| Fakultas | Ekonomi dan Bisnis Islam |
| Jurusan | Ekonomi Syari`ah |
| Kode Matakuliah | x5eksy6 |
| Nama Matakuliah | Ekonomi Pembangunan Islam / Islamic Development Economics |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | H. Tarjono, MM |
| Peserta Perkuliahan | 2019.2.8.1.01322 - FIRDAUS NATA WIJAYA, 2021.2.10.1.01809 - ADE ROSYADI, 2021.2.10.1.01814 - AINUN ROHMAH, 2021.2.10.1.01815 - AKHMAD RIYANTO, 2021.2.10.1.01816 - AKHMAD ROFIK, 2021.2.10.1.01825 - ARIEF DURACHMAN, 2021.2.10.1.01827 - ASTRI SUCI MALIYATI, 2021.2.10.1.01830 - AYU ALFIANI PRATIWI, 2021.2.10.1.01831 - AYU RAHAYU NINGRUM, 2021.2.10.1.01836 - CINDRI ANTIKA, 2021.2.10.1.01844 - DEWI PUTRI, 2021.2.10.1.01845 - DICKY HARIPRANOTO, 2021.2.10.1.01846 - DIMAS SAPUTRA, 2021.2.10.1.01848 - DITA SHILFI LESTARI, 2021.2.10.1.01850 - EDI JUHAEDI, 2021.2.10.1.01851 - ELIYA, 2021.2.10.1.01855 - EVIEN JUBAIDAH, 2021.2.10.1.01857 - FARHAN HERSANTO, 2021.2.10.1.01867 - HANI SITI RUBAE'AH, 2021.2.10.1.01880 - JUWERIYAH, 2021.2.10.1.01888 - LINDA TRI RAHMAWATI, 2021.2.10.1.01898 - MEYFA DWI HANA ANINDYA, 2021.2.10.1.01906 - MUH. FADLI, 2021.2.10.1.01913 - MUHAMMAD, 2021.2.10.1.01931 - NOVI PRIHATINI, 2021.2.10.1.01938 - NURRUL AISYAH DWI PUTRI, 2021.2.10.1.01945 - PRAMADHAN, 2021.2.10.1.01950 - RETNO WULANDARI, 2021.2.10.1.01951 - RIFKI RAMADAN, 2021.2.10.1.01955 - ROMADHANI, 2021.2.10.1.01968 - SRI ANDINI, 2021.2.10.1.01971 - SUKIRNO, 2021.2.10.1.01972 - SULAEMAN, 2021.2.10.1.01978 - TEGAR WIBOWO, 2021.2.10.1.01979 - TEGUH LESMANA, 2021.2.10.1.01984 - WIWIN NURLIA, 2021.2.10.1.01985 - YAHYA HUDA PRATAMA, 2021.2.10.1.01993 - HAIKAL IHZA NURWAHID, 2021.2.10.1.01997 - REYHAN GHIFFARI |
Mata kuliah ini menjelaskan makna serta peran pembangunan pada negara yang sedang berkembang, bagaimana ciri-ciri negara yang sedang berkembang beserta persoalan-persoalan yang sedang dihadapi, menjelaskan strategi serta kebijakan pembangunan, teori-teori ekonomi pembangunan. Negara yang sedang berkembang salah satunya adalah Indonesia
1. Mampu menjelaskan konsep dasar ekonomi pembangunan
2. Menganalisis persoalan-persoalan yang terjadi pada negara berkembang.
3. Mampu memberikan gambaran konkrit, data-data, menyimpulkan permasalahan serta memberikan solusi terhadap persoalan yang ada.
4. mampu menyusun proposal penelitian dan mempresentasikan nya dengan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kontrak kuliah, silabus, rps, tugas dan sistem pembelajaran | Mahasiswa mampu Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Konsep Dasar Ekonomi Pembangunan | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Konsep Dasar ekonomi Pembangunan | Negara Berkembang | Pembelajaran, Diskusi dll | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Negara sedang Berkembang dan Negara Berkembang | Mahasiswa mampu membedakan negara sedang berkembang dan negara berkembang | perkembagan negara berkembang menjadi negara Middle | Diskuasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Pertumbuhan dan Pembangunan ekonomi | Mahasiswa mampu menjelaskan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi | Pertumbuhan Ekonomi tidak mencerminkan kesejahtaraan masarakat secara umum | Pembelajaran dan diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Teori Pembangunan Ekonomi ; Adam Smith dan Rostow | Mahasiswa mampu Mengetahui teori pembangunan ekonomi menurut Adam Smith dan Rostow | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Teori Pembangunan Ekonomi ; Robert Maltus | Mahasiswa mampu mengetahui teori pembangunan menurut Robert Maltus | Pemerataan Pendapatan | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Peranan Pemerintah Dalam Pembangunan | Mahasiswa mampu mengetahui bagaimana peran pemerintah dalam perkembangan pembangunan | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Ekonomi Pembangunan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Gross Nasional Product (GNP) | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Stategi Pembangunan | Mahasiswa mampu mengetahui bagaimana strategi pembangunan yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pembangunan nasional | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Distribusi Pendapatan dan Kemiskinan | Mahasiswa mampu membedakan indikator yang menentukan perumbuhan modern, distribusi pendapatan serta kemiskinan | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Pertumbuhan ekonomi dan pemerataan | Mahasiswa mampu memberikan penjelasan dengan baik dampak dari perumbuhan ekonomi pada pemerataan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1 | ||||||||
| 12 | Kependudukan dalam pembangunan ekonomi | Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa hal tentang kependudukan; tingkat pertumbuhan penduduk, penyebaran penduduk, migrasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Pengangguran dan Pembangunan ekonomi | Mahasiswa mampu Mengetahui jenis pengangguran dan bagaimana perannya pada pembangunan ekonomi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Ketenagakerjaan di Indonesia | Mahasiswa mampu Mengatahui keadaan tenagakerjaan Indonesia; regulasi, kebijakan, peran pemerintahan | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Pembangunan ekonomi Indonesia | Mahasiswa mampu Mamahami bagaimana proses pembangunan ekonomi yang terjadi di Indonesia | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Ketenagakerjaan Idonenesia | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Kondisi Ekonomi setelah Covid 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | UAS | UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5eksy6-Ekonomi Pembangunan Islam / Islamic Development Economics (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : H. Tarjono, MM, Hari: Selasa, 19.00 s.d 20.10, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Ekonomi Syari`ah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon