PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SDN 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIAMANAN KABUPATEN CIREBON

Publikasi Unusia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SDN 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIAMANAN KABUPATEN CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SDN 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIAMANAN KABUPATEN CIREBON
Penulis: DEWI ANGGRAENI
Abstrak: DEWI ANGGRAENI. NIM. 2015. 3 .3. 1. 00231 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS III DI SDN 1 PALIMANAN TIMUR KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON TAHUN AJARAN 2018/2019 Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan latihan soal sehingga pelaksanaan proses pembelajaran terkesan kurang menyenangkan dan membuat siswa bosan dan monoton. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan tentang penerapan model kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD. Penelitian dilaksanakan dengan penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan suatu kejadian yang dilapangan. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 1 Palimanan Timur dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tringulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, hasil observasi diolah dengan reduksi data, klasifikasi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian pembelajaran menggunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari data 19 siswa nilainya meningkat 90% mendapatkan nilai diatas kkm selain itu aktivitas belajar menjadi hidup karena setiap siswa sangat antusias dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta mengerjakan tugas yang diberikan peneliti yaitu mengurutkan gambar menjadi urutan yang logis semua siswa terlihat berfikir kritis untuk menentukan jawaban dan melakukannya dengan baik dan benar. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SD pada materi jenis-jenis pekerjaan. Penerapan model kooperatif tipe picture and picture diharapkan dapat memberikan nilai tambah lagi bagi siswa disekolah serta dapat merubah cara belajar dari belajar pasif menjadi belajar aktif. Penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SDN 1 Palimanan Timur, terutama pada siswa untuk senantiasa meningkatkan dalam belajar sehingga meningkat pula hasil belajar yang lebih baik.
Deskripsi: Kata Kunci : Model Pembelajaran Picture and Picture, Hasil Belajar, Ips. Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/342
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya