Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School (2 SKS) 5 KELAS D Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Kamis, 09.15 s.d 10.30

Publikasi Unusia

Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School (2 SKS) 5 KELAS D Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Kamis, 09.15 s.d 10.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Kode Matakuliah x5pai4
Nama Matakuliah Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Drs.SOMANTRI,M.Pd.I.
Peserta Perkuliahan 2021.1.24.1.03057 - AMALIA RACHMAWATI,
2021.1.24.1.03058 - AYUNDA ROSIDATUN NISSA,
2021.1.24.1.03060 - CICI NOR LAILA,
2021.1.24.1.03061 - FADHILATUL ULYA,
2021.1.24.1.03062 - FATHUR ROHMAN,
2021.1.24.1.03063 - INA MASTURO,
2021.1.24.1.03064 - IZZA GHUFROH QODRIYYAH,
2021.1.24.1.03066 - KAFIL AUFAL MAROM AHMAD,
2021.1.24.1.03067 - KHOLIFATUN NISA',
2021.1.24.1.03068 - MUH HUSNUN NADIF,
2021.1.24.1.03070 - MULIDA QURROTU AININA,
2021.1.24.1.03071 - NUR AINI INAYATUN,
2021.1.24.1.03072 - SHIHA ARUMATIN NAJIHA,
2021.1.24.1.03075 - ZAKIYYATUNNI'MAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata kuliah ini membahas tentang telaah dan pengembangan kurikulum PAI di Pendidikan Menengah mencakup: pengertian, konsep kurikulum dalam pendidikan, peran dan fungsi kurikulum, proses tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI, pendekatan pokok materi kurikulum PAI, perubahan kurikulum PAI dari waktu ke waktu, aspek yang mempengaruhi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah, peran dan fungsi guru dalam tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI di Pendidikan Menengah, K.13 di Pendidikan Menengah, skill menyusun silabus dan RPP dan penilaian PAI di Pendidikan Menengah

3. Capaian / Kompetensi

1. Mahasiswa mengenal konsep kurikulum PAI yang berlaku di Pendidikan Menengah
2. Mahasiswa mampu memahami prinsip dan makna implisit dari konsep kurikulum PAI yang berlaku di Pendidikan Menengah
3. Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di Pendidikan Menengah yang terdiri dari tujuan, materi, metode dan evaluasi.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran Mahasiswa mampu Menguasai bahan materi perkuliahan dan melaksanakan tugas-tugas perkuliahan secara indoividu/kolektif Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum dalam Mahasiswa Mampu melakukan pegkajian kurikulum dalam pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mengkaji komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum (tujuan, sisi, aktifitas belajar dan evaluasi) Mampu melakukan pengkajian komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum (tujuan, sisi, aktifitas belajar dan evaluasi) Komponen-komponen Kurikulum Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mengkaji KI, KD, Indikator kompetensi PAI Mampu mengkaji KI, KD, Indikator kompetensi PAI mengembangkan indikator dan materi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mengkaji silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran Mampu mengkaji silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran silabus dan RPP CTL Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Jakarta : Kencana.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara.
Diambil dari https://www.silabus.web.id/teori-silabus-dan-rpp/
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa melakukan Kajian penilaian terhadap kurikulum Pendidikan Menengah Pancasila sebagai Ideologi negara:
1. Pancasila dan Agama
2. Pancasila dan Ideologi Dunia
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
7 Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UTS tepat waktu diskusi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 Mahasiswa mampu Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
9 UTS Mahasiswa mampu menyelesaikan ntugas UTS Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 3 Mahasiswa mampu Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 3 Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
11 Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 4 Mahasiswa mampu Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 4 Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
12 Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 5 Mahasiswa mampu Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 5 Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
13 Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 Mahasiswa mampu Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
14 Kajian dan pengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah Mahasiswa mampu Mengkaji dan mengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
15 Kajian dan pengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah Mahasiswa mampu melaksanakan tugas UAS tepat pada waktunya Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
16 Kajian Kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa menyusun RPS PAI dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran Mahasiswa menyusun RPS PAI dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran Rencana Pembelajaran Semester (RPS): Isi dan Pedoman Penyusunannya Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
19 UAS Mahasiswa mampu menyelesaikan tugs UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI): TEORI DAN PRAKTEK - Drs. H. Hamdan, M.Pd - IAIN Antasari Press-2014
  2. Pengembangan Kurikulum PAI - Dr. Hendro Widodo, M.Pd. - UAD PRESS-2023
  3. MODUL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA-MA - Dr. Umi Zulfa, M.Pd. - IHYA MEDIA-2019
  4. Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran - Yogi Anggraena - Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog-2021






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai4-Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School (2 SKS), Semester: 5 KELAS D, Dosen : Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Hari: Kamis, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS