| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | xypai9 |
| Nama Matakuliah | Filsafat Umum / General Philosophy |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Ahmad Royani, M.Si |
| Peserta Perkuliahan | 23S1MPI0022 - ABDUL WAHID, 23S1PAI0001 - MANTIK AYUNINGRUM, 23S1PAI0008 - AMAL ABDUL HAKAM, 23S1PAI0009 - M. FAIZUDIN AL-KHAMIED, 23S1PAI0010 - YUSUF MAULANA, 23S1PAI0011 - MUHAMAD YUSUF ISMAIL, 23S1PAI0012 - AURA NAYLA ARDYA, 23S1PAI0018 - FAUZI SYAHRUL RAMDHANI, 23S1PAI0028 - ADZKIYA SYIFA AZ-ZAHRO, 23S1PAI0030 - DIANAWATI, 23S1PAI0034 - RENDI ROHAEDI, 23S1PAI0035 - SUCI HARDIANTI, 23S1PAI0037 - ASYROF ROJABI, 23S1PAI0041 - ANDINY NUR HEKMAH, 23S1PAI0044 - NUR SALSABILA HAMILATU ROHMAH, 23S1PAI0045 - IMROATUZ ZAHRA RAMADHANI, 23S1PAI0051 - MUHAMMAD WILDAN FIRDAUS, 23S1PAI0052 - HASAN, 23S1PAI0054 - ALIYA FITRIA RAMADANI, 23S1PAI0056 - FARIZ FARDIANSYAH, 23S1PAI0061 - FARHAN MUHAROM, 23S1PAI0062 - KHOIRUNNISA, 23S1PAI0063 - SITI NURASIH, 23S1PAI0064 - ACHMAD ZACKY 'AISY NABIL, 23S1PAI0070 - SITI ADE NURAZIZAH, 23S1PAI0071 - ADE NURKHAYATI, 23S1PAI0078 - NURLAELA, 23S1PAI0089 - MUZFAR KHOERUL ANAM, 23S1PAI0091 - HUSNUL CHOTIMAH, 23S1PAI0092 - SYIFQOH SHAFRINA, 23S1PAI0094 - ILLIYYIN, 23S1PAI0096 - NIHLAH ZANJABILA, 23S1PAI0097 - MUHAMMAD RIZQI ALFAENI, 23S1PAI0116 - MOH.NADZIFNALAL FADIL, 23S1PGMI0038 - FENI FATHNIANI |
Kerangka acuan pembelajaran matakuliah Filsafat Umum ini disiapkan untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran serta kajian dengan berbagai pendekatan dan disiplin ilmu. Pengembangan isi materi dibangun dengan tuntutan perkembangan ilmu. Materi studi Filsafat Umum meliputi proses berpikir manusia dan hasilnya, pemahaman tentang pengetahuan/knowledge, ilmu/sain/science dan filsafat, pengertian filsafat dan Metode filsafati, cabang ilmu filsafat, filsafat dan ilmu pengetahuan, filsafat dan agama, sejarah perkembangan filsafat, serta objek studi filsafat. Dalam pelaksanaan pembelajaran digunakan metode dan teknik yang memungkinkan untuk mengimplementasikan cara berfikir filsafat sertamembangun citra bahwa mempelajari filsafat tidaklah sulit.
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan proses berpikir manusia yang menghasilkan pengetahuan, ilmu dan filsafat, sejarah perkembangan filsafat, objek studi filsafat, metode dalam studi filsafat, dan cabang-cabang filsafat. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan, mengenali masalah dan cara pemecahannya dari pengetahuan, ilmu dan filsafat secara komprehensif, kritis dan holistik.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction; perkuliahan secara umum, menyepakati kontrak perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 2 | Pengertian dan Ruang lingkup dan cabang-cabang kajian filsafat | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Atang Abdul Hakim Dan Beni Ahmad Saebani. (2008). Filsafat Umum, Bandung: Pustaka Setia |
||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 3 | Aliran-Aliran dalam Filsafat: Idealisme, Empirisme, Rasionalisme, Positivisme dan Kritisisme | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Buku dan Jurnal | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ali Maksum. Pengantar Filsafat Dari Masa Klasik Hingga Postmodernisme, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2009) |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 4 | Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mahfud, Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dalam Pendidikan Islam, Cendekian: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 4, No.1, 2018. | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1999. |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 5 | Filsafat Pra Socrates | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Maksum, Ali. Pengantar Filsafat Dari Masa Klasik Hingga Postmodernisme, (Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2011) | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 6 | Filsafat Socrates | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman Volume 5, Nomor 1, Juni 2019; P-ISSN 2443-2741; E-ISSN 2579-5503 | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Thomas C. Brickhouse and Nicholas D. Smith, The Philosophy of Socrates, USA: Westview Press, 2000 |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 7 | UTS | Mengerjakan soal UTS | 2 x 50 menit | |||||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Filsafat Plato | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Muhammad Hatta. Alam Pikiran Yunani. (Jakarta: Tintamas Press. 1986) | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 9 | Filsafat Aristotoles | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Rapar, J.H. Filsafat Politik Aristoteles. (Jakarta : Rajawali Press, 1988) | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Filsafat Plotinus | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Nurcholish Madjid, Islam Doktrin dan Peradaban; Sebuah Telaah Kritis Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan, (Jakarta: Yayasan Wakaf Paramadina, 1992) |
|
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 11 | Helenisme dan Abad Pertengahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Atang Abdul Hakim. Filsafat Umum dari Mitologi sampai Teofilosofi. (Bandung : Pustaka Setia, 2008) | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 12 | Filsafat Modern (Barat) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Achmadi, Asmoro. Filsafat Umum. Cet. V; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2003 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 13 | Filsafat Kontemporer | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | 1. Contextual Instruction 2. Discovery Learning |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Hamersma, Harry, Tokoh-Tokoh Filsafat Barat Modern, Jakarta: Gramedian Pustaka Utama 1992 | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 14 | UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypai9-Filsafat Umum / General Philosophy (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Ahmad Royani, M.Si, Hari: Rabu, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon