| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | xypiaud9 |
| Nama Matakuliah | Bahasa Indonesia / Bahasa |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Novi Hidayati, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 23S1PAI0117 - RIZQIYATUL ILMI, 23S1PIAUD0002 - FAZAH NAILUL IZZAH, 23S1PIAUD0005 - ANISAH PUTRI ANDREANI, 23S1PIAUD0007 - SOPIATUL MUNAWAROH, 23S1PIAUD0008 - MURNIASIH, 23S1PIAUD0019 - INDAH AMALIA, 23S1PIAUD0048 - YULIANAH, 23S1PIAUD0050 - RIZQOTUL MAULA, 23S1PIAUD0051 - AZZA NOER LAILY FEBRIANTI KAMALI, 23S1PIAUD0053 - FAUZIAH HASANAH, 23S1PIAUD0054 - NUR KHAFIDOH, 23S1PIAUD0058 - FARICHAH NOER QOMARA, 23S1PIAUD0059 - UBAD ZAKIYAH, 23S1PIAUD0060 - WATI DEKAWATI, 23S1PIAUD0061 - KHUSNUL KHOTIMAH, 23S1PIAUD0063 - MARISA, 23S1PIAUD0065 - LUCI DWI RATNA FURI, 23S1PIAUD0066 - SILVANI RAMADHANTI SUTEKI, 23S1PIAUD0071 - DESI AULIATUL FAIJAH, 23S1PIAUD0073 - ANI YULIANI, 23S1PIAUD0074 - SUVINA, 23S1PIAUD0075 - FAIZAHTUL FITRIYAH, 23S1PIAUD0079 - AZZA NURLAILAH, 23S1PIAUD0081 - RUSNITA, 23S1PIAUD0082 - KHAFIDZOH, 23S1PIAUD0083 - SITI JUMAROH, 23S1PIAUD0084 - SULIS SUNDARI, 23S1PIAUD0094 - ANIFAH, 23S1PIAUD0095 - SITI HABSAH, 23S1PIAUD0096 - GITA ELIZA AMALIA, 23S1PIAUD0097 - NALA FARKHANAH, 23S1PIAUD0098 - LILIS NUR KHOLISHOH, 23S1PIAUD0099 - PUPUT FADILAH |
Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional. Sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pergaulan seharihari. Disamping itu, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa pengantar resmi ilmu pengetahuan atau bahasa ilmiah. Oleh karena itu, mata
kuliah ini berorientasi pada pembahasan seputar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama dalam hal pemakaian
kaidah-kaidah berbahasa, baik dalam berbahasa lisan maupun dalam praktek penulisan karya ilmiah. Mata kuliah ini sangat penting
dikuasai oleh mahasiswa untuk membantu dan mengarahkan mahasiswa agar trampil dalam menggunakan cara dan kaidah berbahasa
Indonesia yang baik dan benar, baik ketika bergaul sehari-hari, menyampaikan bahan ajar maupun dalam mempelajari ilmu-ilmu lain yang
menggunakan pengantarnya bahasa Indonesia serta mampu menerapkarinya dalam penggunaan bahasa tulisan ilmiah. Selain itu juga,
matakuliah ini juga akan membahas mengenai perkembangan bahasa pada anak usia dini.
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas tugas-tugas yang diberikan baik secara individu maupun kelompok selama mengikuti perkuliahan pembelajaran bahasa Indonesia dan bahasa untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
Mahasiswa mampu memiliki kemampuan dalam memahami ciri-ciri bahasa Indonesia yang baik dan betul.
Mahasiswa mampu memiliki ketrampilan dalam menerapkan dan menggunakan kaidah-kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar baik dalam bahasa lisan maupun dalam bahasa tulisan.
Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang bahasa untuk anak usia dini
Mahasiswa mampu menguasai prinsip dan metode pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam format individual
dan kelompok yang berorientasi pada kemandirian peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini.
Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan faktual dan isu-isu problematika mengenai bahasa Indonesia dan perkembangan bahasa untuk anak usia dini.
Mahasisiwa mampu mengidentifikasi problematika peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini sesuai dengan hasil need assesment.
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan bahasa untuk anak usia dini
Mahasisiwa mampu melaksanakan, mengevaluasi, serta melaporkan perkembangan bahasa pada setting pendidikan anak usia dini.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu memahami dan menyepakati kontrak serta sistem pembalajaran mata kuliah bahasa Indonesia | - Mendeskripsikan mata kuliah, pelaksanaan proses perkuliahan, aturan, dan pentingnya perkuliahan - Memahami hakikat dan konsep saisn untuk anak usia dini |
1. Orientasi Umum dosen dan mahasiswa 2. Pembahasan RPS dan kontrak Perkuliahan |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa Indonesia yang baik dan benar | - Mampu menjelaskan pengertian bahasa Indonesia yang baik dan benar | Mempelajari dasar-dasar Bahasa Indonesia 1. Pengertian bahasa Indonesia yang baik dan benar 2. Pengertian Bahasa Indonesia yang baik 3. Pengertian bahasa Indonesia yang benar |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi :8 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan tentang Bahasa Indonesia baku | Menguraikan pengertian bahasa Indonesia baku | Dasar-dasar bahasa Indonesia baku 1. Ciri-ciri bahasa Indonesia baku 2. Ciri-ciri bahasa Indonesia tidak baku |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :4 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 3 Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan penggunaan kaidah ejaan dengan benar (EYD) | - Menjelaskan tentang penggunaan kaidah ejaan dengan benar - Memahami tentang penggunaan kaidah ejaan dengan benar - Menganalisis penggunaan kaidah ejaan dengan benar |
Kaidah ejaan dengan benar (EYD) 1. Penulisan huruf kapital 2. Penulisan Huruf Miring 3. Penulisan Kata Turunan 4. Penulisan Gabungan Kata 5. Penulisan Partikel 6. Penulisan Singkatan 7. Penulisan Akronim 8. Penulisan Angka 9. Penulisan Lambang Bilangan |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan kalimat-kalimat efektif | - Mengetahui dan memahami kalimat-kalimat efektif dan tidak efektif - Menganalisis kalimat efektif |
Kalimat efektif dan tidak efektif 1. Kesepadanan dan kesatuan 2. Kesejajaran 3. Penekanan 4. Kehematan 5. kevariasian |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan Paragraf dan pembentukan paragraf dengan benar (paragraf dilihat dari jenis, posisi kalimat utama, dan ide pokok, kata kajian) | - Memahami pengertian dan ciri-ciri paragraf - Mampu membuat paragraf yang benar |
Pembuatan paragraf 1. Pengertian paragraf 2. Kegunaan paragraf Pembuatan paragraf 1. Pengertian paragraf 2. Kegunaan paragraf 3. Macam-macam paragraf 4. Syarat-syarat pembentukan paragraf 5. Letak kalimat topik 4. Syarat-syarat pembentukan paragraf 5. Letak kalimat topik |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | 7 : UTS | Mahasiswa mampu mengimplementasikan materi yang sudah dipelajari sebelumnya | Materi 2 sampai dengan 6 | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar karya tulis ilmiah | -Memahami konsep dasar dan jenis-jenis karya tulis ilmiah - Memahami jenis dan ciri-ciri karya tulis ilmiah |
Konsep dasar karya tulis ilmiah 1. Definisi karya tulis ilmiah 2. Manfaat karya tulis ilmiah 3. Perbedaan karya ilmiah dan karya non ilmiah |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya Teknik: Penugasan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mamp memahami Struktur Karya tulis ilmiah | - Memahami kriteria karya ilmiah - Memahami proses dan pentahapan penulisan karya ilmiah - Memahami sistematika penulisan karya tulis ilmiah |
Struktur Karya Tulis Ilmiah - Kriteria karya ilmiah - Proses dan pentahapan penulisan karya ilmiah - Proses penulisan - Isi dan Organisasi karya ilmiah - Sistematika karya ilmiah |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya Teknik: Penugasan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu memahami bahasa akademik | - Memahami bahasa dan gaya penulisan akademik yang benar | Bahasa Akademik - Mengenal kata - Mengenal Frasa - Mengenal Klausa - Mengenal Kalimat - Pengutipan langsung dan tidak langsung - Daftar Pustaka (buku, jurnal, karya tulis ilmiah yang tidak diterbitkan) |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya Teknik: Penugasan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu memahami teknik pengutipan dan daftar pustaka | - Memahami teknik pengutipan dan daftar pustaka | Teknik Pengutipan dan Daftar Pustaka - Pengutipan langsung dan tidak langsung - Daftar Pustaka (buku, jurnal, karya tulis ilmiah yang tidak diterbitkan) |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya Teknik: lisan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu memahami penyuntingan dan Revisi | - Mahasiswa mampu memahami pengertian penyuntingan - Mahasiswa mampu memahami manfaat penyuntingan - Mahasiswa mampu melakukan penyuntingan dan revisi |
Penyuntingan dan Revisi - Pengertian penyuntingan - Manfaat penyuntingan - Pengertian revisi - Manfaat revisi |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya ) Teknik: Observasi dan penugasan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :2 | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan etika penulisan ilmiah | - Mampu memahami prinsip-prinsip etika dalam penulisan ilmiah - Mampu menganalisis plagiarisme terhadap hak cipta |
Etika Penulisan - Pengertian plagiarisme - Pengertian Hak cipta - Prinsip-prinsip etika penulisan |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya ) Teknik: Observasi dan penugasan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu memahami penyusunan referensi | - Memahami tentang langkahlangkah melakukan asesmen pada perkembangan bahasa AUD - Memahami bagaimana cara melakukan screening terhadap keterlambatan berbahasa anak |
Penyusunan Referensi - Jenis-jenis daftar pustaka - Cara menyusu daftar pustaka |
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya ) Teknik: Observasi dan penugasan |
Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | 15 : UAS | Mahasiswa mampu mengimplementasikan materi yang sudah dipelajari sebelumnya | Materi pembelajaran 2-14 | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ref 1-13 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypiaud9-Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Novi Hidayati, M.Pd., Hari: Rabu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon