IMPLEMENTASI PROGRAM BTQ DENGAN MENGGUNAKAN METODE FATTAQUN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SMPN 6 KOTA CIREBON

Publikasi Unusia

IMPLEMENTASI PROGRAM BTQ DENGAN MENGGUNAKAN METODE FATTAQUN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SMPN 6 KOTA CIREBON

Tampilkan catatan item lengkap

Judul: IMPLEMENTASI PROGRAM BTQ DENGAN MENGGUNAKAN METODE FATTAQUN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SMPN 6 KOTA CIREBON
Penulis: YAHYA
Abstrak: ABSTRAK YAHYA. NIM. 2015.1.18.1.02154 IMPLEMENTASI PROGRAM BTQ DENGAN MENGGUNAKAN METODE FATTAQUN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SMPN 6 KOTA CIREBON Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode Fattaqun di SMPN 6 Kota Cirebon, berkaitan dengan materi, langkah-langkah, metode, pendekatan, dan evaluasi pembelajarannya. fattaqun adalah sebuah metode belajar membaca Al-Qur’an yang dibuat dan dikembangkan oleh Lembaga BISMI (Bimbingan Islam dan Intensif) Bandung yang dikarang oleh seorang dosen yang bernama Eman Sulaeman, M.Ag. Tujuan dibuatnya metode Fattaqun adalah untuk memudahkan para santri di lingkungan Masyarakat umum khususnya masyarakat kota agar dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam waktu yang relatif singkat. Selain itu, Fattaqun juga sebagai sebuah upaya standarisasi bacaan Al-Qur’an di lingkungan masyarakat kota dan Lembaga-lembaga formal. Atas dasar Eman Sulaeman berinisiatif untuk membuat tim untuk merumuskan dan menciptakan metode membaca Al-Qur’an yang bisa digunakan sebagai standar di Lembaga-lembaga formal terkusus di masyarakat kota. Setelah metode ini berhasil digunakan di lingkungan masyarakat kota dan lembaga-lembaga formal. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian lapangan dengan mengambil tempat penelitian di SMPN 6 Kota Cirebon yang berada di Jl. Elang Raya no, 02 Larangan, Harjamukti Kota Cirebon provinsi Jawa Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, lalu penyajian data, dan akhirnya data yang sudah terkumpul dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tahsin Al-Qur’an dengan menggunakan metode Fattaqun terdiri dari 4 bab materi, yaitu bab 1 bab 2 bab 3 dan bab 4. Pendekatan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan Individual, Klasikal Individual, Kalsikal Baca Simak, Klasikal Baca Simak Murni, Dan Klasikal Baca Simak Menirukan. Tahapan pembelajaran dilakukan dengan 7 hal, yaitu infitah, Gali, Tanam, Siram, Subur, Panen, dan Penutup. Evaluasi yang digunakan adalah tes masuk atau placement test, tes harian, dan tes kenaikan dalam membaca al-Qur’an dengan sesuai kaidah ilmu tajwid dan seni baca al-Qur’an. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak terutama dalam memberi pertolongan dan motivasi pada rekan-rekan mahasiswa agar senantiasa meningkatkan kualitas penelitian pada masa yang akan datang.
Deskripsi: Kata Kunci : IMPLEMENTASI PROGRAM DAN METODE FATTAQUN Referensi :
URI: https://ecampus.bungabangsacirebon.ac.id/iaibbc/AmbilLampiran?d=Mewn8%2BNMWclXItz3RH0SVFsWXB%2FoF2Z2t47RMQDs%2B0PGqva3Oz417mroS9B%2FsDAp5%2B75o%2Bq5LJt0pQglKJeJEBiSGcQ5sz%2BqyhWajJtQ2MCgXEHV8O7eAMWyl067D4rIsL9WuMDv5kJ0Lx25M2OsV91dRNSqlqk1uVDLy70BXXc%3D
Tanggal: 2019-05-27


File dalam item ini

File Ukuran Format Lihat Deskripsi
1652273805917_Skripsi Yahya Fix.pdf 1.033Mb application/pdf Lihat / Buka File Skripsi/Thesis

Item ini muncul di Koleksi berikut

Tampilkan catatan item lengkap

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya