Strategi Pembelajaran Tematik AUD / Thematic Learning Strategies in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS A Ulfah Amini, M.Pd, Selasa, 16.00 s.d 17.15

Publikasi Unusia

Strategi Pembelajaran Tematik AUD / Thematic Learning Strategies in Early Childhood Education (2 SKS) 5 KELAS A Ulfah Amini, M.Pd, Selasa, 16.00 s.d 17.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kode Matakuliah x5piaud6
Nama Matakuliah Strategi Pembelajaran Tematik AUD / Thematic Learning Strategies in Early Childhood Education
Semester 5
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Ulfah Amini, M.Pd
Peserta Perkuliahan 2021.4.9.1.01366 - AINUN NIKMAH,
2021.4.9.1.01367 - ATY RUSTIATY,
2021.4.9.1.01368 - AULIYATUN NISA,
2021.4.9.1.01369 - CHUSFATUN FAZRIYAH,
2021.4.9.1.01370 - HABIBAH SITI MASRUUROH,
2021.4.9.1.01371 - HAFSHAH,
2021.4.9.1.01373 - IDA ROYANI,
2021.4.9.1.01374 - JULAEHA,
2021.4.9.1.01375 - KARTINI,
2021.4.9.1.01376 - KHILYATUL AULIA,
2021.4.9.1.01377 - KHUSNUL KHOTIMAH,
2021.4.9.1.01379 - MU'ASOMAH,
2021.4.9.1.01380 - NAURA FISKA SOFYAN,
2021.4.9.1.01381 - NIHAYA PUTRI NUGRAHANI,
2021.4.9.1.01382 - NUHA,
2021.4.9.1.01383 - NUR KHOLIFAH,
2021.4.9.1.01384 - NURJANAH SEFITIANI JURCARNAIN,
2021.4.9.1.01385 - ROUDHOTUL JANNAH N. W.,
2021.4.9.1.01386 - SALSABILA,
2021.4.9.1.01388 - SEVTI ZUHDIAH,
2021.4.9.1.01389 - SHEILA ARISKA,
2021.4.9.1.01390 - SRI DWI LUTHFIYATUN NISA,
2021.4.9.1.01391 - SRI FUJI WULANDARI,
2021.4.9.1.01392 - SYAFIQOH MA'RUFAH,
2021.4.9.1.01393 - TAQIATUL ALIYAH,
2021.4.9.1.01394 - TUTI SUGIHARTI,
2021.4.9.1.01395 - WULAN DARI

2. Deskripsi Pembelajaran

Dalam perkuliahan ini dibahas tentang: teori dan praktek mengenai pembelajaran tematik di PAUD yang meliputi hakkat, strategi, pengembangan media, desain, model, penyusunan, pelaksanaan dan penilaian.

3. Capaian / Kompetensi

Secara umum mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa diharapkan mampu memiliki pemahaman dan wawasan tentang hakekat konsep pembelajaran tematik, implikasi pembelajaran tematik, strategi pelaksanaan tematik, pengembangan media pembelajaran tematik, media pembelajaran tematik, desain pelaksanaan pembelajaran tematik bagi anak PAUD.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Kontrak kuliah, silabus, RPS, tugas dan sistem pembelajaran Chat regular:
Presentasi, diskusi dan penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Daftar Referensi:
1. Permendikbud no 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD.
2. Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Jakarta : Rosda
3. Ahmadi, Iif Khoiru &Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembalajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
4. Kurniawan, Deni, 2011, Pembelajaran Terpadu,Teori,Praktik Dan Penilaian,Jakarta:Pustaka Cendekia Utama.
5. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
6. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
2 Setelah mengikuti pertemuan mahasiswa diharapkan mampu :
1. Memahami hakikat pendekatan tematik
2. Menjelaskan tentang karakteristik pendekatan tematik.
3. Mengetahui tentang landasan filosofis pendekatan tematik
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Hakikat, karakteristik dan landasan konsep pembelajaran tematik Chat regular:
Presentasi, diskusi dan penugasan
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Daftar Referensi:
1. Permendikbud no 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD.
2. Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Jakarta : Rosda
3. Ahmadi, Iif Khoiru &Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembalajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
4. Kurniawan, Deni, 2011, Pembelajaran Terpadu,Teori,Praktik Dan Penilaian,Jakarta:Pustaka Cendekia Utama.
5. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
6. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.
Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
3 Setelah mengikuti pertemuan mahasiswa diharapkan mampu :
1. Memahami hakikat pendekatan tematik
2. Menjelaskan tentang karakteristik pendekatan tematik.
3. Mengetahui tentang landasan filosofis pendekatan tematik
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Hakikat, karakteristik dan landasan konsep pembelajaran tematik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Daftar Referensi:
1. Permendikbud no 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD.
2. Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Jakarta : Rosda
3. Ahmadi, Iif Khoiru &Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembalajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
4. Kurniawan, Deni, 2011, Pembelajaran Terpadu,Teori,Praktik Dan Penilaian,Jakarta:Pustaka Cendekia Utama.
5. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
6. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.
Catatan Ujian Diskusi :19 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video :1
4 Setelah mengikuti pertemuan mahasiswa diharapkan mampu :
1. Memahami hakikat pendekatan tematik
2. Menjelaskan tentang karakteristik pendekatan tematik.
3. Mengetahui tentang landasan filosofis pendekatan tematik
Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Hakikat, karakteristik dan landasan konsep pembelajaran tematik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Daftar Referensi:
1. Permendikbud no 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD.
2. Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Jakarta : Rosda
3. Ahmadi, Iif Khoiru &Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembalajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
4. Kurniawan, Deni, 2011, Pembelajaran Terpadu,Teori,Praktik Dan Penilaian,Jakarta:Pustaka Cendekia Utama.
5. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
6. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video
5 Setelah mengikuti pertemuan mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendekatan tematik Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Prinsip pembelajaran tematik Presentasi, group discution dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Daftar Referensi:
1. Permendikbud no 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD.
2. Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Jakarta : Rosda
3. Ahmadi, Iif Khoiru &Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembalajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
4. Kurniawan, Deni, 2011, Pembelajaran Terpadu,Teori,Praktik Dan Penilaian,Jakarta:Pustaka Cendekia Utama.
5. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
6. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.
Catatan Ujian Diskusi :3 Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Setelah mengikuti pertemuan mahasiswa diharapkan mampu memahami dan menjelaskan tentang prinsip-prinsip pendekatan tematik Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Prinsip pembelajaran tematik Presentasi, group discution dan penugasan Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Daftar Referensi:
1. Permendikbud no 146 tahun 2014 tentang kurikulum PAUD.
2. Suyadi & Dahlia. 2014. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013. Jakarta : Rosda
3. Ahmadi, Iif Khoiru &Amri, Sofan. 2014. Pengembangan & Model Pembalajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
4. Kurniawan, Deni, 2011, Pembelajaran Terpadu,Teori,Praktik Dan Penilaian,Jakarta:Pustaka Cendekia Utama.
5. Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
6. Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Kencana.

Catatan Ujian Diskusi :4 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video
7 Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran mahasiswa mampu memahami tentang strategi pelaksanaan pembelajaran tematik Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Strategi pelaksanaan pembelajaran tematik Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :10 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video :1
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: x5piaud6-Strategi Pembelajaran Tematik AUD / Thematic Learning Strategies in Early Childhood Education (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Ulfah Amini, M.Pd, Hari: Selasa, 16.00 s.d 17.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS