| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x3pgmi7 |
| Nama Matakuliah | Desain Pembelajaran IPA MI/SD / Science Design for Elementary School |
| Semester | 3 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Sulkhah, M.Pd |
| Peserta Perkuliahan | 2022.3.10.1.00718 - AINUL GHURRY, 2022.3.10.1.00720 - ANANDA FAUZIYAH AHMAD, 2022.3.10.1.00721 - ANISATUNNISA, 2022.3.10.1.00723 - BAGUS SETIAWAN MIFTAKH, 2022.3.10.1.00724 - DELLA PUSPITA, 2022.3.10.1.00725 - DEVIA ANGGRAENI, 2022.3.10.1.00726 - DIANA DINI ASTUTI, 2022.3.10.1.00730 - FATIMAH AZZAHRA, 2022.3.10.1.00731 - FIKRI FAUZAN, 2022.3.10.1.00732 - FITRI AULIYANI, 2022.3.10.1.00735 - HANIFAH, 2022.3.10.1.00736 - HAZIMAH SHOFIYAH, 2022.3.10.1.00742 - KAMILAH DANISH ARA, 2022.3.10.1.00743 - LILIS MARDIANA, 2022.3.10.1.00744 - M. ADAM ZIKRILLAH, 2022.3.10.1.00746 - MILA SARI, 2022.3.10.1.00747 - MOH. HIDAYATULLAH, 2022.3.10.1.00748 - MOHAMAD DIFA HAQQAN, 2022.3.10.1.00755 - NIA NURFAUZIAH, 2022.3.10.1.00756 - NITA ALJULIA, 2022.3.10.1.00758 - NUR'ASYIFA, 2022.3.10.1.00764 - RAHMAWATI, 2022.3.10.1.00765 - RATNA ROKHIMAH, 2022.3.10.1.00768 - ROSAILAH FARHAH, 2022.3.10.1.00773 - SITI SU'AEDAH, 2022.3.10.1.00774 - SOVIYAWATI, 2022.3.10.1.00778 - ULIF YASIHAN NURIKHA, 2022.3.10.1.00779 - ULUL ALBAB, 2022.3.10.1.00781 - VARADILA NUR SYAFIIQOH, 2022.3.10.1.00787 - SITI FARAH NABILA, 2022.9.6.1.00304 - ABDUL MALIK IBROHIM, 23S1PGMI0063 - DAFFA AFFANIN RIANA |
Mata kuliah Desain pembelajaran ini mempelajari Desain model pembelajaran IPA, Desain pendekatan pembelajaran IPA, Desain metode pembelajaran IPA, Desain strategi Pembelajaran IPA, Desain pengembangan Media pembelajaran IPA, Dsain rancangan evaluasi dan penilaian pembelajaran IPA, Merancang desain pembelajaran IPA
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Desain Pembelajaran IPA SD/ MI, mahasiswa mampu
CPMK-1 Mengkaji implikasi atau implementasi materi desain pembelajaran IPA Sd/MI
CPMK-2 Memiliki keterampilan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran, metode
pembelajaran,
CPMK-3 Menerapkan konsep, pendekatan, strategi, model, metode, bahan ajar, sumber dan media
pembelajaran, dalam mengembangkan dan mengaktualisasikannya secara tepat
CPMK-4 Merancang dan mengelola media, alat peraga, bahan ajar, sumber belajar berbasis Digital pada
pembelajaran di ranah pendidikan dasar
CPMK-5 Merancang evaluasi dan penilaian secara autentik terhadap proses dan hasil pembelajaran
CPMK-6 Merancang desain pembelajaran jenjang pendidkan dasar
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak perkuliahan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang kontrak perkuliahan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal, tentang kontrak perkuliahan | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 buatlah sebuah kelompok belaja... Audio Video | ||||||||
| 2 | Mendesain model pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu mengkaji dan mendikusikan Hakikat belajar dan pembelajaran IPA | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal Hakikat belajar dan pembelajaran IPA | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tentukan sebuah model pembelaj... Audio Video | ||||||||
| 3 | Mendesain Model Pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu mengkaji dan mengimplementasikan model pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 4 | Mendesain pendekatan pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu mengkaji dan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran IPA | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi :7 Materi :1 Bagaiamana anda mendesain pemb... Audio Video | ||||||||
| 5 | Mendesain Metode Pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Implementasikan metode pembela... Audio Video | ||||||||
| 6 | Mendesain strategi Pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mendesain media pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :6 Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 9 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 12 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 13 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 15 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 16 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 17 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 18 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 19 | Merancang pembelajaran IPA | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Buat rancangan pembelajaran de... Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x3pgmi7-Desain Pembelajaran IPA MI/SD / Science Design for Elementary School (2 SKS), Semester: 3 KELAS A, Dosen : Sulkhah, M.Pd, Hari: Rabu, 08.00 s.d 09.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon