Manajemen Marketing Pendidikan / Educational Marketing Management (2 SKS) 5 KELAS B Agus Karjuni, M.Pd.I, Selasa, 16.15 s.d 17.30

Publikasi Unusia

Manajemen Marketing Pendidikan / Educational Marketing Management (2 SKS) 5 KELAS B Agus Karjuni, M.Pd.I, Selasa, 16.15 s.d 17.30

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Kode Matakuliah x5mpi9
Nama Matakuliah Manajemen Marketing Pendidikan / Educational Marketing Management
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Agus Karjuni, M.Pd.I
Peserta Perkuliahan 2021.5.7.1.00187 - ACHMAD AL MUNAWAR,
2021.5.7.1.00188 - AD RIFKY CHAIRIL AMRI,
2021.5.7.1.00189 - AKHMAD BAIHAQI MALIK,
2021.5.7.1.00191 - ALFARABI MUHAMMAD RIZQY,
2021.5.7.1.00192 - ALGA YOLANDA,
2021.5.7.1.00193 - AMMAR,
2021.5.7.1.00194 - ARIS DARMAWAN,
2021.5.7.1.00195 - AUFAA TRI CAHYO RAMADHANI,
2021.5.7.1.00196 - AZRI FAIZRIHAN,
2021.5.7.1.00199 - HAQUL YAQIN,
2021.5.7.1.00200 - M. KHOZIN AL MURTAQI MAKARIMA,
2021.5.7.1.00203 - MUHAMMAD ATIQ RAMADHANI,
2021.5.7.1.00204 - MUHAMMAD BUDI SYAH,
2021.5.7.1.00205 - MUHAMMAD DILFATON,
2021.5.7.1.00206 - MUHAMMAD HARITS ARFAN,
2021.5.7.1.00207 - MUHAMMAD RIZKY FATHUL FIRDAUS,
2021.5.7.1.00208 - MUHAMMAD SALMAN ALFARISI,
2021.5.7.1.00210 - NURDI NURI

2. Deskripsi Pembelajaran

Sikap
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Menunjukan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/ madrasah atau instansi yang menyelenggarakan pendidikan baik pemerintah maupun swasta
Pengetahuan
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan akademik dan dunia kerja;
Keterampilan Umum
1. Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri, kolektif, melalui pengembangan diri dan menafaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan Islam yang sejati.
2. Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;
3. Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan Islam, yaitu: bidang kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan
Keterampilan Khusus
1) Mampu menganalisis desain tata kelola perusahaan untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
2) Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi pengelolaan pendidikan Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan Islam;
3) Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan

3. Capaian / Kompetensi

1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang Manajemen Pendidikan Islam berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,desain atau kritik
2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yangberada di bawah tanggung jawabnya.
3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawahtanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu dan mengerti materi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam satu Semester Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran Pendidikan Diskusi dan Penjelasan serta Tanya Jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Buat 14 Kelompok untuk di bagi... Audio Video
2 mahasiswa mampu dan memngerti ttg Pengertian, Tujuan dan Karateristik Manajemen Pemasaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pengertian, Tujuan dan Karateristik Manajemen Pemasaran Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan ttg Pengertian, Tujuan dan Karateristik Manajemen Pemasaran Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Buat Resume Materi hari ini da... Audio :1 Video :1
3 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Pemasaran: Konsep dan Filosofi Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran: Konsep dan Filosofi Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Resume Materi Diskusi hari ini... Audio :1 Video :1
4 Mahasiswa Mampu dan Mengerti ttg Pengertian Manajemen Pemasaran Pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Pengertian Manajemen Pemasaran Pendidikan Diskusi Materi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Pengertian MMP Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :3 Jawablah Quis dan Upload Audio :1 Video :1
5 Mahasiswa mampu dan Mengerti ttg Fungsi Marketing Dalam
Pendidikan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Fungsi Marketing Dalam
Pendidikan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :6 Resume Materi Diskusi Audio :3 Video :3
6 Mahasiswa Mampu dan Mengerti ttg Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Penjelasan Materi dan Diskusi Tanya Jawab Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :6 Resume materi sesuai pertemuan Audio :1 Video :1
7 Mahasiswa mampu menjawab dan menganilisis Quis (Pelaksanaan Quiz) Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran Pendidikan Mengerjakan dan menjawab soal Quis dengan menganalisisnya Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi :5 Pelaksanaan Quiz : Kerjakan d... Audio Video
8 Mahasiswa mampu dan mengerti
ttg Strategi Pemasaran Lembaga
Pendidikan Di Era Digital
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Strategi Pemasaran Lembaga
Pendidikan Di Era Digital
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Strategi Pemasaran Lembaga
Pendidikan Di Era Digital
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :6 resume materi Audio Video
9 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik
Penjelasan Materi dan Tanya Jawab Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan
Kuantitas Peserta Didik
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Resume materi kuliah sesuai pe... Audio Video
10 Mahasiswa mampu dan mengerti materi yang telas di diskusikan dan sudah dijelaskan sbelumnya Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran Pendidikan Menganalisis soal dan menarasikan yang telah di dapat materi Manajemen Pemasaran pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Pemasaran
Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran
Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Manajemen Pemasaran
Dalam Meningkatkan Mutu
Pendidikan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :9 Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Implementasi Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan
Dalam Meningkatkan Kepuasan
Pelanggan.
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Implementasi Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan
Dalam Meningkatkan Kepuasan
Pelanggan.
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Implementasi Manajemen
Pemasaran Jasa Pendidikan
Dalam Meningkatkan Kepuasan
Pelanggan.
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :6 Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Desain Model Manajemen
Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Desain Model Manajemen
Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Desain Model Manajemen
Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa Turun Lapangan melaksanakan Desain Model Manajemen
Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Desain Model Manajemen
Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan
Pelaksanaan Pengambilan Data Desain Model Manajemen
Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu dan bisa menjelaskan ttg Loporan Pelaksaan Penelitian Lapangan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen pemasaran Pendidikan Melaporkan kegiatan Loporan
Pelaksaan Penelitian Lapangan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Diskusi dan Penjelasan Materi Manajemen Mutu Berbasis Sekolah Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa harus bisa Mempresentasikan lembaga
masing masing
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran Pendidikan Melaporkan dan Mempresentasikan lembaga
masing masing
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :5 Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Faktor Penghambat Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Faktor Penghambat Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Diskusi Tanya jawab dan Penjelasan Faktor Penghambat Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-campus
Catatan Ujian Diskusi Materi :5 Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu dan mangusai ttg Manajemen Pemasaran Pendidikan Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Manajemen Pemasaran Pendidikan Menganalisis Soal Ujian Akhir Semester Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Ada di E-Campus
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :9 Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan

  1. Manajemen corporate dan strategi pemasaran jasa pendidikan - Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Buchari Alma; Ratih Hurriyati; Bucha - -2008
  2. MANAJEMEN PEMASARAN JASA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM - Amiruddin; Ahmad Husein Ritonga; Samsu - Penerbit K-Media-
  3. Manajemen Pemasaran - Satriadi; Wanawir; Eka Hendrayani; Leonita Siwiyanti; Nursaidah - Samudra Biru-2021
  4. Manajemen Pemasaran - Dr. Melati; S.E.; M.Si. - Deepublish-2020
  5. MPOT - Syarifah Nim’ah; dkk. - Penerbit NEM-2022
  6. Manajemen Pemasaran - Erina Alimin; Eddy; Diana Afriani; Nendy Pratama Agusfianto; Yusi Faizathul Octavia; Titiek Mulyaningsih; Satriawan; Siti Yulianah M. Yusuf; Rudi Irwansyah; Agustinus Moonti; Adiek Astika Clara Sudarni; Budiani Fitria Endrawati; Suhadarliyah; Armiani; S - Seval Literindo Kreasi-2022
  7. MANAJEMEN PEMASARAN - Nurmin Arianto; SE.; MM. - Cipta Media Nusantara-
  8. MANAJEMEN PEMASARAN JASA - Dwi Dewianawati; Nunung Nurhayati; Mashur Razak; Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya; I Gusti Ngurah Suaryasa; Dwi Putra Buana Sakti; I Made Darsana; Hafidz Hanafiah; Fahrina Mustafa; Maria Puspitasari; Dewi Puspasari; Andi Wa Ode Suastina - CV. Intelektual Manifes Media-2023
  9. Manajemen Pendidikan: Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Islam - Ngalimun; M.Pd.; M.I. Kom - -2022
  10. MANAJEMEN DALAM PENDEKATAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN MASYARAKAT - Deisye Supit; Danny A Masinambow; Fentje Ferry Assa - Mafy Media Literasi Indonesia-2023
  11. MANAJEMEN PEMASARAN - Aditya Pandowo; S.E.; M.Si Dr. Siti Uswatun Kasanah; Dr. Masruchin; S.HI; M.E.I Ramon Hurdawaty; S.TP; MM; Reni Sulistiyowati; S.Sos.; M.M. Astika Ulfah Izzati; Welan Mauli Angguna; S. Psi.; M. Si; Sri Yulianti; S.Sos.; M.I.K; Frianka Anindea S.E.;M.M.; - Basya Media Utama-2023
  12. Manajemen Pemasaran Pendidikan - Agus Karjuni - UI BBC-2023






Berita

Artefak perkuliahan Matakuliah: x5mpi9-Manajemen Marketing Pendidikan / Educational Marketing Management (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Agus Karjuni, M.Pd.I, Hari: Selasa, 16.15 s.d 17.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS