EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI AL-AKBAR DESA SINARANCANG, KECAMATAN M UNDU, KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI AL-AKBAR DESA SINARANCANG, KECAMATAN M UNDU, KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI AL-AKBAR DESA SINARANCANG, KECAMATAN M UNDU, KABUPATEN CIREBON
Penulis: SITI MASYANAH
Abstrak: ABSTRAK SITI MASYANAH NIM : 2014.2.2.00107, “EFEKTIFITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V MI SINARANCANG, MUNDU, CIREBON” Skripsi ini membahas efektivitas metode Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Al-Akbar Sinarancang, Mundu, Cirebon. Kajian ini dilatarbelakangi oleh metode Konvensional yang diterapakan dalam proses belajar mengajar, sehingga siswa merasa cepat bosan dan kurang termotivasi, hal ini dapat dilihat dengan kondisi kelas yang kurang kondusif karena peserta didik tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan materi pembelajaran IPS, siswa menjadi sulit memahami tentang mengenal jenis -jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Role Playing dan setelah menggunakan metode Role Playing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, jenis metode eksperimen yang digunakan adalah true eksperimental design dengan desain one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas V di MI Al-Akbar Sinarancang terdiri dari 10 siswa dan 8 siswi. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program komputer Microsoft Exel dan Software SPSS versi 16.1 for windows. Yaitu dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas serta uji t test. Hasil dari perhitungan statistik dengan uji t test thitung = 8.169 > ttabel = 2.101 dengan df=54 pada taraf signifikan 0.05 ini berarti adanya perbedaan yang signifikan. Maka dilakukan uji hipotesis satu pihak dengan cara dibagi 2 sehingga 0.000/2=0.000 karena nilai probabilitasnya lebih kecil maka H0 ditolak atau berati hasil belajar dengan metode Role Playing lebih tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa hasil rata-rata belajar IPS sebelum menggunakan metode role playing adalah 59,72. Sedangkan hasil rata-rata belajar kelas setelah menggunakan metode role playing adalah 76,11. Dengan demikian hasil belajar sebelum menggunakan metode role playing dan sebelum menggunakan metode role playing terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan metode role playing dan sesudah menggunakan metode role playing. Dalam penelitian ini metode role playing sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan hasil belajar yang diharapkan. Metode role playing juga sangat memotivasi siswa untuk semangat dalam belajar.
Deskripsi: Kata Kunci : Kata kunci :Efektivas Metode Role Playing, Hasil Belajar Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/355
Tanggal: 2019-04-29


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273866703_0.1 COVER - Copy.docx 100.6Kb application/octet-stream Lihat / Buka Cover Skripsi/Thesis EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MI AL-AKBAR DESA SINARANCANG, KECAMATAN M UNDU, KABUPATEN CIREBON

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya