PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SAINS ISLAM AL-FARABI

Publikasi Unusia

PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SAINS ISLAM AL-FARABI

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SAINS ISLAM AL-FARABI
Penulis: YURI MELANI
Abstrak: ABSTRAK YURI MELANI. NIM. 2014.2.2.00117: PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD SAINS ISLAM AL-FARABI Penelitian ini di latarbelakangi dengan adanya letak perpustakaannya juga sudah strategis yaitu ditengah-tengah kelas sehingga mempermudah siswa jika ingin meminjam buku atau mengerjakan tugas di perpustakaan. Siswa yang mengunjungi perpustakaan tidak semuanya memanfaatkan perpustakaan,siswa hanya sekedar melihat buku-buku bahkan sebagian besar dari mereka yang hanya berbiara dengan teman-teman di perpustakaan sehingga dapat mengganggu siswa lainnyayang sedag belajar di perpustakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Sains Islam Al-Farabi. Penelitian ini memperoleh data tentang seberapa baik motivasi belajar siswa kelas V SD Sains Islam Al-Farabi, memperoleh data tentang seberapa kuat pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Sains Islam Al-Farabi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumalh 93 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 32 siswa dengan menggunakan teknik total sampling, variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaata perpustakaan dan motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan uji korelasi PPM mengingat data berdistribusi normal. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa hasil angket pemanfaatan perpustakaan yaitu sebesar 69,22 % artinya cukup baik sedangkan hasil angket 92,80 % artinya sangat baik. Hasil uji korelasi PPM dengan nilai r sebesar 0,24 tergolong rendah. Perhitungan koefisien diterminan variabel pengaruh pemanfaatan perpustakaan memberikan pengaruh variabel motivasi belajar siswa 5,76% sisanya yakni 94,24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Selanjutnya hasil uji hipotesis yaitu thitung 1,35 d ttabel 2,024, maka Ho ditolak artinya terdapat hubugan yang tidak signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Sains Islam Al-Farabi.
Deskripsi: Kata Kunci : Yuri Melani Referensi :
URI: https://repository.bungabangsacirebon.ac.id/repo/handle/123456789/340
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat

Tidak ada file yang diasosiasikan dengan item ini.

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya