| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai7 |
| Nama Matakuliah | Bimbingan Karir dan Konseling Islam / Islamic Career Guidance and Counseling |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Nakhma'ussolikhah,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.03057 - AMALIA RACHMAWATI, 2021.1.24.1.03058 - AYUNDA ROSIDATUN NISSA, 2021.1.24.1.03060 - CICI NOR LAILA, 2021.1.24.1.03061 - FADHILATUL ULYA, 2021.1.24.1.03062 - FATHUR ROHMAN, 2021.1.24.1.03063 - INA MASTURO, 2021.1.24.1.03064 - IZZA GHUFROH QODRIYYAH, 2021.1.24.1.03066 - KAFIL AUFAL MAROM AHMAD, 2021.1.24.1.03067 - KHOLIFATUN NISA', 2021.1.24.1.03068 - MUH HUSNUN NADIF, 2021.1.24.1.03070 - MULIDA QURROTU AININA, 2021.1.24.1.03071 - NUR AINI INAYATUN, 2021.1.24.1.03072 - SHIHA ARUMATIN NAJIHA, 2021.1.24.1.03075 - ZAKIYYATUNNI'MAH |
Mata kuliah ini meliputi kajian tentang ruang lingkup bimbingan dan konseling berdasarkan teori barat ,serta implementasi perencanaan program kerja bimbingan dan konseling berdasarkan need asesement melalui instrument yang telah dipelajari dan dilengkapi dengan satuan layanan bimbingan dan konseling untuk mengetahui potensi dan tahap perkembangan emosi, sikap peserta didik di sekolah.
Menguasai konsep dasar kependdidikan yang mencakup perkembangan peserta didik, teori belajar dan pembelajaran hakikat BK dan pola iker ilmiah
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa dapat memahami kesepakatan Orientasi dan Kontrak kuliah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Orientasi dan Kontrak kuliah | RPS , Silabus | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Ketepatan menyebutkan. RPS dan lain sebagainya | RPS , Silabus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa dapat memahami Ruang Lingkup BK (Sejarah perkembangan di Amerika) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ruang Lingkup BK (Sejarah perkembangan di Amerika) | Ruang Lingkup BK (Sejarah perkembangan di Amerika) | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Ruang Lingkup BK (Sejarah perkembangan di Amerika)Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Winkel. 2007. Bimbingan dan Konseling di institut pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi. |
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Resume video BK part 2 di chan... Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa dapat memahami Fungsi BK dan Sejarah perkembangan di Indonesia | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Fungsi BK dan Sejarah perkembangan di Indonesia | Fungsi BK dan Sejarah perkembangan di Indonesia | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan. Mahasiswa dapat memahami Fungsi BK dan Sejarah perkembangan di Indonesia Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Resume video di lampiran parad... Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa dapat memahami Tujuan BK di sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Tujuan BK di sekolah | Tujuan BK di sekolah | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa dapat memahami Prinsip Layanan BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Prinsip Layanan BK | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :17 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa dapat memahami Ragam bidang bimbingan konseling (4 bidang) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Ragam bidang bimbingan konseling (4 bidang) | Ragam bidang bimbingan konseling (4 bidang) | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Ragam bidang bimbingan konseling (4 bidang) Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Resume 4 bidang layanan BK ber... Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa dapat memahami Ragam layanan Bimbingan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Ragam layanan Bimbingan | Mahasiswa dapat memahami Ragam layanan Bimbingan | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa dapat memahami Model layanan konseling | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Model layanan konseling | Model layanan konseling | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Resume Konseling berbasis Agam... Audio Video :1 | ||||||||
| 9 | Mahasiswa dapat memahami . Pendekatan preventif BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan pendekatan prventif BK | Pendekatan preventif BK | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | PTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa dapat memahami Instrumen BK (ATP) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Instrumen BK (ATP) | Instrumen BK (ATP) | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 12 | Mahasiswa dapat memahami Media layanan BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa dapat memahami Media layanan BK | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa dapat memahami Program Layanan BK | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa dapat memahami Program Layanan BK | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 14 | Mahasiswa dapat memahami layanan konseling integral | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahasiswa dapat memahami layanan konseling integral | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 15 | Mahasiswa dapat memahami pendekatan konseling islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | pendekatan konseling islam | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 16 | Mahasiswa dapat memahami pendekatan psikoanalisis | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | pendekatan psikoanalisis | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 17 | Mahasiswa dapat memahami pendekatan Humanistik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | pendekatan Humanistik | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 18 | Mahasiswa dapat memahami pendekatan Behavioristik | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | pendekatan Behavioristik | Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Youtube | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai7-Bimbingan Karir dan Konseling Islam / Islamic Career Guidance and Counseling (2 SKS), Semester: 5 KELAS D, Dosen : Nakhma'ussolikhah,M.Pd., Hari: Kamis, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon