MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B RA AL-MAIJAH DESA GUMULUNGLEBAK KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B RA AL-MAIJAH DESA GUMULUNGLEBAK KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON |
Penulis:
|
MELINDA
|
Abstrak:
|
MELINDA. NIM 2015.4.3.1.00387.MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B RA AL-MAIJAH DESA GUMULUNGLEBAK KECAMATAN GREGED KABUPATEN CIREBON Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak berkembang kurang maksimal karena memperoleh stimulasi yang sama yaitu terlalu sering melaksanakan kegiatan mewarnai menggunakan crayon. strategi pembelajaran yang kurang bervariasi ketika kegiatan pembelajaran berdampak pada tujuan stimulasi yang diberikan kepada anak karena itu untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan kegiatan mewarnai menggunakan media yang bervariasi untuk melatih kemampuan motorik halus anak di kelompok B. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran melalui kegiatan mewarnai dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. 2). Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan mewarnai dalam meningkatkan kemampuan motorik halus. 3). Untuk mendeskripsikan hasil kemampuan motorik halus anak setelah melakukan kegiatan mewarnai. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B Ra Al-Maijah Desa Gumulunglebak kecamatan Greged Kabupaten Cirebon berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini : 1). Perencanaan pembelajaran melelui kegiatan mewarnai dalam meningkatkan kemampuan motorik halus disusun berdasarkan standar dalam kaidah kurikulum anak usia dini. Pada siklus I perencanaan menggunakan 3 alat mewarnai yang berbeda. Pada siklus II perencanaan pembelajaran diubah dengan menggunakan media cotton bud dengan 2 ukuran yang berbeda dan penambahan pewarna makanan. 2). Pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan mewarnai dalam meningkatan kemampuan motorik halus kelompok B RA Al-Maijah Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon berjalan dengan sangat baik yang di buktikan dengan tingkat aktivitas guru dan anak pada tiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan dan menjadi lebih baik. 3). Hasil kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai pada kelompok B RA Al-Maijah Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon berdasarkan hasil analisis data diketahui berkembang setelah melalui proses 2 siklus yang dibuktikan dengan hasil bahwa pada siklus I presentase pencapaian sebesar 67,2% dengan kategori baik. pada siklus II meningkat menjadi 96,1% dengan kategori sangat baik. Kesimpulannya bahwa kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia dini. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
Kemampuan Motorik halus, kegiatan mewarnai
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWckpZ%2Bv9%2BQ0SsfA6bzaUW3fkwRBb1vHtFcFMF1LjZ8S0bV6D5kr4JUYYrAkGT0BGcxhoy%2FKi2NWImSLDgxOrO2hItf5F57XKfkHf1SaFJZFoLOCq%2F5Sjx2E8ReJ3nblwbpDlcnd1dH8iLfTIzHTeAZJNWW0L84p3diQ%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap