PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP MA’ARIF PANGENAN
KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
|
Judul:
|
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA
TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP MA’ARIF PANGENAN
KABUPATEN CIREBON |
|
Penulis:
|
NURLAELI
|
|
Abstrak:
|
ABSTRAK NURLAELI. NIM. 2014.17.02000 PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP MA’ARIF PANGENAN KABUPATEN CIREBON Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Ma’arif Pangenan kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilator belakangi perkembangan zaman yang tidak diiringi dengan pengawasan dari orang tuanya masing-masing, banyak sekali anak-anak yang masih berusia dini sudah mengenal dunia luar dari berbagai media, oleh karenanya selaku orang tua wajib untuk selalu membimbing, mengawasi dan memperhatikan anaknya terutama dalam bidang pendidikan hususnya pendidikan akhlak untuk mencegah generasi yang kurang sehat dari segi moral. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui seberapa besar perhatian orang tua siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif Pangenan Kabupaten Cirebon. 2) Untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif Pangenan Kabupaten Cirebon. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif Pangenan Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post faktor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMP Ma’arif Pangenan Kabupaten Cirebon berjumlah 235 siswa dan sampel yang diambil adalah kelas VII berjumlah 32 siswa menggunakan sampling kuota yang telah ditetapkan peneliti. Variable dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua dan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan dorongan untuk mencapai perubahan dalam dirinya, baik dalam diri siswa maupun dari luar siswa. Pentingnya peranan motivasi dalam proses pembelajaran perlu dipahami oleh pendidik agar dapat melakukan berbagai bentuk tindakan atau bantuan kepada siswa. Kesimpulan dari penelitian ini diperoleh bahwa nilai Fhitung (42,796) lebih besar dari Ftabel (4.17). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model yang dihasilkan adalah baik. Untuk t tabel dicari pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df) n-2 atau 32 - 2 = 30. Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi =0,05) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 1.69726. Karena t hitung (6,542) lebih besar dari t tabel (1.69726) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif Pangenan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SMP Ma’ari Pangenan Kabupaten Cirebon. |
|
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
aku ingin belajar
Referensi : |
|
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcmChqx4DYs4j9DxaY0jcCzJ2NwHLylUGoEHoa0SRqBcPqwK0kSNRuOrgLMJqc%2BD3QIatAL5rRMQw9r9LN3fCy1YSDSmdHAW21IApsGyA7K8T3zcLZvCizHLEGd4L1bdgm%2FAFyPdZCEWKHzxPr1UeuVM3ukhBDXvWnE%3D
|
|
Tanggal:
|
2019-05-27 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap