| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x5bkpi8 |
| Nama Matakuliah | Pemimpin Perubahan dan Wirausaha / Change Leader and Entrepeneur |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Gama Pratama, M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 2021.9.5.1.00223 - ABDUL ROHMAN, 2021.9.5.1.00224 - AJI MAHENDRA, 2021.9.5.1.00231 - DESY TRIYANI, 2021.9.5.1.00236 - ERI KUSMIRAN SARI, 2021.9.5.1.00240 - FIRDAN KHAIDAR SUKMARA, 2021.9.5.1.00241 - GHINA ALFARIHAH, 2021.9.5.1.00247 - IMAS DARMAYANTI, 2021.9.5.1.00248 - INAH TARSINAH, 2021.9.5.1.00252 - LABIBATUL FAJRIYYAH, 2021.9.5.1.00253 - LIANA SAFITRI, 2021.9.5.1.00254 - LINDA, 2021.9.5.1.00258 - MOH RIZAL SELAMET, 2021.9.5.1.00262 - MUHAMMAD TAUFIK ROMDLONI, 2021.9.5.1.00265 - NAYLI SALWA SA'IDAH, 2021.9.5.1.00267 - NUNUNG NURUL HASANAH, 2021.9.5.1.00268 - NUR ALYAH HADI, 2021.9.5.1.00270 - NURFAQIAH PUTRI, 2021.9.5.1.00272 - R. USWATUN HASANAH KUSUMAWARDANI, 2021.9.5.1.00275 - SAHARA AULIA YUSUF, 2021.9.5.1.00284 - SYARIF HIDAYATULLAH, 2021.9.5.1.00285 - TIARA LUCRETIA ADHWA, 2021.9.5.1.00286 - TUSHLIIHATUL AMALIYYAH, 23S1BKPI0088 - NURUL AINADHYNANTY |
Pada hakikatnya, entrepreneurship bukan hanya bakat yang dibawa sejak lahir dan dapat dipraktikkan begitu saja di lapangan usaha. Entrepreneurship selain dapat dipelajari, juga harus dapat diinternalisasi secara luas melalui proses pendidikan. Individu yang memiliki jiwa entrepreneur adalah individu yang mengenal potensi dirinya dengan baik, belajar mengembangkan potensi untuk melihat dan mengkreasikan peluang dalam mewujudkan cita-citanya. Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Pada akhirnya, dampak jangka panjang yang diharapkan dari pembentukan nilai-nilai tersebut adalah kemampuan menangkap dan mengkreasikan peluang menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual dan nilai tambah; “merubah kotoran dan rongsokan menjadi emas” (Dr. Ir. Ciputra, Indonesia Entrepreneur of The Year 2007), setiap individu pasti memiliki kesenagan cipatakan kesengannmu untuk menjadi peluang besar..
Dan Mata kuliah kewirausahaan yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
[Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah ……………………………………., mahasiswa mampu ]
CPMK-1 Mahasiswa memahami serta memiliki kesadaran tentang hakikat entrepreneurship yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship. (P.07, KK.11) 2. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos kerja, motif berprestasi,kemandirian,kreativitas,keterampilanpengambilan keputusan, dan sebagainya. (KK.13, KU.06) 3. Mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasyarat dasar terbentuknya jiwa dan etos entrepreneurship (project learning) (KK.11, KK.13). 4. Mahasiswa dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal (KK.08, KU 11, S01)
CPMK-2 Mahasiswa memahami serta memiliki kesadaran tentang hakikat entrepreneurship yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship. (P.07, KK.11) 2. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos kerja, motif berprestasi,kemandirian,kreativitas,keterampilanpengambilan keputusan, dan sebagainya. (KK.13, KU.06) 3. Mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasyarat dasar terbentuknya jiwa dan etos entrepreneurship (project learning) (KK.11, KK.13). 4. Mahasiswa dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal (KK.08, KU 11, S01)
CPMK-3 Mahasiswa memahami serta memiliki kesadaran tentang hakikat entrepreneurship yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship. (P.07, KK.11) 2. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos kerja, motif berprestasi,kemandirian,kreativitas,keterampilanpengambilan keputusan, dan sebagainya. (KK.13, KU.06) 3. Mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasyarat dasar terbentuknya jiwa dan etos entrepreneurship (project learning) (KK.11, KK.13). 4. Mahasiswa dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal (KK.08, KU 11, S01)
CPMK-4 Mahasiswa memahami serta memiliki kesadaran tentang hakikat entrepreneurship yang mencakup konsep dasar, karakteristik, serta tujuan pembelajaran entrepreneurship. (P.07, KK.11) 2. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos kerja, motif berprestasi,kemandirian,kreativitas,keterampilanpengambilan keputusan, dan sebagainya. (KK.13, KU.06) 3. Mengembangkan employability skills dalam diri mahasiswa sebagai prasyarat dasar terbentuknya jiwa dan etos entrepreneurship (project learning) (KK.11, KK.13). 4. Mahasiswa dapat mendiseminasikan karakteristik dan etos entrepreneurship secara meluas melalui jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal (KK.08, KU 11, S01)
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Kontrak dan orentasi perkuliahan: membahas tujuan, materi, strategi, sumber, dan evalusi, tugas pada perkuliahan | Pertama konsep pwmbahsan 1. RPS 2. Media visual buku referensi yang akan digunakan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :3 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | • Konsep Kepemimpinan • Jenis dan Gaya Kepemimpinan • Pengertian kewirausahaan |
offline | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Modul Kewirausahaan MGMP Kota Yogyakarta 2007 |
|
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tugas resume Audio Video | ||||||||
| 3 | mahasiswa mampu memahamai karakter wirausaha mahasiswa mampu menganalisis peluang kewirausahaan pendididkan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | karakter wirausaha | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Motivasi Usaha | Offline | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tugas Resume Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Analisis Internal & Eksternal (SWOT) |
Presntasi dan kuis | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tugas pertemuan 6 Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Gagasan produk baru (konsep produk,konsep marketing, konsep integrated/menciptakan kebutuhan pasar) | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tugas 7 Audio Video :1 | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | • Identifikasi dan analisis peluang usaha baru | • Identifikasi dan analisis peluang usaha baru | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5bkpi8-Pemimpin Perubahan dan Wirausaha / Change Leader and Entrepeneur (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Gama Pratama, M.Pd., Hari: Rabu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon