang mempelajari salah satu aspek terpenting dalam perkembangan anak yaitu mengenai kognitif anak dari usia 0 sampai 8 tahun. Dalam matakuliah ini akan dijabarkan teori mengenai perkembagan kognitif yang ditinjau dari berbagai suber literasi yang dapat diterapkab pada pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan media, stimulasi dan peniolaian yang tepat yang terintegrasi dan menitik beratkan kepada pengembangan kemampuan matematika sain permulaan. Matakuliah ini diselenggarakan secara Daring dan Luring dengan pendekatan Project-Based-Learning. Mahasiswa akan mengerjakan sebuah project yang bertujuan mencari gagasan project yang diberikan. Tiap Project dirancang untuk mengakomodasi bahan-bahan kajian yang diperlukan untuk mewujudkan capaian-capain pembelajaran yang ditentukn. Luaran dari matakuliah ini adalah profil perkembangan kognitif anak dan rancangan penelitian perkembangan Kogntif anak Usia Dini

3. Capaian / Kompetensi

Capaian /Kompetensi Matakuliah Kognitif dan Pembelajaran PAUD:
1. Mahssiswa mampu menganalisis perkembangan Kognitif anak usia dini dari berbgai kajian literatur antara lain barat, Indonesia, dan Islam secara menyeluruh sesuai tahapan perkembangan anak.
2. Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Kogntif anak sesuai usia dan tahapan perkembangan abak berdasarkan standar pencapaian perkembangan anak dengan mengintegrasikan pada kajian teori secara tepat.
3. Mahasiswa mampu mengaplisikan teori perkembangan kognitif anak dari berbagai kajian dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan sains pada anak usia dini, alat penilaian dan program stimulasi yang tepat.
4. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif permasalahan khas anak usia dini sesuai karakteristiknya dalam berbagai kajian literature

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan, kemampuan untuk memilah dan menjelaskan Kontrak Perkuliahan, Kriteria sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan
Bentuk non tes, penilaian berdasarkan keaktifan diskusi dalam Daring dn Luring maupun di
1. orientasi perkuliahan
2. Kontrak perkuliahan
Kuliah dengan tatap muka dan diskusi secara langsung

Belajara materi di Luring 2x 50 menit

Belajar mandiri dan Tugas terstruktur

Metode : Collaborative Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan Kontrak Perkuliahan Ketepatan menyebutkan menjelaskan kontrak perkuliahan dan lain sebagainya 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010
2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010
3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga
4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020
5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017
6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 tugas 1 Audio :1 Video :1
2 Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan untuk memilih, dan menganalisis Perkembangan Kogntif (Drfinisi, Konsep, Tujuan dan Manfaat dengan tepat) Ketepatan dalam menganalisis Perkembangan Kogntif,(Definisis, Konsep, Tujuan dan manfaat) Konsep Dasar Perkembangan Kogntif (Definisi, Konsep, Tujuan dan manfaat) Small Group discussions

Student fasilitator and explaining

Belajar materi di e campus)

Belajar mandiri dan tugas Terstruktur

Metode : Collaborrative Learning
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif Ketepatan menyebutkan perkembangn kogntif dan lain sebagainya 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tugas Individu 1 Audio :1 Video :1
3 Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan memilih dan menganalisis Perkembangan Kogntif dalam Literatur islam Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perkembangan Kogntif dalam Literatur Islam Perkembangan Kogntif dalam Literatur Islam (Imam Al-Ghazali, Al Baqarah 219 , Q.S Rum 54, Q.S Al-Mulk 23-24, Q.S An-Nahl:78) Kuliah onlinen dan diskusi melalui Zoom Metting, Gmeet dan forum diskusi di ecampus

