| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud7 |
| Nama Matakuliah | Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Neni Sumarni, M.MPd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01561 - RENIJAH, 2022.4.10.1.01562 - SRI RIZKI YULIATI, 2022.4.10.1.01563 - SOLEHA, 2022.4.10.1.01564 - DESY DWI LESTARI, 2022.4.10.1.01565 - ZULI SUGIARTI, 2022.4.10.1.01566 - LIANAWATI, 2022.4.10.1.01568 - RINA INDRIANI, 2022.4.10.1.01569 - ISAH, 2022.4.10.1.01570 - ROKANAH, 2022.4.10.1.01572 - ETI SETIAWATI, 2022.4.10.1.01573 - NURAENI, 2022.4.10.1.01574 - ROHAYATI, 2022.4.10.1.01575 - KAPSAH WINANDAH, 2022.4.10.1.01576 - SATINA, 2022.4.10.1.01577 - NYI RADEN MARIA KOSASIH, 2022.4.10.1.01578 - FAT ANIK WINARSIH, 2022.4.10.1.01579 - PUJAWATI, 2022.4.10.1.01582 - SISTIYANI, 2022.4.10.1.01583 - RENI SETIANINGSIH |
Mata Kuliah Kognitid dan Pembelajaran PAUD merupakan mata kuliah yang mempelajari salah satu aspek terpenting dalam perkembangan anak yaitu mengenai kognitif anak dari usia 0 sampai 8 tahun. Dalam matakuliah ini akan dijabarkan teori mengenai perkembagan kognitif yang ditinjau dari berbagai suber literasi yang dapat diterapkab pada pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan media, stimulasi dan peniolaian yang tepat yang terintegrasi dan menitik beratkan kepada pengembangan kemampuan matematika sain permulaan. Matakuliah ini diselenggarakan secara Daring dan Luring dengan pendekatan Project-Based-Learning. Mahasiswa akan mengerjakan sebuah project yang bertujuan mencari gagasan project yang diberikan. Tiap Project dirancang untuk mengakomodasi bahan-bahan kajian yang diperlukan untuk mewujudkan capaian-capain pembelajaran yang ditentukn. Luaran dari matakuliah ini adalah profil perkembangan kognitif anak dan rancangan penelitian perkembangan Kogntif anak Usia Dini
Capaian /Kompetensi Matakuliah Kognitif dan Pembelajaran PAUD:
1. Mahssiswa mampu menganalisis perkembangan Kognitif anak usia dini dari berbgai kajian literatur antara lain barat, Indonesia, dan Islam secara menyeluruh sesuai tahapan perkembangan anak.
2. Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Kogntif anak sesuai usia dan tahapan perkembangan abak berdasarkan standar pencapaian perkembangan anak dengan mengintegrasikan pada kajian teori secara tepat.
3. Mahasiswa mampu mengaplisikan teori perkembangan kognitif anak dari berbagai kajian dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan sains pada anak usia dini, alat penilaian dan program stimulasi yang tepat.
4. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif permasalahan khas anak usia dini sesuai karakteristiknya dalam berbagai kajian literature
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan, kemampuan untuk memilah dan menjelaskan Kontrak Perkuliahan, | Kriteria sikap, penguasaan pengetahuan dan keterampilan Bentuk non tes, penilaian berdasarkan keaktifan diskusi dalam Daring dn Luring maupun di |
1. orientasi perkuliahan 2. Kontrak perkuliahan |
Kuliah dengan tatap muka dan diskusi secara langsung Belajara materi di Luring 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur Metode : Collaborative Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Kontrak Perkuliahan Ketepatan menyebutkan menjelaskan kontrak perkuliahan dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 tugas 1 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 2 | Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan untuk memilih, dan menganalisis Perkembangan Kogntif (Drfinisi, Konsep, Tujuan dan Manfaat dengan tepat) | Ketepatan dalam menganalisis Perkembangan Kogntif,(Definisis, Konsep, Tujuan dan manfaat) | Konsep Dasar Perkembangan Kogntif (Definisi, Konsep, Tujuan dan manfaat) | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif Ketepatan menyebutkan perkembangn kogntif dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tugas Individu 1 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan memilih dan menganalisis Perkembangan Kogntif dalam Literatur islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan perkembangan Kogntif dalam Literatur Islam | Perkembangan Kogntif dalam Literatur Islam (Imam Al-Ghazali, Al Baqarah 219 , Q.S Rum 54, Q.S Al-Mulk 23-24, Q.S An-Nahl:78) | Kuliah onlinen dan diskusi melalui Zoom Metting, Gmeet dan forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif dalam literatur Islam Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | . Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :7 Materi :1 Tugas MK3 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan,kemampuan kemampuan untuk memilah, dan menganalisis Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan.Aspek-aspek dan tahapan perkembangan Kogntif AUD | Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan kogntif AUD | Kuliah offline ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan aspek-aspek dan tahapan perkembangan kogntif AUD Ketepatan menyebutkan aspek-aspek dan tahapan perkembangan kogntif AUD dan lain sebagainya | Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tugas MK 4 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelas, serta menganalisis Perkembangan kogntif AUD menurut STTPA anak Usia 0-6 tahun dengan tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang Perkembangan Kogntif PAUD menurut STPPA anak usia 0-6 tahun dengan tepat | Perkembangan Kogntif AUD menurut STTPA anak Usia 0-6 tahun | Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif AUD menurut STPPA AUD 0-6 tahun Ketepatan menyebutkan STPPA AUD usia 0-6 tahun dan lain sebagainya | Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :2 Tugas Individu MK 5 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelas serta menganalisis Teori Kogntif dalam Literatur Barat (Vygotsky, Piaget, Jerome Bruner, dan David Ausabel) dan implementasinya pada Pembelajaran AUD dengan tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang teori kognitif dalam literatur Barat | Teori Kognitif dalam Literatur Barat (Vygotsky, Piaget, Jerome Bruner, David Ausabel) | Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang teori kogntif dalam literatur Barat Ketepatan menyebutkan teori kogntif dalam literatur Barat dan lain sebagainya | Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :3 Materi :1 Tugas MK 6 Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, menjelaskan, serta menganalisis Teori Kogntiif Bloom dan Implementasi dengan tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang teori kogntif Bloom dan Imolementasinya | Teori Kogntif Bloom dan Implemntasinya pada Pembelajaran AUD | Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan teori kogntif Bloom dan implemntasinya Ketepatan menyebutkan teori kogntif menurut Bloom dan Imolementasinya dan lain sebagainya | Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :4 Materi :1 Tugas Mk 7 Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, menjelaskan, serta menganalisis Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD dengan tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan teori critical thinking dan creative Learning dalam pembelajaran AUD | Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD | Kuliah offline/online ,diskusi melalui forum diskusi kelompok forum diskusi di ecampus Belajar materi di e campus 2x 50 menit Belajar mandiri dan Tugas terstruktur | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan. teori critical thinking Ketepatan menyebutkan teori critical thinking dan creative learning dan lain sebagainya | Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tugas MK8 Tugas individu pertemuan ke 8 Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud7-Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS D, Dosen : Neni Sumarni, M.MPd., Hari: Jum'at, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon