Analisis Evaluasi Program Tahsin Al-Qur'an Metode Tashili Di Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon

Publikasi Unusia

Analisis Evaluasi Program Tahsin Al-Qur'an Metode Tashili Di Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: Analisis Evaluasi Program Tahsin Al-Qur'an Metode Tashili Di Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon
Penulis: AKHMAD LUTFY
Abstrak: ABSTRAK AKHMAD LUTFY. NIM. 2015.1.18.1.02043 ANALISIS EVALUASI PROGRAM TAHSIN AL-QUR’AN METODE TASHILI DI LEMBAGA PENGEMBANGAN DAKWAH (LPD) AL-BAHJAH CIREBON Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tashili di LPD Al-Bahjah Cirebon, berkaitan dengan materi, langkah-langkah, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya. Tashili adalah sebuah metode belajar membaca Al-Qur’an yang dibuat dan dikembangkan oleh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon yang diasuh oleh seorang ulama karismatik yaitu Buya Yahya. Tujuan dibuatnya metode Tashili adalah untuk memudahkan para santri di lingkungan LPD Al-Bahjah agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, Tashili juga sebagai sebuah upaya standarisasi bacaan Al-Qur’an di lingkungan LPD Al-Bahjah yang terdiri dari berbagai macam divisi yang tersebar di seluruh Indonesia. Atas dasar itulah Buya Yahya berinisiatif untuk membuat tim untuk merumuskan dan menciptakan metode membaca Al-Qur’an yang bisa digunakan sebagai standar di LPD Al-Bahjah dan tentunya untuk digunakan juga di masyarakat yang lebih luas setelah metode ini berhasil digunakan di lingkungan LPD Al-Bahjah di seluruh Indonesia. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan dengan mengambil tempat penelitian di LPD Al-Bahjah yang berada di kelurahan Sendang kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon provinsi Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, lalu penyajian data, dan akhirnya data yang sudah terkumpul dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tashili terdiri dari 5 jilid, yaitu jilid 1, jilid 2, jilid 3, jilid 4, dan jilid 5. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Individual, Klasikal Individual, Kalsikal Baca Simak, Klasikal Baca Simak Murni, Dan Klasikal Baca Simak Menirukan. Tahapan pembelajaran dilakukan dengan 7 hal, yaitu infitah, Gali, Tanam, Siram, Subur, Panen, dan Penutup. Evaluasi yang digunakan adalah tes masuk atau placement test, tes harian, dan tes kenaikan jilid. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi pada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.
Deskripsi: Kata Kunci : Analisis Evaluasi Program Tahsin Al-Qur'an, Metode Tashili Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWckXpVUUyr%2FnNryshqm9opQdmThrCu8tia2e%2Fx8apoTlUmMr02LjuEH6qASyCtzixJxF4yykLfZiy6GssfhD2E7git6CmFFOaZkteHPZLWLlo28BDtBo%2BNBhBoI2R0UzNv8AtH7HJJ6CtQqIjTlO7%2BdQCfDrmzfpYz4%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273852756_SKRIPSI.pdf 931.5Kb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya