| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Manajemen Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | x5mpi9 |
| Nama Matakuliah | Manajemen Marketing Pendidikan / Educational Marketing Management |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Agus Karjuni, M.Pd.I |
| Peserta Perkuliahan | 2021.5.7.1.00187 - ACHMAD AL MUNAWAR, 2021.5.7.1.00188 - AD RIFKY CHAIRIL AMRI, 2021.5.7.1.00189 - AKHMAD BAIHAQI MALIK, 2021.5.7.1.00191 - ALFARABI MUHAMMAD RIZQY, 2021.5.7.1.00192 - ALGA YOLANDA, 2021.5.7.1.00193 - AMMAR, 2021.5.7.1.00194 - ARIS DARMAWAN, 2021.5.7.1.00195 - AUFAA TRI CAHYO RAMADHANI, 2021.5.7.1.00196 - AZRI FAIZRIHAN, 2021.5.7.1.00199 - HAQUL YAQIN, 2021.5.7.1.00200 - M. KHOZIN AL MURTAQI MAKARIMA, 2021.5.7.1.00203 - MUHAMMAD ATIQ RAMADHANI, 2021.5.7.1.00204 - MUHAMMAD BUDI SYAH, 2021.5.7.1.00205 - MUHAMMAD DILFATON, 2021.5.7.1.00206 - MUHAMMAD HARITS ARFAN, 2021.5.7.1.00207 - MUHAMMAD RIZKY FATHUL FIRDAUS, 2021.5.7.1.00208 - MUHAMMAD SALMAN ALFARISI, 2021.5.7.1.00210 - NURDI NURI |
Sikap
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
2. Menunjukan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/ madrasah atau instansi yang menyelenggarakan pendidikan baik pemerintah maupun swasta
Pengetahuan
Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan akademik dan dunia kerja;
Keterampilan Umum
1. Mampu mengembangkan keprofesian dan keilmuan secara berkelanjutan, mandiri, kolektif, melalui pengembangan diri dan menafaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mewujudkan kinerja diri sebagai tenaga administrasi pendidikan Islam yang sejati.
2. Mampu menyusun dan mengelola data dan informasi melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi manajemen (SIM) bidang pendidikan;
3. Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan Islam, yaitu: bidang kurikulum, bidang sumber daya manusia pendidikan, bidang sarana dan prasarana, bidang keuangan (accounting), bidang administarisi perkantoran, bidang pemasaran (marketing) pendidikan
Keterampilan Khusus
1) Mampu menganalisis desain tata kelola perusahaan untuk diterapkan di lembaga pendidikan Islam sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
2) Mampu melaksanakan monitoring, penilaian dan evaluasi pengelolaan pendidikan Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan peningkatan mutu pendidikan Islam;
3) Mampu menyusun school mapping (pemetaan potensi sekolah/madrasah) dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah/madrasah dengan menerapkan berbagai strategi dalam manajemen pendidikan
1. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang Manajemen Pendidikan Islam berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,desain atau kritik
2. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yangberada di bawah tanggung jawabnya.
3. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawahtanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu dan mengerti materi Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam satu Semester | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Pendidikan | Diskusi dan Penjelasan serta Tanya Jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Buat 14 Kelompok untuk di bagi... Audio Video | ||||||||
| 2 | mahasiswa mampu dan memngerti ttg Pengertian, Tujuan dan Karateristik Manajemen Pemasaran | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pengertian, Tujuan dan Karateristik Manajemen Pemasaran | Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan ttg Pengertian, Tujuan dan Karateristik Manajemen Pemasaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Buat Resume Materi hari ini da... Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Pemasaran: Konsep dan Filosofi | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran: Konsep dan Filosofi | Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :1 Resume Materi Diskusi hari ini... Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 4 | Mahasiswa Mampu dan Mengerti ttg Pengertian Manajemen Pemasaran Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pengertian Manajemen Pemasaran Pendidikan | Diskusi Materi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Pengertian MMP | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :1 Materi :3 Jawablah Quis dan Upload Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu dan Mengerti ttg Fungsi Marketing Dalam Pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Fungsi Marketing Dalam Pendidikan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus | |
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :6 Resume Materi Diskusi Audio :3 Video :3 | ||||||||
| 6 | Mahasiswa Mampu dan Mengerti ttg Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan | Penjelasan Materi dan Diskusi Tanya Jawab | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi :6 Resume materi sesuai pertemuan Audio :1 Video :1 | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjawab dan menganilisis Quis (Pelaksanaan Quiz) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Pendidikan | Mengerjakan dan menjawab soal Quis dengan menganalisisnya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi :2 Materi :5 Pelaksanaan Quiz : Kerjakan d... Audio Video | ||||||||
| 8 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Era Digital |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Era Digital |
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Di Era Digital |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :6 resume materi Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik |
Penjelasan Materi dan Tanya Jawab Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Kuantitas Peserta Didik |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Resume materi kuliah sesuai pe... Audio Video | ||||||||
| 10 | Mahasiswa mampu dan mengerti materi yang telas di diskusikan dan sudah dijelaskan sbelumnya | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Pendidikan | Menganalisis soal dan menarasikan yang telah di dapat materi Manajemen Pemasaran pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan |
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :9 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. |
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :6 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Desain Model Manajemen Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Desain Model Manajemen Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan |
Diskusi Tanya Jawab dan Penjelasan Materi Desain Model Manajemen Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :8 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mahasiswa Turun Lapangan melaksanakan Desain Model Manajemen Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Desain Model Manajemen Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan |
Pelaksanaan Pengambilan Data Desain Model Manajemen Pemasaran Berbasis Layanan Jasa Pendidikan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mahasiswa mampu dan bisa menjelaskan ttg Loporan Pelaksaan Penelitian Lapangan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen pemasaran Pendidikan | Melaporkan kegiatan Loporan Pelaksaan Penelitian Lapangan |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Manajemen Mutu Berbasis Sekolah | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Mutu Berbasis Sekolah | Diskusi dan Penjelasan Materi Manajemen Mutu Berbasis Sekolah | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :7 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa harus bisa Mempresentasikan lembaga masing masing |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Pendidikan | Melaporkan dan Mempresentasikan lembaga masing masing |
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :5 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa mampu dan mengerti ttg Faktor Penghambat Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Faktor Penghambat Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan | Diskusi Tanya jawab dan Penjelasan Faktor Penghambat Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-campus |
| Catatan Ujian Diskusi Materi :5 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa mampu dan mangusai ttg Manajemen Pemasaran Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Manajemen Pemasaran Pendidikan | Menganalisis Soal Ujian Akhir Semester | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Ada di E-Campus |
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi :9 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5mpi9-Manajemen Marketing Pendidikan / Educational Marketing Management (2 SKS), Semester: 5 KELAS B, Dosen : Agus Karjuni, M.Pd.I, Hari: Selasa, 16.15 s.d 17.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Manajemen Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon