EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DI SDIT AL-FALAH KOTA CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DI SDIT AL-FALAH KOTA CIREBON |
Penulis:
|
DZI YUSMAN
|
Abstrak:
|
Penelitian ini membahas program pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDIT Al-Falah kota Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh generasi pendidikan yang diluar sudah benar-benar jauh dari Allah, dan salah satu yang mampu mendekatkan kepada Allah swt adalah senantiasa berdiskusi dengan Allah, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengingat kalam-Nya, sehingga tercipta generasi-generasi masa depan yang berakhlak dan memiliki sifat ihsan. Dalam hal ini pembelajaran tahfidz adalah solusi yang tepat untuk menjadikan anak sebagai generasi qurani. Rumusan masalah adalah perencanaan pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik,pelaksanaan pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan evaluasi pembelajaran tahfidzul quran dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SDIT Al-Falah kota Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif deskriptif evaluatif. Subjek yang diteliti adalah kepala sekolah, wakasek kurikulum, koordinator tahfidz, guru tahfidz, siswa kelas IV dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, mendisplay data dan menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitain menunjukkan bahwa evaluasi program tahfidzul quran di SDIT Al-Falah kota Cirebon adalah; (1) Perencanaannya melalui visi misi sekolah yang salah satunya adalah pendidikan yang berlandaskan quran dan sunnah dan menjadikan pembelajaran tahfidzul quran sebagai mata pelajaran unggulan. (2) Pelaksanaannya adalah dengan cara setoran hafalan, tahsin tilawah, tasmi’, muroja’ah, dan test dadakan dan . (3) Evaluasinya dilakukan dengan cara evaluasi per-juz, evaluasi per-surat, evaluasi sima’an, evaluasi mingguan, evaluasi bulanan dan evaluasi khusus. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
evaluasi program, pembelajaran tahfidzul quran, motivasi belajar
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmEf2WEhIx3Q2%2FwTQLI7Mpnm7mRJ%2Bnk2njiQepUzKtWC5g0aA1Pbx7%2FHnmJKCNvNRSj%2B7K45nmCFR6LNa4BGVEvg8NvxIjT%2BoKd%2FJYyq6FzAG7BxyFjO5h%2BadYSwxf1Ra8J%2Fb7uMSemLk2V99eudY7xIGfcgI%2FLv6c%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-20 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap