PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON
Tampilkan catatan item sederhana
| dc.contributor.advisor |
Drs. Kaelani, M.Ag. |
|
| dc.contributor.advisor |
Dr. Asep Mulyana, M.Si |
|
| dc.contributor.author |
ILMIAH |
|
| dc.contributor.editor |
ILMIAH |
|
| dc.contributor.other |
Agus Dian Alirahman, M.Pd.I |
|
| dc.contributor.other |
H. Ahmad Munajim, MM |
|
| dc.date.accessioned |
2022-05-11T12:56:49Z |
|
| dc.date.available |
2022-05-11T12:56:49Z |
|
| dc.date.copyright |
Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon |
|
| dc.date.issued |
2019-06-17 |
|
| dc.identifier |
2014.17.02001 |
|
| dc.identifier.uri |
https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclIqC%2BvJxqTtnew2kLAHYJoENVi9szQDTa7bOJdXXfrvQ7KimBHwdbPWfn0x8Su1YJtL9Q21gYA%2BCSO2mk0nB3gBxTaDx3B%2BaSdRwZh8H555Zn4oj3mbWHm%2BtkL8OGYwmzeRDIkwTNTpWkEAMsHJtTHkyvD%2BNn10vE%3D |
|
| dc.description |
Kata Kunci :
model pembelajaran inkuiri, dan motivasi belajar.
Referensi : |
|
| dc.description.abstract |
ABSTRAK ILMIAH. NIM. 2014.17.02001 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP MA’ARIF PANGENAN KABUPATEN CIREBON Skripsi ini membahas pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMP Ma’arif Pangenan kabupaten Cirebon tahun pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilator belakangi oleh proses pembelajaran disekolah masih cenderung berpusat pada guru, dalam proses pendidikan, model dalam suatu proses pembelajaran mempunyai kedudukan yang penting dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan Pengaruh model inkuiri diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah dan mampu menumbuhkan motivasi belajar siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran inkuri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP MA’ARIF Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ex-post faktor: Penelitian ex-post faktor adalah penelitian bebas telah menjadi ketika penelitian memulai dengan pengamatan variable terikat dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian koresional karena tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistic. Untuk t tabel dicari pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (df) n-2 atau 32 - 2 = 30. Dengan pengujian 2 sisi (signifikansi =0,05) hasil diperoleh untuk t tabel sebesar 1.69726. Karena t hitung (6,050) lebih besar dari t tabel (1.69726) maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh Model Inkuiri terhadap Motivasi Belajar. Pengaruh model inkuiri diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa disekolah. Dengan model inkuiri, diharapkan siswa mampu menumbuhkan sikap sosial dan percaya diri dalam pelaksanaan proses belajar, termotivasi untuk giat belajar disekolah khususnya di SMP Ma’arif Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, terutama dalam memberi dorongan kepada siswa untuk senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai . kata kunci: model pembelajaran inkuiri, dan motivasi belajar. |
|
| dc.publisher |
Pendidikan Agama Islam |
|
| dc.subject |
model pembelajaran inkuiri, dan motivasi belajar. |
|
| dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKANAGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON |
|
| dc.type |
Thesis S1 |
|
File dalam item ini
Item ini muncul di Koleksi berikut
Tampilkan catatan item sederhana