| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud5 |
| Nama Matakuliah | Fiqh Hadlonah |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. H. Sahrudin, M.Pd.I |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01469 - ALISA QOTRUNNADA, 2022.4.10.1.01475 - ASMANINGSIH, 2022.4.10.1.01476 - ASROPI, 2022.4.10.1.01490 - ERNAWATI, 2022.4.10.1.01497 - HINDUN SYARIFAH, 2022.4.10.1.01508 - KOSIA, 2022.4.10.1.01513 - MARIPAH, 2022.4.10.1.01514 - MIMIN MUTHOHAROH, 2022.4.10.1.01516 - MUSPIYAWATI, 2022.4.10.1.01541 - SITI KHOTIJAH, 2022.4.10.1.01542 - SITI MARYAM, 2022.4.10.1.01548 - SRI MAESAROH, 23S1PIAUD0006 - LITA LIANTI |
Kasus broken home (Perceraian) dan pelanggaran terhadap hak asuh anak, akhir-akhir ini semakin meningkat. Dampak buruk dari kedua kasus di atas adalah keterancaman generasi ke depan, karena anak tidak terdidik dan terasuh dengan baik oleh keluarga. Prodi PIAUD yang konsen terhadap dunia ank, perlu mengambil sikap dalam mengantisipasi buruknya masa depan ini, dengan memperkokoh peran dan fungsi keluarga sebagi pelindungd an pengasuh anak, serta memberikan edukasi bagi masyarakat terkait upaya-upaya pemenuhan hak didik dan hak asuh anak.
Mata kuliah Hadlonah, merupakan salah satu mata kuliah yang mengkaji soal pemenuhan hak didik dan pengasuhan anak dari orang tua atau wali, dari sudut pandang yurisfundensi/ hukum islam. Melalui kajian fiqih hadlonah ini, diharpkan mahasiswa memiliki pemahaman dan kemampaun untuk menerapkan fiqih hadlonah di keluarganya serta memberikan edukasi untuk masyarakat terkait pemenuhan hak asuh dan didik anak di lingkungan keluarga dan masyarakat.
Setelah menyelesaikan perkuliahan Fiqih Hadlonah, diharapkan mahasiswa:
1. Memiliki pengetahuan terkait dengan hakikat anak, urgensi dan dasar-dasar hukum (isalm dan positif) pengasuhan, hak dan kewajiban anak dan oang tua, tata cara pengasuhan, serta identifikasi pelangagran hak anak dan penangannya baik di keluarga maupun di masyarakat;
2. Memiliki keterampilan / kecakapan untuk mempraktekan pendidikan dan pengasuhan anak yang baik dalam konteks keluarga, lembaga formal maupun gerakan sosial;
3. Memiliki sikap tanggung jawab, kasih saying, ulet, rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap nasib anak baik di kelaurga maupun di masyarakat;
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Pembahasan tentang Fiqih Pengasuhan (Fiqih Hadlonah) dan penguatan profesi Ke-PAUD-an | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | Hakikat Anak dalam dalam Tinjauan Alquran dan relevansinya dengan fiqih pengasuhan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Dasar teologis (al-Quran), filosofis dan syariah tentang Fiqih pengasuhan anak (hadlonah) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Standarisasi Pengasuh dalam tijauan hukum islam dan hukum fositif | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Upah / Gaji Bagi yang mengasuh Anak (hadlonah) dalam tinjauan hukum islam dan positif; | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Trend Broken home di era digital dan pandemi dan cara penangannya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Pengaruh tingkat usia perkawinan, pendidikan, ekonomi dan agama orang tua terhadap model dan pemenuhan layanan pendidikan anak di keluarga | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Pengaruh profesi dan karir orang tua terhadap pemeuhan hak asuh anak di lingkungan kelaurga | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 9 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | Pembahasan tentang Bentuk-bentuk Pelanggaran pengasuhan Anak dalam keluarga dan penanganannya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UU Perlindungan anak | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 11 | Pembahasan tentang ... | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Pembahasan tentang ... | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Pembahasan tentang ... | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Pembahasan tentang ... | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Pembahasan tentang ... | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud5-Fiqh Hadlonah (2 SKS), Semester: 3 KELAS B, Dosen : Dr. H. Sahrudin, M.Pd.I, Hari: Kamis, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon