Implementasi Metode Pembiasaan untuk Membentuk Karakter pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
Implementasi Metode Pembiasaan untuk Membentuk Karakter pada Anak Kelompok B di Tk Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon |
Penulis:
|
AHYA ULUMUDDINI
|
Abstrak:
|
ABSTRAK AHYA ULUMUDDINI. NIM. 2014.3.2.00326 IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI LEMAHABANG KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembiasaan yang dilakukan sehari-hari di TK negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode pembiasaan mendasarkan pada asumsi bahwa anak dapat melakukan sesuatu karena terbiasa melakukannya. Karakter anak akan terbentuk dari pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan. Pembiasaan merupakan cara yang baik yang dapat merangsang perkembangan anak agar membentuk suatu karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembiasaan serta untuk mengetahui hasil beserta faktor pendukung dan penghambat dari proses pembiasaan di TK Negeri Lemahabang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi participant, wawancara mendalam, studi dokumentasi untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan metode pembiasaan dengan mengambil sampel siswa kelompok B2. Hasil dari penelitian pelaksanaan metode pembiasaan di TK Negeri sudah berjalan dengan efektif. Kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang dapat membangun karakter anak. Terbukti dari perkembangan nilai-nilai karakter anak rata-rata sudah pada tahap berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Didalamnya juga terdapat faktor pendukung yaitu dari warga sekolah, orang tua, dan mood anak dan faktor penghambat yaitu dari waktu yang kadang molor dan mood anak yang kurang baik. Pelaksanaan metode pembiasaan berjalan dengan sesuai dan efektif, dari kegiatan penyabutan sampai dengan kegiatan penjemputan. Hasil proses pembiasaan dilihat dari keikutsertaan anak serta sikap atau karakter anak dalam melakukan kegiatan-kegiatan setiap harinya. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Metode Pembiasaan, Pendidikan Karakter, Anak Usia Dini
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmw14r18il%2Bpdyf8zcOfU9QU5ZY0DQnMLp7qKVSTvWXSTzBHWp64CCVYruz2AfH3lSnoAyjKgU8p6niMw%2BnMEcZ4mf6YQmiq0pe%2BQlwg0tv1QksdDv97VYHlMKZsogMiGj%2F7ojaKANE7yZqBeWCOERJtJKu01m9dZ0%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap