IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019
Penulis: RIRIN ANDINI
Abstrak: RIRIN ANDINI NIM. 2015.3.3.1.00195 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II DI SD NEGERI 1 PALIMANAN TIMUR TAHUN AJARAN 2018/2019. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya upaya penulis untuk menggambarkan implementasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) pada materi pengukuran di SD Negeri 1 Palimanan Timur. Guru tersebut sudah menerepkan model pembelajaran CTL tetapi kurang nya media karena guru tersebut hanya memberikan gambar-gambar dari buku paket atau LKS sebagai medianya. Tujuan penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 1 Palimanan timur untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan aspek pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran CTL di SD Negeri 1 Palimanan Timur. Jenis Penelitian ini mengunakan penelitian deskripsi kualitatif dan Pengumpulan data dengan dilakukan dengan teknik tringulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Implementasi model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran mateamatika. Model pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) merupakan model pembelajaran yang efektif karena dapat membantu peserta didik tidak hanya mengerti teori alat ukur baku dan tidak baku, namun melatih peserta didik dapat secara langsung mengimplemtasikan atas apa yang dipelajari dilingkungannya sehari-hari. Sesuai dengan karakteristik peserta didik kelas II yang masih membutuhkan hal-hal yang kongkrit dan nyata. Pembelajaran nya pun sudah cukup baik tetapi harus lebih banyak memberikan media dalam proses pembelajaran tersebut bukan hanya 1 media saja supaya peserta didik mempunyai kinerja yang luas, dan ada yang perlu diperhatikan juga oleh guru yaitu aspek-aspek penghambat dan pendukung implementasi model CTL agar proses pembelajaran berjalan dengan baik.karena aspek penghambat datang dan pedukung datang dari guru, peserta didik dan keadaan lingkungan yang tidak mendukung serta minimnya fasilitas yang dibutuhkan akan menghambat proses pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian implementasi model pembelajran CTL (Contextual Teaching And Learning) Dengan adanya model pembelajaran CTL siswa menjadi lebih aktif dalam belajar, Penelitian ini, diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SD Negeri 1 Palimanan Timur, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan minat belajar berprestasi secara lebih memadai.
Deskripsi: Kata Kunci : Model pembelajaran CTL, Matematika. Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWckSOdoEutp6r%2F3KihwIp61smRkhG%2BVG39W%2FnGgEB3LwD8FAhdl1VNCVzn%2FEb7uZvc8P4YaIzG4vM9fka%2B5a4HsO95GjlBbDeFlUKaWMFWmWZkLA3A0AqAcOoZFMZwxja%2BlexgKdGcbzlLwKtsZHDpSIQQlym2es8Jk%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273847912_ririn andini.pdf 2.217Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya