STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS CALON JEMAAH HAJI DAN UMRAH DI AL BADRIYAH WISATA CIREBON
Tampilkan catatan item lengkap
Judul:
|
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS CALON JEMAAH HAJI DAN UMRAH DI AL BADRIYAH WISATA CIREBON |
Penulis:
|
ALIFAH WIDYASITI FADHILAH
|
Abstrak:
|
Skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas calon jemaah haji dan umrah di Al Badriyah Wisata Cirebon. Kajiannya dilatarbelakangi oleh keinginan umat muslim untuk menunaikan ibadah umrah/haji yang membutuhkan peran serta biro perjalanan atau travel untuk membimbing jemaah umrah/haji ke Tanah Suci. Maraknya penipuan yang menjadikan kepercayaan jemaah terhadap travel berkurang dan menuntut setiap perusahaan untuk pandai mengatur strategi yang akan digunakan untuk menarik minat jemaah. Pemasaran dianggap kegiatan yang amat penting dalam operasional suatu bisnis. Strategi pemasaran dianggap sangat berperan dan dapat dijadikan sebagai evaluasi kedepan agar tujuan dan sasaran yang diinginkan perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pemasaran, strategi pemasaran, hal-hal apa saja yang menjadi kendala dan penyelesaiannya dalam meningkatkan loyalitas jemaah haji dan umrah di Al Badriyah Wisata Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi deskriptif. Metode ini berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta tentang strategi pemasaran dalam meningkatkan loyalitas calon jemaah haji dan umrah di Al Badriyah Wisata Cirebon, dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Subjek yang diteliti yaitu pimpinan, divisi marketing dan jemaah. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Al Badriyah Wisata Cirebon menggunakan bauran pemasaran, konsep pemasaran yang digunakan yaitu konsep produk dan pemasaran. Strategi promosi yang digunakan menggunakan personal selling. Program uang receh/menabung dan figur pimpinan/muthowif yang menjadi daya tarik bagi jemaah. Konsep pelaksanaan pemasaran yang dilakukan Al Badriyah Wisata sudah baik menggunakan konsep produk dan pemasaran yang mengedepankan kualitas jasa dan kepuasan konsumen, produk yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan jemaah, harga yang relatif mahal sehingga dapat mengurangi minat calon jemaah yang masih awam, tetapi harga sesuai dengan fasilitas yang diberikan, lokasi promosi yang cukup strategis, promosi yang dilakukan dengan program uang receh/menabung dan figur pimpinan/muthowif yang menjadi daya tarik bagi jemaah. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan loyalitas dengan cara mengedepankan kualitas dan pelayanan kepada jemaah. |
Deskripsi:
|
Kata Kunci :
strategi pemasaran, bauran pemasaran, loyalitas.
Referensi : |
URI:
|
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWcnxkoo192dF8froWckU7SwO0PiFsLqRLNXL72eMXs0kZ5%2FL1%2FJ3tEt8NRJOn1uXz1uQMBd7IDtmZy4QrcUHdcBPvMw3AKpVvU5kPiR8kX0dhNmxU%2F74CmcDiiovCwsZJ7bZfpfOTfnV5zJ90sQxHRCzniPWrqxen1A%3D
|
Tanggal:
|
2019-05-29 |
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item lengkap