Belajar materi di e campus 2x 50 menit
Belajar mandiri dan Tugas terstruktur
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif dalam literatur Islam Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya . Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian :1 Diskusi :7 Materi :1 Tugas MK3 Audio :1 Video :1
4 Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan,kemampuan kemampuan untuk memilah, dan menganalisis Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan.Aspek-aspek dan tahapan perkembangan Kogntif AUD Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan kogntif AUD Kuliah offline ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan aspek-aspek dan tahapan perkembangan kogntif AUD Ketepatan menyebutkan aspek-aspek dan tahapan perkembangan kogntif AUD dan lain sebagainya Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tugas MK 4 Audio :1 Video :1
5 Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelas, serta menganalisis Perkembangan kogntif AUD menurut STTPA anak Usia 0-6 tahun dengan tepat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Perkembangan Kogntif PAUD menurut STPPA anak usia 0-6 tahun dengan tepat Perkembangan Kogntif AUD menurut STTPA anak Usia 0-6 tahun Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif AUD menurut STPPA AUD 0-6 tahun Ketepatan menyebutkan STPPA AUD usia 0-6 tahun dan lain sebagainya Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :2 Tugas Individu MK 5 Audio :1 Video :1
6 Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelas serta menganalisis Teori Kogntif dalam Literatur Barat (Vygotsky, Piaget, Jerome Bruner, dan David Ausabel) dan implementasinya pada Pembelajaran AUD dengan tepat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang teori kognitif dalam literatur Barat Teori Kognitif dalam Literatur Barat (Vygotsky, Piaget, Jerome Bruner, David Ausabel) Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan tentang teori kogntif dalam literatur Barat Ketepatan menyebutkan teori kogntif dalam literatur Barat dan lain sebagainya Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :1 Tugas MK 6 Audio :1 Video :2
7 Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, menjelaskan, serta menganalisis Teori Kogntiif Bloom dan Implementasi dengan tepat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang teori kogntif Bloom dan Imolementasinya Teori Kogntif Bloom dan Implemntasinya pada Pembelajaran AUD Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan teori kogntif Bloom dan implemntasinya Ketepatan menyebutkan teori kogntif menurut Bloom dan Imolementasinya dan lain sebagainya Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian :1 Diskusi :4 Materi :1 Tugas Mk 7 Audio :1 Video :2
8 Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, menjelaskan, serta menganalisis Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD dengan tepat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan teori critical thinking dan creative Learning dalam pembelajaran AUD Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan. teori critical thinking Ketepatan menyebutkan teori critical thinking dan creative learning dan lain sebagainya
Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tugas MK8 Tugas individu pertemuan ke 8 Audio :1 Video :2
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. 132 Jawaban Dokter Untuk Perawatan & Perkembangan Bayi - dr. Fransiska Sri Susanti; Sp.A. - AnakKita-2013
  2. 35 Fakta Sains yang Diajarkan Nabi Muhammad saw - Indah Hanaco - Gramedia Pustaka Utama-2017
  3. 20 M Ragam Aktivitas Kreatif PAUD dan TK - Rini Fazriana - Laksana-
  4. 100 Panduan Membina Amalan yang Baik dalam Pendidikan Awal Kanak-kanak - None - ITBM-2012
  5. 100 soal jawab psikologi anak - ; ; ; - Buku Prima-2008
  6. 60 Permainan Kecerdasan Kinestik - ; - Grasindo-
  7. 101 KESALAHAN GURU DALAM PEMBELAJARAN - Erwin Widiasworo; S.Pd. - Araska Publisher-
  8. 101 Kesalahan dalam Mendidik Anak - Dewi Iriani;Tim Indscript - Elex Media Komputindo-2014
  9. 99 eksperimen sains untuk anak - Sri Winarti - -2018
  10. 1-2-3 magic : effective discipline for children 2–12 - Thomas W. Phelan - Source book-2022
  11. 1-2-3- MAGIC EFFECTIVE DISCIPLINE FOR CHILDERN 2-12 - thomas.w.phelan - resourchbooks-2016
  12. 105 Permainan untuk Meningkatkan Kecerdasan & Kreativitas Buah Hati - Christine Lerin - TransMedia-2009
  13. 838 ragam kreativitas anak - June Johnson - -1986
  14. 25 Metode Pembelajaran Asyik - Guru-guru SDIT Al Muhajirin Dotamana - Pemeral edukreatif-
  15. 5 Jam Lancar Membaca AlQuran for Kids - Drs. M. Ashim Yahya - QultumMedia-
  16. 62 REKAYASA GURU DALAM PEMBELAJARAN - Dr. H. Mohammad Holis; M.Si - Jakad Media Publishing-
  17. BERMAIN MATEMATIKA MENYENANGKAN UNTUK ANAK USIA DINI - - KEMENTRIAN PENDIDIKAN ri -2020
  18. BERMAIN SAINS MENYENANGKAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI - - kementrian Pendidikan RI-2020
  19. Belajar dan Bermain Berbasis Buku - Arleen Amidjaja - kemendikbud-2021
  20. administrasi paud - - -2022
  21. Bermain Sains - - -2022
  22. Bermain Sains - - -2022
  23. Bermain sains - - -2022






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud7-Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS D, Dosen : Neni Sumarni, M.MPd., Hari: Jum'at, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS