| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Kode Matakuliah | x5pgmi6 |
| Nama Matakuliah | Desain Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD / Quran and Hadith Education Design for Elementary School |
| Semester | 5 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag |
| Peserta Perkuliahan | 2021.3.9.1.00686 - ANJANI NURUL FAUZILLAH, 2021.3.9.1.00687 - ANNISA FITRIANI, 2021.3.9.1.00688 - ANNISA FAKHRIATUL ISLAMIYAH, 2021.3.9.1.00689 - AYU PURANTI, 2021.3.9.1.00690 - DHEA NURKHALIZAH JAHAROH, 2021.3.9.1.00691 - ERLINA OKTAFIYAH, 2021.3.9.1.00692 - FIDDINI ISLAMI, 2021.3.9.1.00693 - HILDA NUR AZZAHRA, 2021.3.9.1.00694 - HUSNUL KHOTIMAH, 2021.3.9.1.00695 - LAELA MAGFIROH, 2021.3.9.1.00696 - LITA NURAFIFAH, 2021.3.9.1.00697 - LOVI SUCIYATI, 2021.3.9.1.00698 - LU'LU MUJAYANAH, 2021.3.9.1.00699 - NOVA JUNAENI, 2021.3.9.1.00701 - QUROTUL AINI, 2021.3.9.1.00702 - RATIH WAHIDAH RAHMA PUTRI, 2021.3.9.1.00703 - ROIHATUL JANNAH, 2021.3.9.1.00704 - SALMA NAFISAH, 2021.3.9.1.00706 - SITI NABILA KHARISMA, 2021.3.9.1.00707 - TUTI FATIMATUL ZAHRO, 2021.3.9.1.00708 - WULAN NINDHI RELITZIA PUTRI, 23S1PGMI0047 - SHERINA EKA SUMANTRI |
Mata kuliah ini diarahkan pada pengembangan konsep teoritis dan praktis tentang cara pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada jenjang pendidikan tingkat dasar. Penguasaan terhadap materi ini sangat penting sebagai salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki oleh seorang calon guru pendidikan madrasah ibtida’iyah (PGMI);
1. Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan terkait dengan pengelolaan pembelajaran yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami landasan pendidikan, perkembangan peserta didik, pengembangan kurikulum, pengembangan perangkat pembelajaran, penilaian pembelajaran, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, kemampuan stimulasi peserta didik dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat;
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Introduction, Overview Materi; Pengantar Perkuliahan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD, Ruang Lingkup Kajian, dan Tujuan Kajian, serta Urgensi Kajian Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Membuat CV Audio Video | ||||||||
| 2 | Tinjauan Sejarah Kodifikasi & Perkembangan Al-Qur'an | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :17 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Tinjauan Nuzulul Qur’an, Asbabun Nuzul & Asbabul Wurud | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :4 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Tinjauan Sejarah Kodifikasi & Perkembangan Hadits | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :11 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Tinjauan Sistematika Periwayatan Hadits | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :11 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Makna Kisah dalam Al-Qur’an Hadits & Relevansinya dengan Pendidikan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Tujuan, SKL & SI Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :2 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | 8 : UTS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | Telaah Silabus Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Problematika, Peluang & Tantangan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Pengembangan Model Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD (Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Pengembangan Bahan Ajar & Sumber Ajar Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD (Bahan Ajar Berbasis Futuristik) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Pengembangan Metode Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD (Metode Pembelajaran Berbasis Daring) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Pengembangan Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD (Media Pembelajaran Berbasis Digital Video & Animasi) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Pengembangan Sistem Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD (Sistem Evaluasi Berbasis Quizizz) | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | 16 : UAS | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: x5pgmi6-Desain Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI/SD / Quran and Hadith Education Design for Elementary School (2 SKS), Semester: 5 KELAS A, Dosen : Mohamad Mizan Sya'roni,M.Ag, Hari: Selasa, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon