| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | x5pai4 |
| Nama Matakuliah | Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Drs.SOMANTRI,M.Pd.I. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.1.24.1.03057 - AMALIA RACHMAWATI, 2021.1.24.1.03058 - AYUNDA ROSIDATUN NISSA, 2021.1.24.1.03060 - CICI NOR LAILA, 2021.1.24.1.03061 - FADHILATUL ULYA, 2021.1.24.1.03062 - FATHUR ROHMAN, 2021.1.24.1.03063 - INA MASTURO, 2021.1.24.1.03064 - IZZA GHUFROH QODRIYYAH, 2021.1.24.1.03066 - KAFIL AUFAL MAROM AHMAD, 2021.1.24.1.03067 - KHOLIFATUN NISA', 2021.1.24.1.03068 - MUH HUSNUN NADIF, 2021.1.24.1.03070 - MULIDA QURROTU AININA, 2021.1.24.1.03071 - NUR AINI INAYATUN, 2021.1.24.1.03072 - SHIHA ARUMATIN NAJIHA, 2021.1.24.1.03075 - ZAKIYYATUNNI'MAH |
Mata kuliah ini membahas tentang telaah dan pengembangan kurikulum PAI di Pendidikan Menengah mencakup: pengertian, konsep kurikulum dalam pendidikan, peran dan fungsi kurikulum, proses tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI, pendekatan pokok materi kurikulum PAI, perubahan kurikulum PAI dari waktu ke waktu, aspek yang mempengaruhi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah, peran dan fungsi guru dalam tela'ah dan pengembangan kurikulum PAI di Pendidikan Menengah, K.13 di Pendidikan Menengah, skill menyusun silabus dan RPP dan penilaian PAI di Pendidikan Menengah
1. Mahasiswa mengenal konsep kurikulum PAI yang berlaku di Pendidikan Menengah
2. Mahasiswa mampu memahami prinsip dan makna implisit dari konsep kurikulum PAI yang berlaku di Pendidikan Menengah
3. Mahasiswa mampu melakukan telaah kritis dan detail tentang konsep kurikulum PAI di Pendidikan Menengah yang terdiri dari tujuan, materi, metode dan evaluasi.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Mahasiswa mampu Menguasai bahan materi perkuliahan dan melaksanakan tugas-tugas perkuliahan secara indoividu/kolektif | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum dalam | Mahasiswa Mampu melakukan pegkajian kurikulum dalam pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mengkaji komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum (tujuan, sisi, aktifitas belajar dan evaluasi) | Mampu melakukan pengkajian komponen-komponen yang terdapat dalam kurikulum (tujuan, sisi, aktifitas belajar dan evaluasi) | Komponen-komponen Kurikulum | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :5 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mengkaji KI, KD, Indikator kompetensi PAI | Mampu mengkaji KI, KD, Indikator kompetensi PAI | mengembangkan indikator dan materi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mengkaji silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | Mampu mengkaji silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | silabus dan RPP | CTL | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Kunandar. 2011. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara. Trianto. 2009. Mendesign Model Pembelajaran Inovativ Progresif. Jakarta : Kencana. Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Bumi Aksara. Diambil dari https://www.silabus.web.id/teori-silabus-dan-rpp/ |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa melakukan Kajian penilaian terhadap kurikulum Pendidikan Menengah | Pancasila sebagai Ideologi negara: 1. Pancasila dan Agama 2. Pancasila dan Ideologi Dunia |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Mahasiswa mampu menyelesaikan tugas UTS tepat waktu | diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Mahasiswa mampu Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 1 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | UTS | Mahasiswa mampu menyelesaikan ntugas UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa melakukan Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 3 | Mahasiswa mampu Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 3 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 4 | Mahasiswa mampu Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 4 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 5 | Mahasiswa mampu Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 5 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Kajian kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 | Mahasiswa mampu Mampu mengkaji kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Kajian dan pengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah | Mahasiswa mampu Mengkaji dan mengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Kajian dan pengembangan inovasi kurikulum PAI di Pendidikan Menengah | Mahasiswa mampu melaksanakan tugas UAS tepat pada waktunya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Kajian Kurikulum PAI di SMA/ SMK / SMTI semester 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa menyusun RPS PAI dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | Mahasiswa menyusun RPS PAI dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran | Rencana Pembelajaran Semester (RPS): Isi dan Pedoman Penyusunannya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | UAS | Mahasiswa mampu menyelesaikan tugs UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pai4-Pendidikan Agama Islam SMA / Islamic Religious Education for High School (2 SKS), Semester: 5 KELAS D, Dosen : Drs.SOMANTRI,M.Pd.I., Hari: Kamis, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon