Repositori IAIBBC

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTs. AL MAIJAH DESA GEMULUNGLEBAK KEC.GREGED KAB.CIREBON

Perlihatkan publikasi sederhana

dc.contributor.advisor Ahmad Fadholi, M.HI
dc.contributor.advisor Dr. H. Endang Saputra, M.Pd.
dc.contributor.author SARIDA
dc.contributor.editor SARIDA
dc.contributor.other H. Ahmad Munajim, MM
dc.contributor.other Drs.H. Abdul Hanan, M.Pd.I
dc.date.accessioned 2020-06-12T13:49:18Z
dc.date.available 2020-06-12T13:49:18Z
dc.date.copyright Semua hak cipta dilindungi oleh Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
dc.date.issued 2019-07-01
dc.identifier 2015.1.18.1.02114
dc.identifier.uri http://repository.bungabangsacirebon.ac.id/xmlui/handle/123456789/322
dc.description Kata Kunci : Pengaruh, Mind Mapping, hasil belajar
dc.description.abstract ABSTRAK SARIDA. NIM. 2015.1.18.1.02114. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTS AL-MAIJAH DESA GEMULUNGLEBAK KEC.GREGED KAB.CIREBON Penelitian ini mengacu pada masalah pokok yaitu rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hal ini terjadi karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar yang disampaikan, sehingga pembelajaran yang tersampaikan kepada siswa tidak terkesan materi yang betul-betul dipahami, diingat dan berkesan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran mind mapping. Metode pembelajaran Mind Mapping pada hakikatnya adalah salah satu pengembangan metode pembelajaran kooperatif yang memanfaatkan otak sebagai pusat pemerolehan informasi oleh siswa dengan cara memetakan pemikirannya terhadap informasi yang terdapat pada materi yang sedang dipelajari dan yang telah dipelajari/diingat sebelumnya sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi yang sedang dibahas. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, metode eksperimen, yang bertempat di MTs. Al-Maijah Desa Gemulunglebak Kec.Greged Kab.Cirebon dengan menggunakan sampel eksperimen kelas VII. Setelah mengadakan penelitian di dapat hasil keseluruhan sebelum penerapan metode pembelajaran mind mapping yaitu sebesar 1953 dengan nilai terbesar yaitu 82 dan nilai terkecil 45, sedangkan rata-rata (x ̅) yang diperoleh yaitu 61,03 tergolong pada kategori cukup atau sedang dengan gambaran rentangan skor 51 ≤ X 69 dikatakan sedang. Sedangkan nilai secara keseluruhan sesudah penerapan model pembelajaran mind mapping yaitu sebesar 2517 dengan nilai terbesar yaitu 93 dan nilai terkecil 52, sedangkan rata-rata (x ̅) yang diperoleh murid yaitu 78,66. Dengan demikian hasil belajar siswa kelas VII MTs. Al-Maijah Desa Gemulunglebak Kec.Greged Kab.Cirebon sesudah penerapan model pembelajaran mind mapping tergolong dalam kategori tinggi dengan melihat gambaran kategori X≥70 dikatakan tinggi. Dari perhitungan uji thitung = 6,80, sedangkan ttabel 0.975 (62) = 1,999, bila kita bandingkan ternyata thitung > ttabel, maka Ho yang diajukan ditolak maka dapat dikatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas VII MTs. Al-Maijah Desa Gemulunglebak Kec.Greged Kab.Cirebon dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pengaruh, Mind Mapping, hasil belajar.
dc.publisher Pendidikan Agama Islam
dc.source http://iaibbc.ecampus.id/iaibbc/AmbilLampiran?ref=471&jurusan=&jenis=Skripsi&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain
dc.subject Pengaruh, Mind Mapping, hasil belajar
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII MTs. AL MAIJAH DESA GEMULUNGLEBAK KEC.GREGED KAB.CIREBON
dc.type Thesis S1


Files in this item

Publikasi ini ada di koleksi berikut

Perlihatkan publikasi sederhana

Cari Publikasi


Advanced Search

Lihat

Akunku