Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS) 1 KELAS A Novi Hidayati, M.Pd., Rabu, 14.15 s.d 15.30

Publikasi Unusia

Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS) 1 KELAS A Novi Hidayati, M.Pd., Rabu, 14.15 s.d 15.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah xypiaud9
Nama Matakuliah Bahasa Indonesia / Bahasa
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Novi Hidayati, M.Pd.
Peserta Perkuliahan 23S1PAI0117 - RIZQIYATUL ILMI,
23S1PIAUD0002 - FAZAH NAILUL IZZAH,
23S1PIAUD0005 - ANISAH PUTRI ANDREANI,
23S1PIAUD0007 - SOPIATUL MUNAWAROH,
23S1PIAUD0008 - MURNIASIH,
23S1PIAUD0019 - INDAH AMALIA,
23S1PIAUD0048 - YULIANAH,
23S1PIAUD0050 - RIZQOTUL MAULA,
23S1PIAUD0051 - AZZA NOER LAILY FEBRIANTI KAMALI,
23S1PIAUD0053 - FAUZIAH HASANAH,
23S1PIAUD0054 - NUR KHAFIDOH,
23S1PIAUD0058 - FARICHAH NOER QOMARA,
23S1PIAUD0059 - UBAD ZAKIYAH,
23S1PIAUD0060 - WATI DEKAWATI,
23S1PIAUD0061 - KHUSNUL KHOTIMAH,
23S1PIAUD0063 - MARISA,
23S1PIAUD0065 - LUCI DWI RATNA FURI,
23S1PIAUD0066 - SILVANI RAMADHANTI SUTEKI,
23S1PIAUD0071 - DESI AULIATUL FAIJAH,
23S1PIAUD0073 - ANI YULIANI,
23S1PIAUD0074 - SUVINA,
23S1PIAUD0075 - FAIZAHTUL FITRIYAH,
23S1PIAUD0079 - AZZA NURLAILAH,
23S1PIAUD0081 - RUSNITA,
23S1PIAUD0082 - KHAFIDZOH,
23S1PIAUD0083 - SITI JUMAROH,
23S1PIAUD0084 - SULIS SUNDARI,
23S1PIAUD0094 - ANIFAH,
23S1PIAUD0095 - SITI HABSAH,
23S1PIAUD0096 - GITA ELIZA AMALIA,
23S1PIAUD0097 - NALA FARKHANAH,
23S1PIAUD0098 - LILIS NUR KHOLISHOH,
23S1PIAUD0099 - PUPUT FADILAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional. Sebagai bahasa persatuan, bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pergaulan seharihari. Disamping itu, bahasa Indonesia juga menjadi bahasa pengantar resmi ilmu pengetahuan atau bahasa ilmiah. Oleh karena itu, mata
kuliah ini berorientasi pada pembahasan seputar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama dalam hal pemakaian
kaidah-kaidah berbahasa, baik dalam berbahasa lisan maupun dalam praktek penulisan karya ilmiah. Mata kuliah ini sangat penting
dikuasai oleh mahasiswa untuk membantu dan mengarahkan mahasiswa agar trampil dalam menggunakan cara dan kaidah berbahasa
Indonesia yang baik dan benar, baik ketika bergaul sehari-hari, menyampaikan bahan ajar maupun dalam mempelajari ilmu-ilmu lain yang
menggunakan pengantarnya bahasa Indonesia serta mampu menerapkarinya dalam penggunaan bahasa tulisan ilmiah. Selain itu juga,
matakuliah ini juga akan membahas mengenai perkembangan bahasa pada anak usia dini.

3. Capaian / Kompetensi

Mahasiswa mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas tugas-tugas yang diberikan baik secara individu maupun kelompok selama mengikuti perkuliahan pembelajaran bahasa Indonesia dan bahasa untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
Mahasiswa mampu memiliki kemampuan dalam memahami ciri-ciri bahasa Indonesia yang baik dan betul.
Mahasiswa mampu memiliki ketrampilan dalam menerapkan dan menggunakan kaidah-kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar baik dalam bahasa lisan maupun dalam bahasa tulisan.
Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang bahasa untuk anak usia dini
Mahasiswa mampu menguasai prinsip dan metode pembelajaran sains untuk anak usia dini dalam format individual
dan kelompok yang berorientasi pada kemandirian peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini.
Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan faktual dan isu-isu problematika mengenai bahasa Indonesia dan perkembangan bahasa untuk anak usia dini.
Mahasisiwa mampu mengidentifikasi problematika peserta didik pada setting pendidikan anak usia dini sesuai dengan hasil need assesment.
Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan bahasa untuk anak usia dini
Mahasisiwa mampu melaksanakan, mengevaluasi, serta melaporkan perkembangan bahasa pada setting pendidikan anak usia dini.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu memahami dan menyepakati kontrak serta sistem pembalajaran mata kuliah bahasa Indonesia - Mendeskripsikan mata kuliah, pelaksanaan proses perkuliahan, aturan, dan pentingnya perkuliahan
- Memahami hakikat dan konsep saisn untuk anak usia dini
1. Orientasi Umum dosen dan mahasiswa
2. Pembahasan RPS dan kontrak
Perkuliahan
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
2 Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar bahasa Indonesia yang baik dan benar - Mampu menjelaskan pengertian bahasa Indonesia yang baik dan benar Mempelajari dasar-dasar Bahasa Indonesia
1. Pengertian bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Pengertian Bahasa Indonesia yang baik
3. Pengertian bahasa Indonesia yang benar
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi :8 Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video
3 Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan tentang Bahasa Indonesia baku Menguraikan pengertian bahasa Indonesia baku Dasar-dasar bahasa Indonesia baku
1. Ciri-ciri bahasa Indonesia baku
2. Ciri-ciri bahasa Indonesia tidak baku
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi :7 Materi :4 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 3 Audio Video
4 Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan penggunaan kaidah ejaan dengan benar (EYD) - Menjelaskan tentang penggunaan kaidah ejaan dengan benar
- Memahami tentang penggunaan kaidah ejaan dengan benar
- Menganalisis penggunaan kaidah ejaan dengan benar
Kaidah ejaan dengan benar (EYD)
1. Penulisan huruf kapital
2. Penulisan Huruf Miring
3. Penulisan Kata Turunan
4. Penulisan Gabungan Kata
5. Penulisan Partikel
6. Penulisan Singkatan
7. Penulisan Akronim
8. Penulisan Angka
9. Penulisan Lambang Bilangan
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan kalimat-kalimat efektif - Mengetahui dan memahami kalimat-kalimat efektif dan tidak efektif
- Menganalisis kalimat efektif
Kalimat efektif dan tidak efektif
1. Kesepadanan dan kesatuan
2. Kesejajaran
3. Penekanan
4. Kehematan
5. kevariasian
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menganalisis dan menjelaskan Paragraf dan pembentukan paragraf dengan benar (paragraf dilihat dari jenis, posisi kalimat utama, dan ide pokok, kata kajian) - Memahami pengertian dan ciri-ciri paragraf
- Mampu membuat paragraf yang benar
Pembuatan paragraf
1. Pengertian paragraf
2. Kegunaan paragraf
Pembuatan paragraf
1. Pengertian paragraf
2. Kegunaan paragraf
3. Macam-macam paragraf
4. Syarat-syarat pembentukan paragraf
5. Letak kalimat topik
4. Syarat-syarat pembentukan paragraf
5. Letak kalimat topik
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 7 : UTS Mahasiswa mampu mengimplementasikan materi yang sudah dipelajari sebelumnya Materi 2 sampai dengan 6 Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu memahami konsep dasar karya tulis ilmiah -Memahami konsep dasar dan jenis-jenis karya tulis ilmiah
- Memahami jenis dan ciri-ciri karya tulis ilmiah
Konsep dasar karya tulis ilmiah
1. Definisi karya tulis ilmiah
2. Manfaat karya tulis ilmiah
3. Perbedaan karya ilmiah dan karya non ilmiah
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya
Teknik: Penugasan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mamp memahami Struktur Karya tulis ilmiah - Memahami kriteria karya ilmiah
- Memahami proses dan pentahapan penulisan karya ilmiah
- Memahami sistematika penulisan karya tulis ilmiah
Struktur Karya Tulis Ilmiah
- Kriteria karya ilmiah
- Proses dan pentahapan penulisan karya ilmiah
- Proses penulisan
- Isi dan Organisasi karya ilmiah
- Sistematika karya ilmiah
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya
Teknik: Penugasan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
10 Mahasiswa mampu memahami bahasa akademik - Memahami bahasa dan gaya penulisan akademik yang benar Bahasa Akademik
- Mengenal kata
- Mengenal Frasa
- Mengenal Klausa
- Mengenal Kalimat
- Pengutipan langsung dan tidak langsung
- Daftar Pustaka (buku, jurnal, karya tulis ilmiah yang tidak diterbitkan)
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya

Teknik: Penugasan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1
11 Mahasiswa mampu memahami teknik pengutipan dan daftar pustaka - Memahami teknik pengutipan dan daftar pustaka Teknik Pengutipan dan Daftar Pustaka
- Pengutipan langsung dan tidak langsung
- Daftar Pustaka (buku, jurnal, karya tulis ilmiah yang tidak diterbitkan)
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya

Teknik: lisan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu memahami penyuntingan dan Revisi - Mahasiswa mampu memahami pengertian penyuntingan
- Mahasiswa mampu memahami manfaat penyuntingan
- Mahasiswa mampu melakukan penyuntingan dan revisi
Penyuntingan dan Revisi
- Pengertian penyuntingan
- Manfaat penyuntingan
- Pengertian revisi
- Manfaat revisi
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya
)
Teknik: Observasi dan penugasan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :2
13 Mahasiswa mampu memahami dan menguraikan etika penulisan ilmiah - Mampu memahami prinsip-prinsip etika dalam penulisan ilmiah
- Mampu menganalisis plagiarisme terhadap hak cipta
Etika Penulisan
- Pengertian plagiarisme
- Pengertian Hak cipta
- Prinsip-prinsip etika penulisan
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya
)
Teknik: Observasi dan penugasan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu memahami penyusunan referensi - Memahami
tentang langkahlangkah
melakukan
asesmen pada
perkembangan
bahasa AUD
- Memahami
bagaimana cara
melakukan
screening
terhadap
keterlambatan
berbahasa anak
Penyusunan Referensi
- Jenis-jenis daftar pustaka
- Cara menyusu daftar pustaka
Ceramah, Brainstorming, dan tanya jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Bentuk: Kegiatan belajar tatap muka langsung/maya
)
Teknik: Observasi dan penugasan
Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 15 : UAS Mahasiswa mampu mengimplementasikan materi yang sudah dipelajari sebelumnya Materi pembelajaran 2-14 Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ref 1-13
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun - Mardiana Sari; Darwin Effendi; Gusti Wahyuni - Penerbit NEM-2021
  2. PERKEMBANGAN BAHASA ANAK - Vit Ardhyantama dan Chusna Apriyanti - Stiletto Book-2021






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: xypiaud9-Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Novi Hidayati, M.Pd., Hari: Rabu, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS