efektivitas penggunaan benda-benda konkret terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di Ra raudhatus Salam desa kaliwulu kecamatan plered kabupaten cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
efektivitas penggunaan benda-benda konkret terhadap kemampuan membilang anak kelompok A di Ra raudhatus Salam desa kaliwulu kecamatan plered kabupaten cirebon |
Penulis:
|
NAFSIYAH
|
Abstrak:
|
ABSTRAK NAFSIYAH. NIM. 2014.3.2.00168. EFEKTIFITAS PENGGUNAAN BENDA-BENDA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MEMBILANG ANAK KELOMPOK A DI RA RAUDHATUSSALAM KECAMATAN PLERED KABUPATEN CIREBON Penelitian ini membahas “Efektifitas Penggunaan Benda-Benda Konkret Terhadap Kemampuan Membilang Anak Kelompok A Di RA Raudhatussalam Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pentingnya stimulasi mengenal angka bagi anak untuk kemampuannya dalam kehidupan sosialisasi dan juga persiapan bagi anak dalam melakukan kegiatan di usia berikutnya yang berhubungan dengan kemampuan membilang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas benda-benda konkret dalam meningkatkan kemampuan membilang anak kelompok A di RA Raudhatussalam Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif One Group Pretest Postest Design dengan menggunakan test sebagai alat pengumpul data tentang efektifitas menggunakan benda-benda Kongkret (X). Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Data hasil penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskiptif data sebelum dan sesudah perlakuan dengan menggunakan tabel konversi persentase untuk menentukan tingkat kemampuan membilang. Kemudian tabulasi data hasil penelitian diolah dengan melakukan analisis statistik inferensial yaitu Uji Beda rerata dengan rumus Uji t untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitian. Selanjutnya, hasil dari penghitungan statistik dengan Uji t didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan kemampuan membilang sebelum dan sesudah perlakuan dengan benda-benda konkret. Pada hasil pretest membilang anak hanya 37,08% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Kurang Sekali , dan pada hasil postest kemampuan membilang anak 83,33% atau berada pada tabel klasifikasi persentase Sangat Baik. Kemampuan membilang sebelum dan sesudah juga berbeda signifikan, ini ditunjukkan oleh thitung (6,93) e (2,09) ttabel, dengan taraf signifikansi 5% yang berarti pernyataan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan benda-benda konkret dalam meningkatkan kemampuan membilang sangat signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar ditingkat PAUD untuk menstimulasi aspek perkembangan anak terutamanya perkembangan dalam kognitif. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
penggunaan benda-benda konkret, kemampuan membilang, efektivitas.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=31Hv4XzSdQOQ94QRupYTomlf%2FGMDypAgMxpkGdwBsk7yRxPCE43%2Fx%2FAzb2l4qEOUvsvngyLMyXaxh8MtXdb31rWzVw7TO35rEsFUUlI1t0k%2BokreGW4rbLRhWdnTZIuMDi5K7xupYCW3kFdTs2fQvYIEcJ3Q%2Fe4grQWHWY56ysw%3D
|
Tanggal:
|
2019-04-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap