Pancasila / Pancasila (2 SKS) 1 KELAS A Agus Karjuni, M.Pd.I, Rabu, 09.15 s.d 10.30

Publikasi Unusia

Pancasila / Pancasila (2 SKS) 1 KELAS A Agus Karjuni, M.Pd.I, Rabu, 09.15 s.d 10.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Kode Matakuliah xykpi2
Nama Matakuliah Pancasila / Pancasila
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Agus Karjuni, M.Pd.I
Peserta Perkuliahan 23S1KPI0004 - RIF'AH NUR FARICHAH,
23S1KPI0007 - MOHAMAD IQBAL FAQIH,
23S1KPI0009 - DENI ZULKIFLI WIJAYA,
23S1KPI0012 - INDRI,
23S1KPI0014 - ARBI YUSIN RAHARJA,
23S1KPI0022 - RATNA KOMALASARI,
23S1KPI0024 - CITRA WULAN DWI AGUSTIN,
23S1KPI0027 - MOH. WAHID,
23S1KPI0032 - EKI FADILAH,
23S1KPI0038 - NABIL ABDULLAH AQIL,
23S1KPI0041 - BINTANG SATRIA AGOESTA,
23S1KPI0046 - SITI AMINAH

2. Deskripsi Pembelajaran

Mata Kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah strategis yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa guna membekali pengetahuan dan pemahaman secara substantif dan mendalam yang meliputi empat konsensus dasar nasional: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Melalui Pendekatan Pembelajaran berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning). Proses pembelajaran mata kuliah ini diorientasikan sebagai upaya menjadikan Pancasila sebagai sumber nilai, karakter, dan inspirasi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia serta sebagai upaya mereaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam aspek-aspek kehidupan berbangsa dan bernegara Mahasiswa bisa mamaknai tentang pancasila sebagai Dasar dan Falsafah Negara, Etika, Budaya Nusantara dan Reaktualisasi Pancasila.

3. Capaian / Kompetensi

1. Mata Kuliah Pancasila merupakan salah satu mata kuliah strategis yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa guna membekali pengetahuan dan pemahaman secara substantif dan mendalam yang meliputi empat konsensus dasar nasional: Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Melalui Pendekatan Pembelajaran berpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning). Proses pembelajaran Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan wawasan luas tentang: Pancasila meliputi landasan dan tujuan pendidikan Pancasila, Sistem Filsafat, Sejarah Perjuangan Bangsa, Sistem Etika Politik, Ideologi Negara, Ketatanegaraan, Pancasila sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan yang dapat digunakan dalam menganalisis dan mengatasi masalah-masalah aktual dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg kontrak belajar satu semerter ini Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila Penjelasan ttg Kontrak belajar satu semeter Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Buat 13 Kelompok setiap kelomp... Audio Video
2 Mahasiswa Mampu dan Mengerti ttg Landasan Pancasila Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Landasan Pancasila Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :7 Resume materi kuliah hari ini ... Audio Video
3 Mahasiswa mampu dan Mengerti ttg Pancasila sebagai Sistem Filsafat Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila sebagai Sistem Filsafat Penjelasan Materi dan Diskusi Tanya Jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video
4 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video
5 Mahasiswa mampu dan Menggerti ttg Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada Di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa Mampu dan mengerti ttg Pancasila Sebagai Sistem Etika Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila Sebagai Sistem Etika Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa Mampu dan Mengerti ttg Pancasila Sebagai Sistem Etika Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pancasila Sebagai Sistem Etika Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. PENDIDIKAN FILSAFAT PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN - Gianto - Uwais Inspirasi Indonesia-
  2. Buku Ajar Pendidikan Pancasila - Irwan Gesmi; S.Sos.; M.Si; Yun Hendri; SH; MH - Uwais Inspirasi Indonesia-
  3. Paradigma Baru Pendidikan Pancasila - Winarno - Bumi Aksara-2016
  4. PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN - Edi Rohani - Almuqsith Pustaka-
  5. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) - Ani Sri Rahayu - Bumi Aksara-2017
  6. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan - Rahmanuddin Tomalili - Deepublish-2019
  7. APA MENGAPA BAGAIMANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MORAL PANCASILA DAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) - Hamid Darmadi - An1mage-2020
  8. PENDIDIKAN PANCASILA - Rini Setyowati; Buyung; Dewi Mariana; Mertika. - Penerbit Lakeisha-2020
  9. Pendidikan Pancasila - T. Heru Nurgiansah; S.Pd.; M.Pd - CV. Mitra Cendekia Media-2021
  10. Buku Pendidikan Pancasila - Dra. Irawaty; M.Pd.; Dra. Dorce Banne Pabunga; M.Pd.; Dr. Darnawati; M.Pd. - Zifatama Jawara-
  11. Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara - Eka Periaman Zai; S.H.; M.Pd - Penerbit Lutfi Gilang-2020
  12. Pancasila - Eksistensi dan Aktualisasi - Dr.Hernadi Affandi; S.H.; LL.M - Penerbit Andi-
  13. Pendidikan Pancasila - Dr. H. Ishaq; S.H.; M.Hum. - Prenada Media-2021
  14. Pancasila dalam Pendidikan Humaniora - Andreas Doweng Bolo; Arnaldo JR Soares; Ely Elprida Sigiro; Fransiskus Borgias; Ganjar Muhammad Ganeswara; Kristining Seva; Samson Ganda J. Silitonga; Sophan Ajie Setiarmo; Sylvester Kanisius Laku; Stephanus Djunatan; Tatang Sudrajat; Senny Lusiana; Nur - Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing)-2020
  15. Insan Berkarakter Pancasila - Dr. Silverius Y. Soeharso; S.E.; M.M.; - Penerbit Andi-2021
  16. Pendidikan Pancasila - Nanang Trihandoko - Penerbit NEM-2021
  17. Pancasila - Agus Karjuni - UI BBC-2023






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: xykpi2-Pancasila / Pancasila (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Agus Karjuni, M.Pd.I, Hari: Rabu, 09.15 s.d 10.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Komunikasi dan Penyiaran Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS