| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x3piaud7 |
| Nama Matakuliah | Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Neni Sumarni, M.MPd. |
| Peserta Perkuliahan | 2022.4.10.1.01466 - AIDAH TURRODIYAH, 2022.4.10.1.01471 - ANANDA RIZKI SABRINA, 2022.4.10.1.01479 - BETI TIRI, 2022.4.10.1.01481 - BUNGA ADELIA, 2022.4.10.1.01482 - CAHYANI SUCI, 2022.4.10.1.01483 - DEVI PURNAMA SARI, 2022.4.10.1.01486 - DINI QURROTUNNIDA, 2022.4.10.1.01487 - DWI FUJI ARYANI, 2022.4.10.1.01492 - GITA INDRIYANI, 2022.4.10.1.01500 - INDANA ZULVA MAULIDAH, 2022.4.10.1.01501 - INDY RUWINDY, 2022.4.10.1.01502 - IRMA SAMROTUL KODARIYAH, 2022.4.10.1.01503 - ISTIBSYAROH, 2022.4.10.1.01505 - KHOLISHATUL FIKRIYYAH, 2022.4.10.1.01506 - KOMALA INDRAYANI, 2022.4.10.1.01512 - LILIS SURYANI, 2022.4.10.1.01535 - ROISYAH, 2022.4.10.1.01537 - SALMA NISRINA, 2022.4.10.1.01544 - SOLEHA INTAN, 2022.4.10.1.01545 - SRI ANENGSIH, 2022.4.10.1.01549 - SUNIAH |
Mata Kuliah Kognitid dan Pembelajaran PAUD merupakan mata kuliah yang mempelajari salah satu aspek terpenting dalam perkembangan anak yaitu mengenai kognitif anak dari usia 0 sampai 8 tahun. Dalam matakuliah ini akan dijabarkan teori mengenai perkembagan kognitif yang ditinjau dari berbagai suber literasi yang dapat diterapkab pada pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan media, stimulasi dan peniolaian yang tepat yang terintegrasi dan menitik beratkan kepada pengembangan kemampuan matematika sain permulaan. Matakuliah ini diselenggarakan secara Daring dan Luring dengan pendekatan Project-Based-Learning. Mahasiswa akan mengerjakan sebuah project yang bertujuan mencari gagasan project yang diberikan. Tiap Project dirancang untuk mengakomodasi bahan-bahan kajian yang diperlukan untuk mewujudkan capaian-capain pembelajaran yang ditentukn. Luaran dari matakuliah ini adalah profil perkembangan kognitif anak dan rancangan penelitian perkembangan Kogntif anak Usia Dini
Capaian /Kompetensi Matakuliah Kognitif dan Pembelajaran PAUD:
1. Mahssiswa mampu menganalisis perkembangan Kognitif anak usia dini dari berbgai kajian literatur antara lain barat, Indonesia, dan Islam secara menyeluruh sesuai tahapan perkembangan anak.
2. Mahasiswa mampu menganalisis perkembangan Kogntif anak sesuai usia dan tahapan perkembangan abak berdasarkan standar pencapaian perkembangan anak dengan mengintegrasikan pada kajian teori secara tepat.
3. Mahasiswa mampu mengaplisikan teori perkembangan kognitif anak dari berbagai kajian dalam kegiatan pembelajaran matematika, dan sains pada anak usia dini, alat penilaian dan program stimulasi yang tepat.
4. Mahasiswa mampu menganalisis secara komprehensif permasalahan khas anak usia dini sesuai karakteristiknya dalam berbagai kajian literature
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | 1. orientasi Perkuliahan 2. Kontrak Perkuliahan |
Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan, kemampuan untuk memilah dan menjelaskan Kontrak Perkuliahan, serta memahami orientasi perkuliahan | 1. Kontrak perkuliahan 2. Orientasi Perkuliahan | Small Group discussions Collaborrative Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, kontrak prekuliahan | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 2 | MMMahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan untuk memilih, dan menganalisis Perkembangan Kognitif Perkembangan Kogntif (Drfinisi, Konsep, Tujuan dan Manfaat dengan tepat) | MMMahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan untuk memilih, dan menganalisis Perkembangan Kognitif Perkembangan Kogntif (Drfinisi, Konsep, Tujuan dan Manfaat dengan tepat) | Konsep Dasar Perkembangan Kogntif (Definisi, Konsep, Tujuan dan manfaat) | Small Group discussions Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Konsep Dasar Perkembangan Kogntif | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Konsep dasar perkembangan kogntif Ketepatan menyebutkan manfaat dan tujuan perkembangan kognitif dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Tugas Individu 1 Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan kemampuan untuk memilih, dan menganalisis Perkembangan Kognitif dalam Literatur islam secara tepat | kriteria sikap, penguasaan pengatahuan dan keterampilan bentuk Non tes: penilaian berdasarkan keaktifan diskusi dalam Luring dan daring |
Perkembangan Kogntif dalam Literatur Islam (Imam Al-Ghazali, Al Baqarah 219 , Q.S Rum 54, Q.S Al-Mulk 23-24, Q.S An-Nahl:78) | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :1 Tugas MK 3 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa akan mampu mempertunjukkan,kemampuan kemampuan untuk memilah, dan menganalisis Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini | Ketepatan dalam menganalisis aspek-aspek dan tahapan perkembangan Kogntif Anak Usia Dini | Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan kogntif AUD | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan Ketepatan Perkembangan kogntif AUD menurut STTPA anak Usia 0-6 tahun menyebutkan Aspek-aspek dan tahapan perkembangan AUD dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi :1 Tugas MK 3 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelas, serta menganalisis Perkembangan kogntif AUD menurut STPPA anak Usia 0-6 tahun dengan tepat | Mampu menjelaskan dan menganalisis Perkembangan Kogntif AUD menurut STPPA anak Usia 0-6 tahun dengan tepat | Aspek- aspek dan tahapan Perkembangan kogntif AUD | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif AUD menurut STPPA Ketepatan menyebutkan tahapan perkembangan kogntif AUD menurut STPPA dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :2 Tugas Mk 5 Kognitif dan Pembel... Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelas serta menganalisis Teori Kogntif dalam Literatur Barat (Vygotsky, Piaget, Jerome Bruner, dan David Ausabel) dan implementasinya pada Pembelajaran AUD dengan tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentng teori kogntif menurut litertur Barat | Teori Kognitif dalam Literatur Barat (Vygotsky, Piaget, Jerome Bruner, David Ausabel) | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan teori kogntif menurut literatur Barat Ketepatan menyebutkan teorti kogntif menurut literatur Barat dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :5 Materi :1 Tugas MK 6 Audio :2 Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, menjelaskan, serta menganalisis Teori Kogntiif Bloom dan Implementasi dengan tepat | Mampu menjelaskan dan menganalisis tentang teori kogntif menurut literatur Barat | Perkembangan Kogntif menurut literatur Barat | mall Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan perkembangan kogntif AUD menurut STPPA Ketepatan menyebutkan teori kognitif menurut literatur Barat dan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tugas Mk 7 Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, menjelaskan, serta menganalisis Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD dengan tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan tentang Teori critical tinking dan critical learning dalam pembelajaran PAUD | Teori Critical Thinking dan Creative Learning dalam Pembelajaran AUD | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan teori critical thinking dan creative learning Ketepatan menyebutkan teori critical thinking dan creative Learningdan lain sebagainya | 1. Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tugas Mk8 Audio :1 Video :2 | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa akan mampu mempersiapkan, memperjelaskan, serta menganalisis Teori Metakognisis dan Implemntasinya pada Pembelajaran AUD dengan Tepat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan teori metakognisis dan implementasinya pada pembelajaran AUD | . Beaty, Janice J. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Penerjamah Arif Rakhman, Jakarta: Kencana 2010 2. Berk, Laura E. Development Through The Lifespan. Edisi Kelima Penerjamah Daryanto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010 3. Elizabeth B.Hurlock. 1997, Perkembangan Anak Jikid I, Jakarta : Erlangga 4. Khadijah, Nurul Amelia, Perkembangan Kogntif Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana 2020 5. Muslihuddin, Mubiar Agustin, Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Pada Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Wafi Media Tama 2017 6. Morrison, George S. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) | Small Group discussions Student fasilitator and explaining Belajar materi di e campus) Belajar mandiri dan tugas Terstruktur Metode : Collaborrative Learning | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan teori metagnisi Ketepatan menyebutkan teori metagnosi pada pembelajaran AUD dan lain sebagainya | Teori Metakognisi dan Implemntasinya pada Pembelajaran AUD |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3piaud7-Kognitif dan Pembelajaran AUD / Cognition and Learning in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Neni Sumarni, M.MPd., Hari: Rabu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon