Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS) 1 KELAS A Dini Selasi, MM, Selasa, 11.00 s.d 12.15

Publikasi Unusia

Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS) 1 KELAS A Dini Selasi, MM, Selasa, 11.00 s.d 12.15

 

1. Identitas Matakuliah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Jurusan Ekonomi Syari`ah
Kode Matakuliah xyeksy6
Nama Matakuliah Bahasa Indonesia / Bahasa
Semester 1
SKS 2 sks
Pengampu Perkuliahan Dini Selasi, MM
Peserta Perkuliahan 23S1ES0003 - SITI WULAN SARI,
23S1ES0015 - WIDIYARTO,
23S1ES0016 - NURUL KHASANAH,
23S1ES0017 - TIA LESTARI,
23S1ES0024 - NIKY NUR FADHILAH,
23S1ES0028 - JULFIE ZAHARA,
23S1ES0033 - AHMAD AWALUDIN,
23S1ES0036 - SUPARMAN,
23S1ES0037 - NISSYA RAHMA AURELIA ROKHIM,
23S1ES0045 - EVA NURAZIZAH,
23S1ES0053 - VERA NOPIYANI,
23S1ES0058 - SHAFIRA MARCELINA SUGIARTO PUTRI,
23S1ES0061 - OPY,
23S1ES0080 - IBNU MAULANA,
23S1ES0082 - KISWATUL JANAH,
23S1ES0083 - RAHMA RIZQIA,
23S1ES0086 - CHAERUNNISA JELITA REFASHA NURFADILA,
23S1ES0087 - ROHMAH KHOLILAH,
23S1ES0088 - APSI WINARSO PUTRI,
23S1ES0090 - WAISAL KORONI,
23S1ES0102 - AKHMAD ILHAM KAMALIK,
23S1ES0104 - RESTU,
23S1ES0106 - MILA AMELIA,
23S1ES0107 - MUHAMMAD FAIZ IBROHIM,
23S1ES0110 - NURBAETI,
23S1ES0112 - RATNA SITI FAUZIAH,
23S1ES0119 - DIVA MELSHANDY,
23S1ES0125 - JIYAD ABID THORIQ,
23S1ES0130 - LISNAWATI,
23S1ES0131 - ASEP SUSANTO,
23S1ES0133 - NURUL ANWAR FIRDAUS,
23S1ES0137 - FADIA MARKHAMATUN,
23S1ES0138 - RIZKA LAELIYAH,
23S1ES0139 - AL DIN RADAM KHOLID,
23S1ES0141 - DRIYAN ANDIKA,
23S1ES0145 - AFIFATUNNADA,
23S1ES0146 - AFIFA FEBRIANI,
23S1ES0148 - SITI MAESAROH,
23S1ES0152 - DIKI WAHYUDI,
23S1ES0154 - DERIL MAULANA,
23S1ES0159 - NABHAN IMANUL HAQ,
23S1ES0160 - SAEFUL ABDURROKHIM,
23S1ES0165 - CELINE ASOKALIA MUDRIKAH,
23S1ES0166 - AGUNG CAHYADI,
23S1PS0007 - AZZA EMILA

2. Deskripsi Pembelajaran

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

3. Capaian / Kompetensi

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penyusunan KTI bagian kesimpulan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mampu mempresentasikan hasiI penyusunan KTI secara lisan sesuai prinsip komunikasi efektif

Pembelajaran Bahasa Indonesia memahami bahasa dan budaya Indonesia, memahami kompetensi yang lebih tinggi dan memahami budaya kompleksitas terkait, dan memahami landasan kuat bagi pengembangan pribadi dan profesional mahasiswa dalam dunia terhubung secara global.

4. Rencana Pembelajaran

Minggu ke Kemampuan akhir pembelajaran Indikator Capaian Pembelajaran Bahan Kajian Metode Pembelajaran Pengalaman Belajar Waktu Pembelajaran Tugas dan Penilaian Sumber Belajar
1 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Alwi, Hasan, 2007, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Balai Pustaka: Jakarta.
2. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, 2016, Jakarta, Dirjen Belmawa. 3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (daring atau luring), Kemdikbud RI, https://kbbi.kemdikbud.go.id/
4. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), 2016, http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf


Catatan Ujian Diskusi Materi :4 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1
2 Mahasisswa diharapkan dapat mengerti etika-etika ketika menulis karya ilmiah Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Pengertian etika penulisan karya ilmiah
2. Sifat etika penulisa karya ilmiah
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya Alwi, Hasan, 2007, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga, Balai Pustaka: Jakarta.
2. Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi, 2016, Jakarta, Dirjen Belmawa. 3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (daring atau luring), Kemdikbud RI, https://kbbi.kemdikbud.go.id/
4. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), 2016, http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf
Catatan Ujian Diskusi :1 Materi :3 Tidak ada tugas Audio :1 Video :1
3 Pedoman ejaan yang ada di Indonesia mengalami banyak perubahan dan perkembangan mengenai apa saja perubahan pedoman ejaan Perubahan yang terjadi dalam pedoman ejaan membuktikan bahwa adanya kemajuan dalam bidang pendidikan dan memantapkan fungsi Bahasa Indonesia. Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... 1. Pengertian Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
2. Fungsi Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
3. Perbedaan EYD dan PUEBI
Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/produk-detail/730/puebi
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/175178/permendikbud-no-50-tahun-2015
https://acuanbahasa.kemdikbud.go.id/book/10/5cb06892a9de4
Catatan Ujian Diskusi :2 Materi :5 Pert. 3 PUEBI dan Mendeley Audio :1 Video :1
4 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Pert. 4 Mendeley Audio Video
5 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
6 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
7 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
8 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
9 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
10 10 : UTS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UTS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
11 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
12 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
13 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
14 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
15 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
16 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
17 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
18 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
19 Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video
20 20 : UAS Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... Mengerjakan soal UAS Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal 2 x 50 menit Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video

5. Daftar Rujukan







    Berita

    Artefak perkuliahan Matakuliah: xyeksy6-Bahasa Indonesia / Bahasa (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Dini Selasi, MM, Hari: Selasa, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Ekonomi Syari`ah

Kiriman Terbaru

Telusuri Repositori


Pencarian Lanjutan

Jelajahi

Akun Saya

Discover

Umpan RSS