Analisis Kurikulum PAI / Analysis of Islamic Religious Education Curriculum (2 SKS) 5 KELAS D Saehu Abas, M.Pd, Kamis, 16.00 s.d 17.15

Publikasi Unusia

Analisis Kurikulum PAI / Analysis of Islamic Religious Education Curriculum (2 SKS) 5 KELAS D Saehu Abas, M.Pd, Kamis, 16.00 s.d 17.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x5pai1
Nama Matakuliah Analisis Kurikulum PAI / Analysis of Islamic Religious Education Curriculum
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Saehu Abas, M.Pd
Peserta Perkuliahan 2021.1.24.1.03057 - AMALIA RACHMAWATI,
2021.1.24.1.03058 - AYUNDA ROSIDATUN NISSA,
2021.1.24.1.03060 - CICI NOR LAILA,
2021.1.24.1.03061 - FADHILATUL ULYA,
2021.1.24.1.03062 - FATHUR ROHMAN,
2021.1.24.1.03063 - INA MASTURO,
2021.1.24.1.03064 - IZZA GHUFROH QODRIYYAH,
2021.1.24.1.03066 - KAFIL AUFAL MAROM AHMAD,
2021.1.24.1.03067 - KHOLIFATUN NISA',
2021.1.24.1.03068 - MUH HUSNUN NADIF,
2021.1.24.1.03070 - MULIDA QURROTU AININA,
2021.1.24.1.03071 - NUR AINI INAYATUN,
2021.1.24.1.03072 - SHIHA ARUMATIN NAJIHA,
2021.1.24.1.03075 - ZAKIYYATUNNI'MAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah “Analisis Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI)” merupakan ruang kajian untuk melibatkan pemahaman mendalam tentang struktur, konten, tujuan, metode pengajaran, dan evaluasi dalam program pendidikan agama Islam, baik struktur konten pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, SKI, baik pada jenjang Tingkat Dasar, Menengah maupun Atas. Analisa ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kurikulum PAI, serta merumuskan rekomendasi perbaikan yang mungkin diperlukan. Mata kuliah ini menjadi penting, sebab dengan menganalisis kurikulum PAI, mahasiswa dapat memahami struktur kurikulum PAI secara baik dan mendalam, sehingga dapat memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan efektif di masa depan. Pendapat dan masukan mereka sebagai pemangku kepentingan utama dapat membantu perbaikan kontinu dalam pendekatan pembelajaran;

3. Capaian / Kompetensi

1). Memiliki kemampuan dalam memahami konsep dasar kurikulum, termasuk tujuan kurikulum, komponen kurikulum, prinsip kurikulum, dan pendekatan dalam merancang dan mengembangkan kurikulum;
2). Memiliki kemampuan dalam menganalisis panduan dan kebijakan kurikulum PAI, baik kurikulum nasional maupun kurikulum sekolah, baik pada jenjang pendidikan tingkat dasar, menengah maupun atas;
3). Memiliki keterampilan dalam merancang kurikulum PAI yang sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan agama Islam, kebutuhan siswa, dan tuntutan zaman, serta terampil dalam melaksanakan kurikulum PAI pada jenjang pendidikan tingkat dasar, menengah maupun atas;

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Introduction, Overview Materi; Pengantar Perkuliahan Analisis Kurikulum PAI, Ruang Lingkup Kajian, dan Tujuan Kajian, serta Urgensi Kajian Analisis Kurikulum PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Persamaan Persepsi dan Kemufakatan Kontrak Perkuliahan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya John P. Miler & Wayne Seller, Curriculum Perspective and Practice
Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
2 Struktur dan Orientasi Kurikulum Kurtilas serta Kurikulum Merdeka Belajar PAI Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Hasanuddin, Perencanaan Pembelajaran: Kurikulum Merdeka Belajar
Catatan Ujian Diskusi :6 Materi :2 Sudut Pandang (Kajian Analisis... Audio Video
3 Analisis Kurikulum PAI (Al-Qur’an Hadits) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Al-Qur’an Hadits
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
4 Analisis Kurikulum PAI (Fiqih) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Proyek mind mapping (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Fiqih
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Analisis Kurikulum PAI (Akidah Akhlak) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Akidah Akhlak
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Analisis Kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku TP, ATP dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Sejarah Kebudayaan Islam
Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Analisis Kurikulum PAI (Al-Qur’an Hadits) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku Ajar Al-Qur’an Hadits Kurikulum 2013
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Analisis Kurikulum PAI (Fiqih) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Review video pembelajaran (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku Ajar Fiqih Kurikulum 2013
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Analisis Kurikulum PAI (Akidah Akhlak) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku Ajar Akidah Akhlak Kurikulum 2013
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Activities Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan Megerjakan UTS (Sinkron virtual: daring online e-campus)
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Analisis Kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) Tingkat Madrasah Tsanawiyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kementerian Agama RI; Buku Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Kurikulum 2013
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Analisis Kurikulum PAI (Al-Qur’an Hadits) Tingkat Madrasah Aliyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Review jurnal ilmiah (Sinkron virtual: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Analisis Kurikulum PAI (Fiqih) Tingkat Madrasah Aliyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron learning: luring interactive learning), serta Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Rahmat, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Analisis Kurikulum PAI (Akidah Akhlak) Tingkat Madrasah Aliyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Presentasi dan group discution (Sinkron video conference: daring online e-campus), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Quizzez On E-Campus (Asinkron virtual- independen) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Analisis Kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) Tingkat Madrasah Aliyah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Proyek jurnal ilmiah (Sinkron learning: luring interactive learning), Chat reguler (Sinkron virtual: daring online e-campus), dan Bimbingan terstruktur (Sinkron learning: luring interactive learning/daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Muslikh, Pendidikan Islam di Era Merdeka Belajar Perspektif Pemikiran Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 16 : UAS Activities Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus) Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan Mengerjakan UAS (Sinkron virtual: daring online e-campus)
Catatan Ujian Diskusi Materi Review Jurnal Internasional Te... Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu - Dr. Andi Prastowo; S.Pd.I.; M.Pd.I. - Prenada Media-2019
  2. PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam Indonesia Era 4.0 - Dr. Rahmat; M.Pd.I - Literasi Nusantara-2019
  3. Analisis Pengelolaan Dan Kebijakan Pendidikan/Pembelajaran - Yunhendri Danhas - Deepublish-2021
  4. Integrasi Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013 - Atikah Mumpuni - Deepublish-2018
  5. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ; TEORI DAN PRAKTIKNYA DI INDONESIA - DR. H. Masduki Duryat; M.Pd.I. - Penerbit K-Media-
  6. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ; PROBLEM DAN SOLUSINYA UNTUK MEMAHAMI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA - DR. H. Masduki Duryat; M.Pd.I. - Penerbit K-Media-
  7. ANALISIS PEDAGOGIS TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI ERA 4.0 - Meri Andaria; dkk - Penerbit Lakeisha-2021
  8. Pendidikan Karakter Kurikulum 13; dalam Analisis Filosofis - Prof. Dr. Warul Walidin AK.; MA. ; Dr. Mawardi Hasan; M.Ed. - Ar-Raniry Press-2020
  9. Studi Kritik Pendidikan Kontemporer - Herman H.; S.Pd.I.; M.Pd. - CV. Bintang Semesta Media-2023
  10. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: Teori & Praktek - Dr. Mohamad Miftah; M.Pd - Publica Institute Jakarta-






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai1-Analisis Kurikulum PAI / Analysis of Islamic Religious Education Curriculum (2 SKS), Semester: 5 KELAS D, Dosen : Saehu Abas, M.Pd, Hari: Kamis, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS