| Fakultas | Tarbiyah |
| Jurusan | Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam |
| Kode Matakuliah | xybkpi6 |
| Nama Matakuliah | Psikologi Perkembangan / Developmental psychology |
| Semester | 1 |
| SKS | 2 sks |
| Pengampu Perkuliahan | Hj. Cucum Novianti, MA |
| Peserta Perkuliahan | 23S1BKPI0002 - AENUR ROHMAH, 23S1BKPI0007 - MARATUS SOLIKHA, 23S1BKPI0008 - NADIYAH TURRIZQI SURYANI, 23S1BKPI0010 - SALSABILAH, 23S1BKPI0011 - ADE SURYANI, 23S1BKPI0014 - LUTHFI UMMUL HASANAH, 23S1BKPI0015 - IMAM SYAHBANI HIDAYAT, 23S1BKPI0019 - NADIYA SELVIYANA, 23S1BKPI0021 - NOLA PUTRI JANUAR, 23S1BKPI0032 - KAFAA BILLAH, 23S1BKPI0033 - HERIS FERDIYANSYAH, 23S1BKPI0043 - ADHWA KAMILATUL AFIYAH, 23S1BKPI0044 - UMMUL KHAIR, 23S1BKPI0045 - LULUAH, 23S1BKPI0047 - AISYAH LUSIANA, 23S1BKPI0049 - MAGHFIROTUL AULIA, 23S1BKPI0055 - GINA FADILLAH, 23S1BKPI0061 - SULASTRI, 23S1BKPI0063 - DWI SUNARNO, 23S1BKPI0067 - QOTRUNNADA KAMILIYA, 23S1BKPI0068 - ABDULLAH FAQIH, 23S1BKPI0070 - NEILA HANNA HABIBA, 23S1BKPI0071 - AI ALWANI, 23S1BKPI0073 - I'ANATUL MAULA, 23S1BKPI0074 - ANDRI RAHMAN WAHYUDIANTO, 23S1BKPI0078 - YOLANDA TRI YANSI, 23S1BKPI0080 - IDA LAELATUL TALKIAH, 23S1BKPI0087 - FAHMI ALI RAFIUDDIN, 23S1BKPI0089 - MUHAMMAD FARHAN, 23S1PAI0002 - RAHMAT MAHFUDZ, 23S1PAI0066 - SILVI FADILAH FAJRIN, 23S1PAI0079 - SINTIA AULLIANI, 23S1PGMI0005 - EVI LUTHFIYAH |
Pada mata kuliah Psikologi Perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan aspek pada kejiwaan manusia sejak dilahirkan sampai meninggal, dalam materinya mahasiswa belajar tentang perkembangan psikologi manusia sebelum lahir ( pendidikan pre natal), perkembangan anak usia dini, perkembangan anak SD, Perkembangan anak SMP, bahkan perkembangan anak remaja sampai dewasa hingga perkembangan lansia
1. Mampu memahami dan menjelaskan pengertian tes,pengukuran,asesmendanevaluasi serta kedudukandan fungsi penilaiuan pembelajaran di PGMI
2. Mampu memahami, dan menjelaskan tentang pengembangan tes yang mampu menghasilkan pengukuran yang valid dan reliabel.
3. Manpu memahami dan menjelaskan pengembangan alat ukur non-tes, sebagai alat untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa.
4. Mampu memahami, dan membahas tentang bagaimana cara mengolah iunformasi hasiul belajar siswa yang diperoleh dari tes dan non-tes.
5. Mampu memahami,dan menjelaskan tentangf Validitas dan reliuabilitas alat ukur
6. Mampu memahami danmenjelaskan tentang pemberian nilai dan tindak lanjut penilaian
| Minggu ke | Kemampuan akhir pembelajaran | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Perkembangan Menurut Skinner | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pengantar Psikologi Perkembangan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi :29 Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Perkembangan Anak Pra | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||
| Catatan Ujian Diskusi :24 Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Perkembangan psikologi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Psikologi Perkembangan anak SD | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | MASA PEKA ANAK | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | ||||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 8 | Memahami dan menyepakati kontrak kuliah dan sistem pembelajaran | Kontrak kuliah, silabus, rps, tugas dan sistem pembelajaran | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 9 | uts | Mahasiswa mampu menawab soal-soal uts | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 10 | Mampu memahami Sejarah Perkembangan Anak | Penjelasan pengertian Perkembangan Anak dari mulai dari kandungan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Pengertian Psikologi Perkembangan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Perkembangan Erickson dan Piaget | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .... | Kebutuhan Dasar manusia menurut Maslow | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 14 | Mampu memahami Psikologi dan Psikologi Perkembangan | Menjelaskan taentang Psikologi Perkembangan adalah cabang dari ilmu Psikologi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 15 | Mampu memahami, Hukum Konvergensi Dan Tempo Perkembangan | Faktor-faktor yang menghambat Tempo Prekembangan Manusia | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 16 | Perkembangan sigmund Freud | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan .Teori Perkembangan Sigmund Freud | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 17 | Mampu memahami, Masa Peka dan Kepribadian | Awal Masa Peka dan Waktu yang terpenting untuk menstumulasi Masa Peka Anak | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 18 | Mampu memahami, menjelaskan keunggulan dan kelemahan tesdanmampu merencanakan tes dan kisikisinya | Menjelaskankeunggulandan kelemahan tes serta cara mengembangkan tes dankisi kisinya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 19 | Mampu memahami, Irama Perkembangan, betahan dan mempertahankan diri (C4,A2, ) | Menjelaskan kosep dasar manusia mampu bertahan dengan solusinya | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :2 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
| 20 | mahasiswa mampu memahami aliran-aliran perkemvbangan | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan aliran-aliran perkembangan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |||
| Catatan Ujian Diskusi Materi :1 Tidak ada tugas Audio Video | ||||||||
Artefak perkuliahan Matakuliah: xybkpi6-Psikologi Perkembangan / Developmental psychology (2 SKS), Semester: 1 KELAS A, Dosen : Hj. Cucum Novianti, MA, Hari: Selasa, 11.00 s.d 12.15, Tahun Akademik: 2023/2024, Jurusan : Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Semua hak cipta dilindungi oleh Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon