| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | x5piaud7 |
| Nama Matakuliah | Bermain dan Permainan AUD / Play and Games in Early Childhood Education |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hj. Omah Rochmah, M.MPd |
| Peserta Perkuliahan | 2021.4.9.1.01366 - AINUN NIKMAH, 2021.4.9.1.01367 - ATY RUSTIATY, 2021.4.9.1.01368 - AULIYATUN NISA, 2021.4.9.1.01369 - CHUSFATUN FAZRIYAH, 2021.4.9.1.01370 - HABIBAH SITI MASRUUROH, 2021.4.9.1.01371 - HAFSHAH, 2021.4.9.1.01373 - IDA ROYANI, 2021.4.9.1.01374 - JULAEHA, 2021.4.9.1.01375 - KARTINI, 2021.4.9.1.01376 - KHILYATUL AULIA, 2021.4.9.1.01377 - KHUSNUL KHOTIMAH, 2021.4.9.1.01379 - MU'ASOMAH, 2021.4.9.1.01380 - NAURA FISKA SOFYAN, 2021.4.9.1.01381 - NIHAYA PUTRI NUGRAHANI, 2021.4.9.1.01382 - NUHA, 2021.4.9.1.01383 - NUR KHOLIFAH, 2021.4.9.1.01384 - NURJANAH SEFITIANI JURCARNAIN, 2021.4.9.1.01385 - ROUDHOTUL JANNAH N. W., 2021.4.9.1.01386 - SALSABILA, 2021.4.9.1.01388 - SEVTI ZUHDIAH, 2021.4.9.1.01389 - SHEILA ARISKA, 2021.4.9.1.01390 - SRI DWI LUTHFIYATUN NISA, 2021.4.9.1.01391 - SRI FUJI WULANDARI, 2021.4.9.1.01392 - SYAFIQOH MA'RUFAH, 2021.4.9.1.01393 - TAQIATUL ALIYAH, 2021.4.9.1.01394 - TUTI SUGIHARTI, 2021.4.9.1.01395 - WULAN DARI |
Pada mat kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan arti bermain, karakteristik,manfaat kreativitas,gerakan dasar,lingkungan belajar dan bermain,srta merancang kegiatan bermain untuk AUD
1.Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik dan manfaat bermain
2. Mampu merancang pembelajaran dengan cara bermain dan permainan
3.mampu berktifitas bermain dengan ragam permainan
4. mampu menjelaskan peranan guru dalam bermain
5.mampu menerapkan bermain dan permainan dalam pembelajaran
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Oientasi perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Arti dan manfaat bermain bagi AUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan arti dan manfaat bermain bagi AUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :1 Diskusikan makalah tentang art... Audio Video | ||||||||
| 3 | Karakteristik dan tahapan bermain | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan karakteristik dan tahapan bermain | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membahas tentang karakteristik... Audio Video | ||||||||
| 4 | Kreativitas anak usia dini | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan kreativitas dalam bermain dan penerapan kreativitas dalam berbagai kegiatan khusus seni | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Membahas tentang kreativitas A... Audio Video | ||||||||
| 5 | Gerakan dasar di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan karakteristik perkembangan AUD fismot dan aplikasinya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Membahas tentang gerakan dasar... Audio Video | ||||||||
| 6 | Lingkungan belajar dan bermain di PAUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan lingkungan belajar dan bermain di PAUD dan APE di area | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Membahas tentang lingkungan be... Audio Video | ||||||||
| 7 | Pemanfaatan permainan anak yang sesuai perkembangan AUD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan batasan,prinsip,sasaran peng. di PAUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Membahas tentang pemanfaatan p... Audio Video | ||||||||
| 8 | Aktivitas bermain dan aneka ragam permainan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Aktivitas bermain | diskusi dan langsung | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | buku bermain dan permainan |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Membahas aktivitas bermain dan... Audio Video | ||||||||
| 9 | Membuat jenis permainan yang sesuai dengan aspek pengembangan anak | Mahasiswa mampu membuat permainan untuk AUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Aktivitas bermain dan aneka permainan | Mahasiswa mampu membuat dan mengaplikasikan aneka ragam permainan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Memanfaatkan bahan sisa dan bahan alam sebagai media bermain | Mahasiswa mampu membuat mainan dari bahan sisa dan bahan alam | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Strategi pembelajaran dengan bermain | Mahasiswa mampu mempraktekan mengajar dengan tehnik bermain | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Metode dan tehnik bermain serta penerapannya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan metode dan tehnik bermain serta aplikasinya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Konsep pembelajaran terpadu dalam bermain | Mahasiswa mampu membuat konsep pembelajaran terpadu dalam bermain | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Peranan guru dalam kegiatan bermain di PAUD | Mahasiswa mampu melakukan riset tentang bermain di PAUD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | PAS | Mahasiswa mampu menyelesaikan PAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud7-Bermain dan Permainan AUD / Play and Games in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Hj. Omah Rochmah, M.MPd, Hari: Rabu, 13.00 s.d 14.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon