| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Agama Islam |
| Kode Matakuliah | xypai8 |
| Nama Matakuliah | Studi Islam Rahmatan Lil Alamin / Islamic Studies Rahmatan Lil-Alamin |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Dr. H. Moh. Soleh, S.Ag.,M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 23S1MPI0022 - ABDUL WAHID, 23S1PAI0001 - MANTIK AYUNINGRUM, 23S1PAI0008 - AMAL ABDUL HAKAM, 23S1PAI0009 - M. FAIZUDIN AL-KHAMIED, 23S1PAI0010 - YUSUF MAULANA, 23S1PAI0011 - MUHAMAD YUSUF ISMAIL, 23S1PAI0012 - AURA NAYLA ARDYA, 23S1PAI0018 - FAUZI SYAHRUL RAMDHANI, 23S1PAI0028 - ADZKIYA SYIFA AZ-ZAHRO, 23S1PAI0030 - DIANAWATI, 23S1PAI0034 - RENDI ROHAEDI, 23S1PAI0035 - SUCI HARDIANTI, 23S1PAI0037 - ASYROF ROJABI, 23S1PAI0041 - ANDINY NUR HEKMAH, 23S1PAI0044 - NUR SALSABILA HAMILATU ROHMAH, 23S1PAI0045 - IMROATUZ ZAHRA RAMADHANI, 23S1PAI0051 - MUHAMMAD WILDAN FIRDAUS, 23S1PAI0052 - HASAN, 23S1PAI0054 - ALIYA FITRIA RAMADANI, 23S1PAI0056 - FARIZ FARDIANSYAH, 23S1PAI0061 - FARHAN MUHAROM, 23S1PAI0062 - KHOIRUNNISA, 23S1PAI0063 - SITI NURASIH, 23S1PAI0064 - ACHMAD ZACKY 'AISY NABIL, 23S1PAI0070 - SITI ADE NURAZIZAH, 23S1PAI0071 - ADE NURKHAYATI, 23S1PAI0078 - NURLAELA, 23S1PAI0089 - MUZFAR KHOERUL ANAM, 23S1PAI0091 - HUSNUL CHOTIMAH, 23S1PAI0092 - SYIFQOH SHAFRINA, 23S1PAI0094 - ILLIYYIN, 23S1PAI0096 - NIHLAH ZANJABILA, 23S1PAI0097 - MUHAMMAD RIZQI ALFAENI, 23S1PAI0116 - MOH.NADZIFNALAL FADIL, 23S1PGMI0038 - FENI FATHNIANI |
Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan belajar tentang konsep, prinsip-prinsip dan metoda Islam Rahmatan Lil Alamin yang akan digunakan kelak pada saat hidup di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa belajar pengertian pengetahuan, ilmu dan filsafat dalam Islam Rahmatan Lil Alamin
1. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam.
2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai metode pembelajaran khususnya yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill)
3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
4. Mengetahuai penguasaan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam
5. Menguasai teori pendidikan, kebijakan bidang PAI, manajemen dan konsep dasar Islam yang Rohmatan lil’alamiin.
6. Mahasiswa dapat memahami konsep Islam yang rohmatan lil’alamiin
7. Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain konsep dan praktek Islam Rahmatan Lil Alamin dengan langsung maupun inovasi dengan teknologi yang terkait dengan pengembangan bidang Pendidikan Agama Islam.
8 Mahasiswa dapat memahami konsep Islam yang rohmatan Lil’alamiin
9. Mahasiswa Mampu menjelaskan prinsip Islam Rahmatan Lil Alamin yang praktis dan mudah dipahami
10. Mahasiswa Mampu mendesain konsep dan praktek Islam Rahmatan Lil Alamin dengan langsung
maupun inovasi dengan teknologi yang terkait dengan pengembangan pendidikan Agama Islam
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction (Kontrak kuliah) Mahasiswa Mampu menjelaskan Pengertian, asal-usul, macam-macam, unsur, tujuan dan fungsi agama |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Introduction (Kontrak kuliah) Mahasiswa Mampu menjelaskan Pengertian, asal-usul, macam-macam, unsur, tujuan dan fungsi agama |
Ceramah dan tanya jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :6 Tidak ada tugas Tugas individu pertemuan ke 1 Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 2 | Introduction (Kontrak kuliah) Mahasiswa Mampu menjelaskan Pengertian, asal-usul, macam-macam, unsur, tujuan dan fungsi agama |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Introduction (Kontrak kuliah) Mahasiswa Mampu menjelaskan Pengertian, asal-usul, macam-macam, unsur, tujuan dan fungsi agama |
Studi Islam Rohmatan Lil'alamiin | Diskusi, tanya jawab dan penjelasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ada di ecampus |
| Catatan Ujian Diskusi :11 Materi :5 buat kelompok untuk buat makal... Audio Video | ||||||||
| 3 | Mampu mendeskripsikan Kebutuhan manusia terhadap Agama | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu mendeskripsikan Kebutuhan manusia terhadap Agama | Study Islam Rahmatan lil'alamiin | Diskusi Tanya Jawab penjelasan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di e-campus |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mampu menjelaskan Pokok-pokok ajaran Islam; Iman, Islam dan Ihsan/ Iman, Ilmu dan Amal | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu menjelaskan Pokok-pokok ajaran Islam; Iman, Islam dan Ihsan/ Iman, Ilmu dan Amal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mampu menjelaskan Pokok-pokok ajaran Islam; Iman, Islam dan Ihsan/ Iman, Ilmu dan Amal | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu menjelaskan Pokok-pokok ajaran Islam; Iman, Islam dan Ihsan/ Iman, Ilmu dan Amal | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu mendesain Karakteristik dan prinsip-prinsip ajaran Islam, persamaan dan perbedaannya dengan Agama lainnya Mahasiswa mampu mendesain Karakteristik dan prinsip-prinsip ajaran Islam.Persamaan dan perbedaan Agama Islam dengan Agama lainnya. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa mampu mendesain Karakteristik dan prinsip-prinsip ajaran Islam, persamaan dan perbedaannya dengan Agama lainnya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | PTS (Penilaian Tengah Semester) | Mahasiswa mampu Menjawab soal PTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | PTS (Penilaian Tengah Semester) | Mahasiswa mampu meniawab soal-soal PTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mampu mendesain dan mempraktekkan Aspek Ibadah dan Latihan Spiritual | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu mendesain dan mempraktekkan Aspek Ibadah dan Latihan Spiritual | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Sejarah dan Kebudayaan Islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Sejarah dan Kebudayaan Islam | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Sejarah dan Kebudayaan Islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Sejarah dan Kebudayaan Islam | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Kemasyarakatan dalam Islam | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Kemasyarakatan dalam Islam | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Kemasyarakatan Mampu mendesain 1. Keseimbangan wawasan intelektual : penguasaan sains dan teknologi 2. Konsep maqashid al-syar’iyah dalam Islam |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami Mampu mendesain Aspek Kemasyarakatan dalam Islam Mampu mendesain 1. Keseimbangan wawasan intelektual : penguasaan sains dan teknologi 2. Konsep maqashid al-syar’iyah dalam Islam |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa dapat memahami mampu mendesain • Aspek Pembinaan Akhlak dalam Islam • Perspektif Islam tentang Kesetaraan gender |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mahasiswa dapat memahami mampu mendesain • Aspek Pembinaan Akhlak dalam Islam • Perspektif Islam tentang Kesetaraan gender |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | PAS (Penilaian Akhir Semester) | Menjawab Soal PAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mampu mendesain 1. Keseimbangan wawasan intelektual : penguasaan sains dan teknologi 2. Konsep maqashid al-syar’iyah |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan Mampu mendesain 1. Keseimbangan wawasan intelektual : penguasaan sains dan teknologi 2. Konsep maqashid al-syar’iyah |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | PAS (Penilaian Akhir Semester) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypai8-Studi Islam Rahmatan Lil Alamin / Islamic Studies Rahmatan Lil-Alamin (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Dr. H. Moh. Soleh, S.Ag.,M.Pd, Hari: Rabu, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon