| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Kode Matakuliah | xypiaud5 |
| Nama Matakuliah | Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Qorina Widadiyah,M.Pd. |
| Peserta Perkuliahan | 23S1PAI0117 - RIZQIYATUL ILMI, 23S1PIAUD0002 - FAZAH NAILUL IZZAH, 23S1PIAUD0005 - ANISAH PUTRI ANDREANI, 23S1PIAUD0007 - SOPIATUL MUNAWAROH, 23S1PIAUD0008 - MURNIASIH, 23S1PIAUD0019 - INDAH AMALIA, 23S1PIAUD0048 - YULIANAH, 23S1PIAUD0050 - RIZQOTUL MAULA, 23S1PIAUD0051 - AZZA NOER LAILY FEBRIANTI KAMALI, 23S1PIAUD0053 - FAUZIAH HASANAH, 23S1PIAUD0054 - NUR KHAFIDOH, 23S1PIAUD0058 - FARICHAH NOER QOMARA, 23S1PIAUD0059 - UBAD ZAKIYAH, 23S1PIAUD0060 - WATI DEKAWATI, 23S1PIAUD0061 - KHUSNUL KHOTIMAH, 23S1PIAUD0063 - MARISA, 23S1PIAUD0065 - LUCI DWI RATNA FURI, 23S1PIAUD0066 - SILVANI RAMADHANTI SUTEKI, 23S1PIAUD0071 - DESI AULIATUL FAIJAH, 23S1PIAUD0073 - ANI YULIANI, 23S1PIAUD0074 - SUVINA, 23S1PIAUD0075 - FAIZAHTUL FITRIYAH, 23S1PIAUD0079 - AZZA NURLAILAH, 23S1PIAUD0081 - RUSNITA, 23S1PIAUD0082 - KHAFIDZOH, 23S1PIAUD0083 - SITI JUMAROH, 23S1PIAUD0084 - SULIS SUNDARI, 23S1PIAUD0094 - ANIFAH, 23S1PIAUD0095 - SITI HABSAH, 23S1PIAUD0096 - GITA ELIZA AMALIA, 23S1PIAUD0097 - NALA FARKHANAH, 23S1PIAUD0098 - LILIS NUR KHOLISHOH, 23S1PIAUD0099 - PUPUT FADILAH |
Mahasiswa diharapkan dapat menyampaikan ide, mengembangkan intelektualitas, melatih kemampuan menulis, melakukan tradisi ilmiah, dan mengerti standar penulisan yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang disempurnakan untuk penyelesaian tugas kuliah maupun tugas akhir
1. Mampu menjelaskan pengertian karya tulis ilmiah, jenis dan karakteristik karya tulis ilmiah, dan tujuan dan manfaat penuliasan karya tulis ilmiah.
2. Mahasiswa mampu membuat paraphrase dalam sebuah kalimat
3. Mahasiswa dapat menjelaskan dan memilih topik dan masalah penelitian pembatasan topik, dan penentuan judul
4. Mahasiswa dapat menjelaskan dan membuat kerangka karya ilmiah
5. Mahasiswa dapat menjelaskan dan membuat kerangka karya ilmiah
6. Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengumpukan data, pembuatan konsep, melakukan penyuntingan, dan pengetikan..
7. Mahasiswa dapat menjelaskan sistematika pembuatan artikel
8. Mahasiswa dapat menjelaskan dan membuat sistematika penulisan makalah, dan laporan penelitian
9. Mahasiswa dapat menjelaskan dan menentukan bahan dan jumlah halaman, perwajahan dan ukuran kertas dan penomoran sistematika penulisan makalah, dan laporan penelitian.
10. Menjelaskan penulisan kutipan yang berasal dari berbagai sumber rujukan: buku, bab dari buku, majalah, jurnal, koran, dan dokumen pemerintahserta sumbersumber online.
11. Mampu menjelaskan konsep aplikasi referensi manager, menganalisa setiap aplikasi manager, dan mampu menggunakan satu perangkat aplikasi menager dalam menulis KTI.
12. Mampu menjelaskan pengertian plagiat, jenis - jenis plagiat, tindakan yang termasuk plagiat, Teknik penelusuran plagiat, dan tatacara pencegahan plagiat
13. Mampu menggunakan aplikasi anti plagirisme berlisensi (turnitin), dan aplikasi anti plagirisme free lisensi.
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mampu menjelaskan pengertian karya tulis ilmiah, jenis dan karakteristik karya tulis ilmiah, dan tujuan dan manfaat penuliasan karya tulis ilmiah. | Mampu menjelaskan pengertian karya tulis ilmiah, jenis dan karakteristik karya tulis ilmiah, dan tujuan dan manfaat penuliasan karya tulis ilmiah. | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu membuat paraphrase dalam sebuah kalimat | Mahasiswa mampu membuat paraphrase dalam sebuah kalimat | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi :3 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa dapat menjelaskan dan memilih topik dan masalah penelitian pembatasan topik, dan penentuan judul | 1. Pemilihan topik penelitian dan contoh 2. Pemilihan masalah penelitia dan contoh 3. Pembatasan topik penelitian 4. Penentuan judul dan contoh |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | 1. Pemilihan topik penelitian dan contoh 2. Pemilihan masalah penelitia dan contoh 3. Pembatasan topik penelitian 4. Penentuan judul dan contoh |
1. Pemilihan topik penelitian dan contoh 2. Pemilihan masalah penelitia dan contoh 3. Pembatasan topik penelitian 4. Penentuan judul dan contoh |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa dapat menjelaskan dan mengumpukan data, pembuatan konsep, melakukan penyuntingan, dan pengetikan. | 1. Pengumpulan data 2. Pembuatan konsep 3. Penyuntingan 4. Pengetikan |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa dapat menjelaskan tentang sistematika penulisan Karya Ilmiah | 1. Sistematika penulisan skripsi 2. Contoh sistematika penulisan skripsi |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa dapat menjelaskan sistematika pembuatan artikel | 1. Sistematika pembuatan artikel 2. Contoh sistematika pembuatan artikel |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Orientasi perkuliahan | Orientasi perkuliahan Menyimak kuliah dari dosen, bertanya jawab, mengerjakan tugas |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Mahasiswa dapat menjelaskan dan membuat sistematika penulisan makalah, dan laporan penelitian. | 1. Sistematika pembuatan makalah 2. Sitematika pembuatan laporan penelitian. |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | 10 : UTS | UTS | Mengerjakan soal UTS | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa dapat menjelaskan dan menentukan bahan dan jumlah halaman | 1. Bahan dan jumlah halaman 2. Perwajahan dan ukuran kertas 3. Penomoran sistematika penulisan makalah Penomoran sistematika laporan penelitian. |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Menjelaskan penulisan kutipan yang berasal dari berbagai sumber rujukan: buku, bab dari buku, majalah, jurnal, koran, dan dokumen pemerintahserta sumbersumber online. | 1. Penulisan kutipan yang berasal dari berbagai sumber rujukan 2. Contoh mengutip |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mampu menjelaskan konsep aplikasi referensi manager, menganalisa setiap aplikasi manager | 1. Konsep aplikasi referensi manager 2. Menganalisa setiap aplikasi manager 3. Cara merujuk dan contoh cara menulis daftar rujukan dan contoh |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mampu menjelaskan pengertian plagiat, jenis - jenis plagiat, tindakan yang termasuk plagiat, Teknik penelusuran plagiat, dan tatacara pencegahan plagiat | 1. Pengertian Plagiat 2. Jenis-jenis plagiat 3. Tindakan yang termasuk plagiat 4. Teknik penelusuran plagiat 5. Tata cara pencegahan plagiat |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mampu menggunakan aplikasi anti plagirisme berlisensi (turnitin), dan aplikasi anti plagirisme free lisensi. | 1. Aplikasi anti plagiarism berlisensi 2. Aplikasi anti plagiarism free lisensi |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Mahasiswa melakukan analisis jurnal/ skripsi/tesis/ disertasi | 1. Menganalisis jurnal/skripsi/tesis/ disertasi sesuai dengan format yang sudah ada 2. Mahasiswa mampu menulis dengan paraphrase dan ide pokok dalam setiap tulisan jurnal/skripsi/disertasi/tesis 3. Tidak boleh melakukan tidakan plagiasi atau copy paste |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mahasiswa melakukan analisis jurnal/ skripsi/tesis/ disertasi | 1. Menganalisis jurnal/skripsi/tesis/ disertasi sesuai dengan format yang sudah ada 2. Mahasiswa mampu menulis dengan paraphrase dan ide pokok dalam setiap tulisan jurnal/skripsi/disertasi/tesis 3. Tidak boleh melakukan tidakan plagiasi atau copy paste |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mahasiswa melakukan analisis jurnal/ skripsi/tesis/ disertasi | 1. Menganalisis jurnal/skripsi/tesis/ disertasi sesuai dengan format yang sudah ada 2. Mahasiswa mampu menulis dengan paraphrase dan ide pokok dalam setiap tulisan jurnal/skripsi/disertasi/tesis 3. Tidak boleh melakukan tidakan plagiasi atau copy paste |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mahasiswa melakukan analisis jurnal/ skripsi/tesis/ disertasi | 1. Menganalisis jurnal/skripsi/tesis/ disertasi sesuai dengan format yang sudah ada 2. Mahasiswa mampu menulis dengan paraphrase dan ide pokok dalam setiap tulisan jurnal/skripsi/disertasi/tesis 3. Tidak boleh melakukan tidakan plagiasi atau copy paste |
Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | 20 : UAS | UAS | Mengerjakan soal UAS | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | 2 x 50 menit | Diskusi Kelompok,Studi Kasus,Concept learning | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xypiaud5-Penulisan Akademik Digital / Digital Academic Writing (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Qorina Widadiyah,M.Pd., Hari: Selasa, 14.15 s.d 15.30, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon