Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS) 3 KELAS C Hj. Mamah R, M.Pd., Jum'at, 13.00 s.d 14.15

Publikasi Unusia

Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS) 3 KELAS C Hj. Mamah R, M.Pd., Jum'at, 13.00 s.d 14.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x3piaud7
Nama Matakuliah Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education
Semester 3
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Hj. Mamah R, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 2022.4.10.1.01467 - AINUN ZAHWA,
2022.4.10.1.01468 - AKTUALIKA PARADIGMA MUHAMMAD,
2022.4.10.1.01472 - ANI SUPRATINI,
2022.4.10.1.01473 - ANNISA NUR BADRIAH,
2022.4.10.1.01474 - ARIEF MULYANA,
2022.4.10.1.01477 - AYU MIFTAHUL JANAH,
2022.4.10.1.01478 - BAYINAH,
2022.4.10.1.01480 - BHULAN PHUSVITA,
2022.4.10.1.01484 - DEWI SANGGANI AMBARWATI,
2022.4.10.1.01485 - DEWI AYU MAHMUDA,
2022.4.10.1.01488 - ENDANG SUPRIYATIN,
2022.4.10.1.01489 - ENI NURAENI,
2022.4.10.1.01493 - GITA MELINA,
2022.4.10.1.01495 - HALIMATUSSA'DIYAH,
2022.4.10.1.01496 - HILDA NUR AULIA,
2022.4.10.1.01498 - IDA ROYANI,
2022.4.10.1.01507 - KORIAH,
2022.4.10.1.01510 - LILI AMALIAH,
2022.4.10.1.01511 - LILIS INDRIANI,
2022.4.10.1.01515 - MUALIFAH,
2022.4.10.1.01517 - NANDITA SALMA AWWALIN,
2022.4.10.1.01518 - NIA KURNIA NINGSIH,
2022.4.10.1.01519 - NIKA AMALIA,
2022.4.10.1.01520 - NOVIYANTI,
2022.4.10.1.01523 - NUR SOBAH,
2022.4.10.1.01526 - NURMAYA SARI,
2022.4.10.1.01527 - NURSYFA PUTRI AZ ZAHRA,
2022.4.10.1.01528 - PARHATU SOLIHAH,
2022.4.10.1.01529 - RATNAWATI,
2022.4.10.1.01530 - RIANITA,
2022.4.10.1.01531 - RIFA DWI AYUNI AZZAHRA,
2022.4.10.1.01532 - RINA WAHYU CAHYA NINGSIH,
2022.4.10.1.01534 - ROHMATUL FATIMAH,
2022.4.10.1.01539 - SINTA DEWI ARDIYANI,
2022.4.10.1.01547 - SRI KOMALASARI,
2022.4.10.1.01551 - SYMA DUTA FAUZIAH,
2022.4.10.1.01555 - YUYUN YUNENGSIH,
2022.4.10.1.01556 - ZAKIYAH,
2022.4.10.1.01557 - ZUSLINA CANDRA PUTRI,
2022.4.10.1.01559 - NURAENI

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah Kogntif dan Pembelajaran PAUD ini merupakan matakuliah yang mempelajari salah satu aspek penting dalam perkembangan anak yaitu mengenai Kognitif anak dari usia 0 sampai 8 tahun dan kegiatan pembelajarannya. Dalam matakuliah ini akan dijebarkan teori mengenai perkembangan kognitif yang ditinjau dari berbagai sumber literasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan media, stimulasi dan penilaian yang tepat yang terintegrasi dan menitikberatkan kepada pengembangan kemampuan matematika sains permulaan. Mata kuliah ini diselenggarakan secara Daring dan Luring dengan pendapatan berbasis project-based-learning. Mahasiswa akan mengerjakan sebuah project yang bertujuan mencari gagasan project yang diberikan. Tiap project dirancang untuk mengakomodasi bahan-bahan kajian yang diperlukan untuk mewujudkan capaian-capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Luaran dari matakuliah ini adalah media untuk mengembangkan kognitif anak berbasis digital.

3. Capaian / Kompetensi

1.Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan kognitif anak usia dini dari berbagai kajian Literatur antara lain Barat, Indonesia, dan Islam secara menyeluruh sesuai tahapan perkembangan anak.
2.Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Kogntif anak sesuai dan tahapan perkembangan anak berdasarkan standar pencapaian perkembangan anak dengan mengintegrasikan pada kajian teori secara tepat
3.Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori perkembangan kognitif anak dari berbagai kajian dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan sains pada anak usia dini degan media, alat penilaian dan program stimulasi yang tepat
4. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif permasalahan khas anak usia dini sesuai karakteristiknya dalam berbagai kajian literatur

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa dapat memahami dan menganalisis konsep perkembangan kognitif AUD. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pengertian, fungsi, manfaat, dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif AUD. Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis perkembangan kognitif anak berdasarkan literatur Islam. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu memahamai dan menganalisis tahap perkembangan kognitif anak. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis Sandar tingkat pencapaian perkembangan kognitif anak usia dini. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... STTPA Kognitif anak usia 0-6 Tahun. Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi :6 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis pembelajaran berbasis STEAM pada AUD. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
13 Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis tahapan dalam membangun kemampuan literasi pada fase pondasi. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis tahapan dalam membangun kemampuan literasi pada fase pondasi. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Tahapan numerasi fase pondasi, lingkup numerasi serta numerasi lintas kurikulum Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menganalisis program stimulasi pengembangan kognitif anak. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Perencanaan, penerapan dan evaluasi stimulasi pengemabngan kognitif anak. Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Lakukanlah observasi program s... Audio Video
16 Mahasiswa mampu membuat media berbasis digital dalam mengembangkan kognitif anak. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI (Teori dan Praktik) - Salma Rozana; S.Pd ; M.Pd; Dwi Septi Anjas Wulan; S.Pd.; M.Pd; Rini Hayati; S.Pd ; M.Pd - EDU PUBLISHER-2020
  2. PENGEMBANGAN KOGNITIF (SAINS PADA ANAK USIA DINI) - Evania Yafie; S. Pd.; M.Pd; Drs. I Wayan Sutama; M.Pd - UNIVERSITAS NEGERI MALANG-
  3. MODEL PEMBELAJARAN KOGNITIF UNTUK KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA - Siddin; Hamzah; Ismail Suardi Wekke - Penerbit Adab-2021
  4. PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI - Dr. H. khadijah - perdana publishing-2022
  5. Perkembangan kognitif anak usia dini - Khadijah; Nurul Amelia - kencana-2022
  6. Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini - Ari Kusuma Sulyandari - GUEPEDIA-
  7. Aplikasi Kognitif Dalam Pendidikan - None - PTS Professional-2005
  8. BERMAIN MATEMATIKA MENYENANGKAN UNTUK ANAK USIA DINI - - KEMENTRIAN PENDIDIKAN ri -2020
  9. BERMAIN SAINS MENYENANGKAN DI RUMAH UNTUK ANAK USIA DINI - - kementrian Pendidikan RI-2020
  10. Belajar dan Bermain Berbasis Buku - Arleen Amidjaja - kemendikbud-2021
  11. administrasi paud - - -2022
  12. Bermain Sains - - -2022
  13. Bermain Sains - - -2022
  14. Bermain sains - - -2022






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud7-Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS C, Dosen : Hj. Mamah R, M.Pd., Hari: Jum'at, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS